Soffit: Definisi, Komponen, Tujuan, dan Manfaat untuk Rumah

Soffit: Definisi, Komponen, Tujuan, dan Manfaat untuk Rumah

Apakah Homers memiliki rumah dengan bagian atap yang sedikit menjorok keluar? Jika iya, maka Homers bisa menutup bagian atap yang menjorok keluar itu dengan sebuah soffit. Selain dapat menutup bagian bawah atap yang kelebihan, komponen ini juga dapat memberikan kesan estetik pada rumah. Simak lebih lanjut di artikel berikut yuk!

Apa Itu Soffit?

Secara definisi, soffit adalah sebuah istilah arsitektur yang merujuk kepada komponen konstruksi yang fungsinya untuk melindungi bagian struktur internal atap rumah. Selain itu, komponen konstruksi ini juga memiliki tujuan estetika yang akan memberikan tampilan menarik dengan hasil yang kokoh pada atap rumah.

Umumnya, soffit dipasang pada bagian eksterior rumah, lebih tepatnya bagian atap. Pemasangan ini biasanya bertujuan untuk menutup rapi bagian atap yang menjorok ke luar serta melindungi struktur atap layaknya plafon. Adapun istilah untuk atap yang menjorok keluar ini adalah atap eave.

Tidak hanya itu, komponen kontruksi ini juga memiliki fungsi untuk menutup kabel, pipa, maupun balok di atap rumah yang merusak tampilan dan mungkin berbahaya. Sehingga, dengan memasangnya, Homers dapat mempercantik tampilan rumah sekaligus melindungi struktur bagian atap rumah lho.

Komponen Soffit

Apa Homers tertarik untuk memasang soffit di rumah? Jika iya, maka Homers perlu memahami beberapa komponen-komponennya. Terhitung, ada empat komponen utama yang berfungsi untuk melengkapi sistem dari pemasangannya. Komponen-komponen ini adalah fasia, panel, frieze board, dan rafter tail.

Pertama, fasia adalah sebuah barang yang terpasang di ujung bagian rangka atap dengan tujuan untuk memberikan tampilan cantik di sepanjang tepian luar rumah. Selanjutnya, ada panel yang fungsinya untuk menutupi bagian bawah plafon di antara bagian dinding struktural dan fasia.

Berikutnya adalah frieze board atau papan dekorasi. Komponen ini biasanya terpasang di antara soffit dan dinding yang berperan sebagai elemen untuk membuat tampilan sudut dinding terlihat mulus. Kemudian yang terakhir adalah rafter tail yang memiliki fungsi untuk memperkuat struktural soffit.

Kendati begitu, keempat komponen ini secara bersamaan memiliki tugas untuk menjaga bagian tepi luar atap rumah Homers agar selalu terlindungi. Jadi, tidak ada lagi hal yang membuat takut. Justru rumah Homers akan terlihat lebih bagus dan rapi. 

Tujuan Soffit

Apa sebenarnya tujuan dari pemasangannya? Secara garis besar, tujuan pemasangan soffit adalah untuk memberikan perlindungan menyeluruh kepada struktural rumah agar tahan lama. Pemasangan kontruksi ini juga bertujuan untuk melindungi rumah dari cuaca buruk, serangga, jamur, dan lainnya.

Bukan hanya itu, pemasangan komponen kontruksi ini juga dapat membantu lancarnya proses sirkulasi udara yang masuk ke dalam rumah. Ini tentu dapat membantu untuk mengatur suhu rumah Homers supaya lebih teratur sekaligus menjauhkan aliran air dari pondasi rumah.

Manfaat Soffit

Pada dasarnya, komponen ini dapat memberikan beberapa manfaat luar biasa kepada rumah. Sebab, banyaknya manfaat yang ada, Homers mungkin bisa mempertimbangkan untuk memasangnya di rumah. Apa saja manfaatnya? Temukan jawabannya di sini!

1. Sebagai Ventilasi

Jika fasad rumah terbuat dari kayu, biasanya Homers mungkin akan mendapat masalah di bagian ventilasi dan pemasangan plafon yang kurang tepat. Di sini lah soffit hadir sebagai solusi yang dapat membantu mengarahkan sirkulasi udara serta meningkatkan aliran udara agar tidak panas maupun lembab.

2. Tahan Cuaca

Pemasangan komponen kontruksi ini umumnya dapat memberikan perlindungan kepada atap rumah dari hujan maupun angin. Dengan memasangnya, Homers tidak perlu khawatir lagi terkait atap lembab yang mungkin dapat menyebabkan malapetaka.

3. Struktur Rumah Lebih Tahan Lama

Bagaimanapun, pemasangan soffit itu penting untuk memperpanjang umur struktur rumah sekaligus mengurangi segala pemeliharaan jangka panjang. Lebih dari itu, jika Homers memasang komponen kontruksi ini di rumah dengan bahan PVC, maka itu dapat menghindarkan atap rumah dari adanya korosi.

Selain itu, Homers bisa menambah ketahanan komponen kontruksi ini dengan mengecat bagian tersebut menggunakan cat eksterior lateks akrilik. Selain tahan lama, atap rumah juga akan terlhat lebih menarik.

4. Estetika

Manfaat dari pemasangan komponen kontruksi ini adalah estetik. Dalam kata lain, komponen ini dapat membantu melengkapi desain rumah agar terlihat lebih estetik, modern, bersih, serta menonjolkan kesan hangat.

Apalagi, komponen kontruksi ini biasanya tersedia dalam banyak warna dengan gaya dan desain yang beragam. Maka dari itu, silakan pilih yang paling sesuai dengan selera dan jadikan rumah Homers bak istana dengan desain paling bagus di dunia. 

Sudah Kenal Dengan Soffit?

Demikian sedikit penjelasan singkat mengenai soffit, sebuah komponen kontruksi yang berfungsi untuk menutup bagian atap rumah yang menjorok keluar sekaligus memberikan tampilan estetik pada rumah. Lantas, apakah Homers tertarik untuk memasang komponen ini di rumah?

Kalau Homers hendak mencari artikel lainnya seputar konstruksi, segera kunjungi blog Gethome. Pasalnya, di sana tak hanya menyajikan artikel terkait konstruksi saja, tetapi Homers juga akan menemukan panduan mengenai arsitektur hingga kebutuhan akan rumah tangga!

Baca Selengkapnya: 5 Jenis Atap Rumah Terbaik untuk Hunian yang Wajib Diketahui

You May Also Like