Apa Itu Roster? Pengertian, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangan

Apa Itu Roster? Pengertian, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangan

Ventilasi merupakan salah satu elemen penting yang harus ada dalam sebuah hunian. Jika Homers sedang mencari sistem ventilasi yang menarik dan estetis, roster merupakan pilihan yang tepat. Ikuti penjelasan tentang alasan sistem ventilasi ini termasuk pilihan yang bagus, kelebihan, dan kekurangannya di bawah ini.

Pengertian Roster

Roster adalah lubang angin atau ventilasi yang terbuat dari batako, beton, GRC, atau batu alam untuk membantu sirkulasi udara dan pencahayaan. Dengan begitu, suhu ruangan yang nyaman bisa tetap terjaga dan rumah menjadi bebas pengap. Selain itu, kelembaban udara dapat Homers kelola dan kualitas udara ikut meningkat.

Nama lain dari roster adalah ventilation block. Biasanya, berbagai bangunan industri dan gedung bertingkat banyak yang menggunakan ventilasi ini. Roster juga berfungsi sebagai alat pengaman untuk mengantisipasi bencana alam, seperti banjir atau kejadian yang tidak diinginkan.

Untuk lokasi pemasangannya, tidak harus di depan bangunan atau rumah, Homers juga bisa memasangnya di bagian belakang rumah.

Jenis-jenis Roster

Ada berbagai macam jenis dari sistem ventilasi ini yang bisa Homers pilih. Di bawah ini adalah empat jenis ventilation block yang bisa Homers pilih berdasarkan bentuknya.

1. Ventilation Block Berlubang

Jenis yang pertama adalah jenis berlubang. Ciri-ciri dari jenis ini yaitu terdapat lubang-lubang kecil di seluruh permukaanya. Ventilation block berlubang berfungsi untuk mengalirkan udara dari luar ke dalam ruangan. Biasanya, ventilasi dengan bentuk ini terbuat dari bahan yang tidak mudah aus, seperti beton. 

2. Ventilation Block Berpori

Selanjutnya, bentuk ventilation block berpori terdiri dari poros-poros kecil di permukaannya untuk sirkulasi udara. Seringkali, bahan untuk membuat ventilasi berpori menggunakan bahan yang lebih ringan, seperti karet atau plastik.

Selain itu, orang-orang sering memilih jenis ini karena lebih mudah untuk dipasang daripada jenis lainnya.

3. Ventilation Block dengan Penutup

Jenis roster ini dilengkapi dengan penutup yang bisa Homers buka dan tutup sesuai dengan kebutuhan. Penutup pada ventilasi ini dapat berupa kran atau roda, yang berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara pada rumah, gedung, atau bangunan lainnya.

4. Ventilation Block dengan Saringan

Pada ventilation block jenis ini, terdapat saringan yang terpasang di sepanjang permukaannya. Dengan adanya saringan, ventilasi dapat menyaring debu dan kotoran yang ikut masuk bersamaan dengan udara dari luar.

Biasanya, ventilasi dengan bentuk saringan dipasang di ruangan yang memiliki tingkat polusi udara tinggi, seperti di pabrik industri atau di daerah dengan tingkat kebisingan yang tinggi.

Kelebihan Roster

Selain berfungsi supaya rumah atau bangunan terlihat lebih indah, ada empat kelebihan lain yang ventilation block miliki.

1. Pemasangan Cepat dan Mudah

Umumnya, pemasangan roster terbilang lebih cepat dan mudah jika Homers bandingkan dengan bahan konstruksi yang lain, contohnya batu bata. Sistem ventilasi ini mempunyai panel yang datar dan dirangkai secara presisi.

Untuk pemasangannya, cukup beri adukan semen agar tertempel ke struktur rumah atau bangunan. Apabila ventilation block bisa terpasang dengan benar oleh para tenaga kerja terampil, maka proses pemasangan akan lebih cepat selesai.

2. Daya Tahan Tinggi

Sistem ventilasi ini mempunyai daya tahan yang lebih tinggi karena terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, seperti semen atau beton. Oleh karena itu banyak orang tertarik untuk memasangnya. Selain itu, roster juga dapat menahan beban struktural, termasuk beban dari lantai atas maupun atap.

3. Mengurangi Kebisingan

Kemudian, kelebihan ventilation block yang lain yaitu untuk mengurangi kebisingan. Ketika Homers memilih untuk menggunakan sistem ventilasi ini, semua suara yang masuk ke dalam ruangan melewati lubang-lubang kecil yang ada. Dengan begitu, suara yang masuk ke dalam ruangan menjadi tidak begitu keras.

4. Hemat Energi dan Ramah Lingkungan

Kelebihan yang keempat adalah hemat energi dan ramah lingkungan. Untuk menstabilkan suhu udara ruangan, Homers tidak harus menggunakan AC karena roster bisa menjadi penggantinya.

Sistem ventilasi ini memanfaatkan potensi alami dari angin, cahaya, dan udara secara maksimal yang sekaligus dapat menghemat energi.

Kekurangan Roster

Disamping kelebihannya, ada tiga kekurangan yang dijelaskan di bawah ini sebagai bahan pertimbangan Homers dalam memasang sistem ventilasi ini

1. Tidak Bisa Sebagai Dinding Utama

Meskipun Homers bisa menggunakan ventilation block untuk pembatas atau partisi ruangan, sayangnya Homers tidak bisa menggunakannya sebagai dinding utama. Mengapa? Alasannya adalah karena roster tidak mempunyai pondasi yang kokoh, seperti halnya batu bata.

2. Rentan Benturan yang Sangat Kuat

Kekurangan lain dari sistem ventilasi ini yaitu memiliki ketahanan yang terbatas dari benturan yang kuat atau tekanan yang berlebihan. Walaupun bahan materialnya dari beton, tetap saja bisa menimbulkan keretakan dan kerusakan yang serius.

3. Berkurangnya Privasi

Sistem ventilasi yang berbentuk lubang ini dapat membuat privasi Homers berkurang. Terutama, saat terpasang di bagian depan rumah. Aktivitas yang Homers lakukan bisa dengan mudah terlihat oleh orang-orang yang berlalu-lalang. 

Makin Paham Mengenai Roster, Kelebihan, dan Kekurangannya?

Roster merupakan salah satu pilihan jenis ventilasi yang cocok untuk berbagai jenis bangunan, termasuk rumah. Tetapi, Homers perlu menimbang jenis yang paling tepat berdasarkan kebutuhan serta tempat pemasangannya. Pasalnya, di samping kelebihannya, roster juga memiliki kekurangan, khsususnya rentan benturan keras. 

Untuk menemukan artikel seputar dunia konstruksi lainnya, yuk cek selengkapnya di blog Gethome. Di sana Homers akan menemukan berbagai artikel yang pastinya terpercaya, semoga bisa menambah wawasan Homers sekalian!

Baca Selengkapnya: Soffit: Definisi, Komponen, Tujuan, dan Manfaat untuk Rumah

You May Also Like