Simak Pengertian Kanopi, Jenis, Bahan, dan Sifatnya!

Simak Pengertian Kanopi, Jenis, Bahan, dan Sifatnya!

Sedang mencari kanopi yang tepat untuk dipasang di rumah? Dengan memasang bagian dari atap rumah ini, Homers bisa membuat rumah terlihat lebih cantik dan menarik lho.

Akan tetapi, sebelum menentukan pilihan, mari cari tahu mengenai pengertian, jenis, bahan, dan sifatnya lewat penjelasan di bawah ini!

Pengertian Kanopi

Kanopi adalah bagian dari atap yang terletak di bagian depan rumah. Biasanya, atap rumah ini berfungsi sebagai pelindung halaman rumah atau atap untuk kendaraan yang terparkir agar terhindar dari hujan maupun terik matahari. Selain itu, kanopi juga bisa membuat rumah terlihat makin estetis.

Jenis Kanopi

Berikut adalah empat jenis kanopi populer dikalangan masyarakat, antara lain meliputi:

1. Spandek atau Zincalume

Jenis atap yang pertama adalah spandek atau zincalume yang cenderung tipis dan tidak transparan, sehingga dapat memantulkan panas. Meskipun begitu, Homers harus memberikan perhatian ekstra karena kanopi ini mudah bengkok jika ada kesalahan saat memasangnya.

2. Membrane

Jenis atap ini seringkali dipakai di berbagai tempat umum, seperti tempat rekreasi, restoran, maupun tempat hiburan. Atap membrane yang terbuat dari bahan kain mempunyai sifat elastis sehingga tidak mudah robek. Sifat lain dari dari kanopi membrane yaitu tahan terhadap sinar matahari, hemat biaya, dan tahan lama.

3. Alderon

Keunggulan jenis atap teras rumah Alderon ini karena tidak mudah bocor meskipun sering terkena hujan deras. Bahan yang digunakan juga bisa membantu untuk meredam suara hujan sehingga tidak terlalu mengganggu Homers ketika berada di dalam rumah.

Kanopi Alderon UPVC memiliki kemampuan yang baik dalam menahan panas dari sinar matahari karena mempunyai fitur rongga udara twinwall. Selain itu, jenis atap rumah ini membuat eksterior bangunan terlihat lebih minimalis dan stylish.

4. Retractable

Kemudian, jenis atap teras rumah retractable memiliki keunggulan dapat ditarik atau lipat kembali sesuai dengan kebutuhan. Homers bisa mengatur atau mengendalikan seberapa banyak cahaya yang bisa masuk dan jangkauannya.

Bahan Kanopi

Beberapa bahan umum yang biasa digunakan untuk membuat kanopi adalah sebagai berikut.

1. Fiber dan Polikarbonat

Bahan fiber dan polikarbonat banyak orang pilih karena mudah untuk Homers cari di pasaran dan memiliki bentuk serta ketebalan yang beragam, seperti tipis datar, tipis bergelombang, tebal datar, dan tebal bergelombang.

Supaya bisa menempel dengan rangka atap, kedua bahan ini memerlukan baut. Selain itu, bahan fiber dan polikarbonat cukup tahan lama dan tidak mudah rusak. Perawatan atap teras rumah menggunakan bahan ini sangat mudah karena hanya perlu Homers bersihkan dengan air.

2. Kaca

Seringkali, rumah yang menggunakan kanopi berbahan kaca memiliki desain yang modern dan futuristik. Dengan adanya kemajuan teknologi, kini ketahanan dan keawetan kaca sebagai bahan atap teras rumah bahkan melebihi bahan fiber dan polikarbonat.

Jika Homers memilih bahan ini, pastikan untuk menyesuaikan dengan desain rumah yang sudah ada. Jadi, Homers tidak perlu repot-repot mengganti desain sebelumnya. 

3. Baja Ringan

Selanjutnya, atap teras rumah dari bahan baja ringan dengan mudah dapat terhindar dari keropos rayap dan relatif lebih tahan lama. Biasanya, Homers dapat mempercepat dan menghemat waktu pengerjaan saat memilih bahan ini karena mudah untuk dipasang dan materialnya tidak mudah rusak.

Selain itu, Homers juga dapat melapisi atap berbahan baja ringan dengan bahan tertentu agar tidak mudah berkarat.

4. Vegetasi

Pembuatan kanopi menggunakan tanaman merambat memerlukan teknik tertentu agar tidak mudah layu maupun kering. Dalam tahap pemasangan, bagian atas dari struktur rangka penopang memang sengaja dibiarkan terbuka. Untuk mendapatkan tanaman yang tepat, pilihlah satu yang dapat menghadapi berbagai kondisi cuaca.

Sifat Kanopi

Umumnya, atap teras rumah memiliki beberapa fungsi, seperti:

  • Melindungi rumah dari berbagai benda yang jatuh dari atas, seperti daun dan tangkai pohon.
  • Suasana rumah menjadi lebih teduh.
  • Melengkapi desain eksterior rumah.
  • Menghemat anggaran tanpa harus memasang atap genteng secara penuh yang cenderung lebih mahal.

Sudah Paham Tentang Jenis, Bahan, dan Sifat Kanopi?

Lantas, apakah Homers tertarik memiliki atap teras untuk rumah? Ada banyak jenis dan bahan yang bisa Homers pilih untuk menyesuaikan dengan desain rumah dan kebutuhan. Yuk, pasang kanopi agar rumah terasa teduh karena terlindungi dari panas maupun dinginnya cuaca.

Temukan artikel informatif lainnya seputar insiprasi eksterior, interior, hingga arsitektur perumahan hanya di blog Gethome.

Baca Selengkapnya: Kelebihan dan Kekurangan Atap Zincalume Beserta Harganya

You May Also Like