Investasi Properti Gedung Perkantoran Apakah Menjanjikan?

Investasi Properti Gedung Perkantoran Apakah Menjanjikan?

Investasi properti gedung perkantoran termasuk dalam salah satu jenis investasi jangka panjang yang banyak diminati oleh masyarakat. Peranan waktu menjadi krusial dalam menentukan strategi dan keputusan dalam investasi ini.

Mengenal Investasi Properti Gedung Perkantoran

Bisnis properti sendiri merupakan bisnis yang berjalan pada bidang jual beli tanah dan beberapa aspek yang terkait. Melalui bisnis properti ini setidaknya ada empat potensi keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Keempat potensi tersebut yakni capital gain, appreciation, depreciation, dan cash flow. Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak masyarakat yang tertarik untuk memulai investasi pada bisnis ini.

Keberadaan investasi properti ini terbilang cukup menjanjikan dan mendatangkan keuntungan yang besar. Terbukti dari harga properti yang kian meningkat setiap tahunnya.

Bagi kamu yang memiliki bingung ingin berbuat apa dengan dana yang menganggur, kamu bisa mencoba untuk memulai investasi ini dengan segera. Karena semakin menunda, harga properti akan semakin mahal dan membuat kamu kesulitan untuk mengejar angka tersebut nantinya.

Tujuan pembelian investasi ini untuk mendapatkan sebuah return on investment, baik melalui penjualan masa depan, biaya sewa atau keduanya.

Untuk investasi properti jangka pendek, biasanya pelaku akan melakukan metode flipping. Melalui metode ini berarti investor akan membeli properti kemudian merenovasi dan menjualnya dalam jangka waktu yang singkat.

Baca selengkapnya: Nasib Harga Properti Jakarta Setelah IKN Pindah

Kelebihan Investasi Properti Gedung Perkantoran

Bagi kamu yang minat untuk memulai investasi di bidang properti ini, ada baiknya kamu ketahui apa saja keuntungan dan kekurangan yang akan kamu dapatkan setelah menjalaninya. Beberapa kelebihan tersebut diantaranya:

1. Perolehan Pendapatan yang Pasif

Salah satu kelebihan yang bisa kamu dapatkan adalah sebuah pendapatan yang pasif. Setiap bulannya akan mendapatkan dana pemasukan yang berasal dari penyewa atau pembeli properti gedung perkantoran.

Selama pemasukan dana yang kamu dapatkan melebihi dari jumlah pengeluaran, investasi ini dapat memberikan cash flow yang positif.

2. Pendapatan yang Lebih Jika Lokasi Strategis

Gedung perkantoran yang terletak di daerah-daerah strategis akan mempunyai nilai jual yang tinggi. Menjadi strategis apabila properti kamu memiliki kemudahan akses, fasilitas pendukung yang mumpuni, dan lain sebagainya.

Apabila properti kamu masuk dalam beberapa kriteria tersebut, maka investasi perkantoran kamu akan menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.

3. Tidak akan Tergerus Inflasi

Inflasi adalah proses peningkatan harga dan barang penyebabnya adalah karena lonjakan permintaan, kekurangan tenaga kerja dan masih banyak lagi. Terlihat dari harga properti yang relatif meningkat pesat setiap tahunnya. Artinya, investasi ini akan jauh melampaui angka inflasi yang ada.

Kekurangan Investasi Properti Gedung Perkantoran

Adapun beberapa kekurangan dari investasi properti gedung perkantoran ini adalah sebagai berikut:

1. Tidak Bisa Dilikuidasi

Salah satu kekurangannya adalah sulit untuk dilikuidasi. Artinya, properti tidak dapat diperjualbelikan dalam waktu cepat seperti beberapa aset lain. Sehingga, kamu tidak bisa menjadikannya sebagai pemenuhan dana yang darurat.

2. Investasi Waktu yang Khusus

kamu harus meluangkan waktu untuk mengurus propertimu apabila sudah berinvestasi disana. Bukan hanya sekedar perawatan atau memantau situasi sekitar, ada beberapa hal lain yang tentunya memakan banyak waktu yang perlu kamu lakukan. Jika menyewa pihak ketiga pun perlu mengeluarkan biaya tambahan sebagai penyewaannya.

Sudah Paham Tentang Investasi Properti Gedung Perkantoran?

Investasi properti gedung perkantoran ini dapat menghadirkan sejumlah keuntungan besar yang menggiurkan. Meski demikian, ada beberapa kelemahan yang perlu kamu pertimbangkan kembali sebelum melakukannya, apalagi untuk jangka panjang.

Temukan informasi update lainnya terkait keuangan, investasi, hingga tips&trik hanya di blog Gethome. Tunggu apa lagi? Yuk kunjungi sekarang juga!

Baca selengkapnya: Kesalahan Investasi Properti Ini, Musti Kamu Waspadai Efeknya!

You May Also Like