Jangan Panik! Begini Tips Beli Tanah agar Tidak Tertipu!

Jangan Panik! Inilah Tips Beli Tanah agar Tidak Tertipu!

Karena rumah adalah kebutuhan primer, membeli properti haruslah penuh pertimbangan. Untungnya, tips beli tanah ini bisa buat transaksi Homers lebih aman dan terjamin. Penasaran apa saja tips yang bisa Homers coba? Yuk, belajar langsung dari artikel berikut ini!

5 Tips Beli Tanah agar Tidak Tertipu

Pemilihan tanah dan lingkungan hunian pastinya bisa membuat rumah impian yang ingin Homers bangun terealisasi dengan lebih baik. Sayangnya, dari banyak kasus yang terjadi, penipuan jual beli tanah atau tanah sengketa jadi momok mengerikan para pembeli. Karena itu, beberapa tips ini pasti akan sangat membantu Homers:

1. Identifikasi Lokasi yang Diminati 

Jika Homers sudah tertarik dengan tanah yang ditawarkan, pastikan untuk mengidentifikasi lokasi tersebut. Sebaiknya Homers menganalisa beberapa faktor, termasuk keamanan, aksesibilitas, jarak ke fasilitas umum (sekolah, rumah sakit, supermarket), potensi pengembangan masa depan, dan status kepemilikan tanah.

Homers juga harus perhatikan bagaimana kondisi geografis dari tanah, kesuburan, dan jalur irigasi. Kondisi tanah yang Homers gunakan seperti kepadatan, ukuran, bentuk dan kelayakan huni, serta ada tidaknya risiko bencana banjir dan longsor pada lingkungan yang Homers pilih. Jangan menyepelekan hal ini dan menyesal di kemudian hari.

2. Status Kepemilikan Tanah

Belilah tanah yang memiliki status yang jelas, sebisa mungkin pilih tanah strategis dengan kepemilikan sertifikat tangan pertama dan bukan melalui perantara. Homers juga perlu meneliti sejauh mana kejelasan sertifikat tersebut. Jangan tergiur harga murah dengan kejelasan yang tidak jelas seperti tanah sengketa.

Jika perlu, lakukan pendekatan dengan ahli seperti notaris yang bisa memastikan kejelasan atau keabsahan kepemilikan tanah. Homers juga perlu melibatkan aparatur desa setempat sebagai saksi sekaligus sebagai bukti hukum yang sah dari transaksi jual beli tanah tersebut.

3. Cari Informasi dari Banyak Sumber

Tips beli tanah aman berikutnya adalah mengumpulkan informasi dari banyak sumber, baik dari tetangga-tetangga, situs web pemerintahan, maupun sumber terpercaya lainnya. Amati juga trend pasar, khususnya harga dari tanah di daerah tersebut agar Homers bisa menentukan kelayakan tanah.

Cari juga informasi tentang peraturan zonasi, rencana pengembangan, infrastruktur yang sedang dibangun, dan perijinan yang Homers butuhkan. Hal tersebut akan memberikan gambaran lebih jelas tentang potensi pengembangan dan perubahan di lokasi tersebut.

4. Pastikan Membuat Akta Jual Beli yang Jelas dan Terperinci

Keterlibatan tenaga ahli tak hanya berlaku pada konfirmasi legalitas dokumen, namun juga pada pembuatan akta jual beli yang sah, jelas, dan terperinci. Setidaknya, dengan adanya peran notaris, pembuatan dokumen terkait dan pengurusannya akan lebih mudah. Meski memang budget yang harus Homers siapkan pasti lebih besar.

Perjanjian dalam akta jual beli juga harus jelas dan tidak ada yang ambigu, serta mendapat persetujuan dari kedua belah pihak. Dalam hal ini pemilihan penjual yang tepat akan sangat membantu, karena selain pembeli penjual juga harus menyiapkan beberapa dokumen terkait.

5. Segera Lakukan Proses Balik Nama

Hal paling penting dalam tips beli tanah aman adalah dengan menyegerakan prosesi balik nama. Akan sangat beruntung jika Homers memilih keterlibatan notaris sedari awal. Sebab, Homers bisa melakukan prosesi balik nama setelah transaksi berjalan. Ini berguna untuk menghindari kesalahpahaman dan risiko masalah di kemudian hari.

Homers harus melakukan konfirmasi ke kantor BPN (Badan Pertanahan Nasional) atas konfirmasi kepemilikan, pengukuran, serta pendaftaran akta jual beli untuk persyaratan balik nama. Dengan melakukan tips ini, pastinya transaksi akan lebih aman dan sulit untuk orang lain manipulasi.

Siap Membeli Tanah yang Strategis dengan Aman?

Nah, itulah beberapa tips beli tanah aman agar tidak tertipu oknum tak bertanggung jawab. Selain melakukannya dengan cermat dan hati-hati, melibatkan tenaga ahli adalah solusi terbaik walaupun budget akan lebih membengkak. Namun, hal tersebut lebih make sense daripada harus merugi ratusan juta karena transaksi bodong.

Daripada Homers tertipu dalam membeli rumah, percayakan Gethome saja. Di sana, ada beragam pilihan rumah bak sultan mulai dari Rp700 jutaan. Beli rumah anti bodong ya di Gethome saja, kunjungi websitenya sekarang juga!

Kabar gembiranya, kini Homers makin mudah bertransaksi rumah menggunakan aplikasi ‘Gethome – Mudah Punya Rumah’. Aplikasinya sudah bisa Homers download secara gratis di Play Store dan App Store!

Baca selengkapnya: 6 Faktor yang Mempengaruhi Harga Tanah di Indonesia

You May Also Like