Cek Sertifikat Rumah Online, Lebih Mudah dan Praktis

Ini Cara Cek Sertifikat Rumah Online! Mudah dan Praktis

Majunya teknologi dan zaman membuat berbagai kegiatan sehari-hari manusia jauh lebih mudah, misalnya seperti cek sertifikat rumah online. Hanya melalui perangkat elektronik serta koneksi internet yang mumpuni, Anda sudah bisa melakukan pengecekan sertifikat secara online.

Sertifikat sendiri merupakan sebuah dokumen bukti kepemilikan dari aset properti secara resmi atau legal. Keberadaan bukti ini menjadi penting, terutama dalam kegiatan jual-beli properti tersebut.

Fungsi dan Bagaimana Cara Cek Sertifikat Rumah Online?

Sebuah properti bodong atau tanpa sertifikat, berisiko menyebabkan sebuah kerugian nantinya. Pasalnya dokumen sertifikat rumah yang bersifat legal memiliki fungsi dan manfaat yang penting bagi sang pemilik properti tersebut.

Kepemilikan sertifikat rumah legal memiliki beberapa fungsi bagi para pemiliknya, fungsi tersebut antara lain:

  • Pemberi kepastian serta perlindungan hukum atas kepemilikan suatu bidang tanah, satuan rumah susun dan beberapa hak lain yang terdaftar. Agar nantinya dapat menjadi bukti tertulis pemilik sebagai pemegang properti yang sah.
  • Sebagai informasi bagi pihak-pihak yang berkaitan tak terkecuali pemerintah. Gunanya untuk memudahkan perolehan data yang valid dan legal.
  • Berguna dalam menentukan nilai properti atau harga jual rumah. Rumah dengan sertifikat resmi, akan lebih memudahkan aktivitas jual beli dan menambah nilai jual yang lebih tinggi.

Cara Cek Sertifikat Rumah Online

Pengecekan sertifikat rumah memiliki tujuan untuk memastikan keaslian dokumen yang valid atas sebuah bangunan atau tanah yang dimiliki. Proses ini dapat dilakukan secara online atau dengan datang langsung ke Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) terdekat.

Sebagai alternatif yang mudah dan praktis, Anda dapat melakukan pengecekan secara online melalui perangkat elektronik apapun. Anda dapat menggunakan situs resmi milik BPN atau via aplikasi pengecekan sertifikat yang tersedia pada toko aplikasi perangkat Anda.

Berikut panduan pengecekan sertifikat rumah secara online melalui situs resmi BPN:

  • Pertama, buka laman resmi BPN melalui aplikasi pencarian seperti browser atau sejenisnya pada perangkat elektronik yang Anda gunakan.
  • Berikutnya, cari dan pilih menu ‘Publikasi’ pada tampilan beranda laman tersebut.
  • Tunggu hingga muncul tampilan beberapa kolom dengan ketentuan yang harus Anda lengkapi. Isikan data tersebut sesuai dengan perintah yang ada.
  • Selesai dengan pengisian, lakukan pengecekan ulang pada data tersebut untuk memastikan tidak ada yang keliru. Jika sudah semua pilih opsi ‘Cari Berkas’ untuk memulai pencarian.
  • Tunggu beberapa saat untuk bisa mendapatkan data informasi sertifikat yang lengkap beserta dengan kepemilikannya.

Via Aplikasi

Cek sertifikat rumah online berikutnya dapat Anda lakukan melalui aplikasi. Aplikasi ini bernama Sentuh Tanahku yang bisa Anda dapatkan melalui toko aplikasi perangkat Anda.

Sentuh Tanahku merupakan aplikasi hasil kolaborasi Kementerian Agraria dan Tata Ruang dengan Badan Pertanahan Nasional. Melalui aplikasi ini Anda bisa melakukan proses pengurusan sertifikat tanah sampai mengetahui prediksi perhitungan biaya yang akan terpakai selama proses tersebut.

Berikut langkah-langkah untuk melakukan pengecekan sertifikat rumah melalui aplikasi Sentuh Tanahku:

  • Unduh dan instal aplikasi Sentuh Tanahku pada perangkat.
  • Jika sudah, Anda bisa langsung memilih menu ‘Daftar Akun Baru’ untuk registrasi data diri. Jangan lupa melengkapi kolom password, username, dan alamat email untuk melengkapi data akun baru Anda.
  • Tunggu sampai terdapat email pemberitahuan dari pihak aplikasi. Klik tautan yang dikirimkan melalui email tersebut untuk melanjutkan.
  • Setelah membuka tautan tersebut, Anda dapat memilih menu ‘Aktivasi’ untuk mengaktifkan akun yang Anda daftarkan.
  • Kemudian, lakukan login menggunakan username dan password yang sebelumnya Anda buat.

Setelah masuk pada beranda aplikasi, Anda dapat memilih menu ‘Info Sertifikat’ yang akan berisikan keseluruhan data sertifikat rumah atau tanah yang lengkap.

Itulah dua cara cek sertifikat rumah online yang mudah dan praktis. Melalui alternatif ini Anda akan lebih mudah untuk mengecek sertifikat properti atau rumah kapan saja melalui perangkat elektronik apapun.

Baca selengkapnya: Biaya Balik Nama Sertifikat Rumah di Indonesia

You May Also Like