Panel Surya: Jenis, Manfaat dan Kegunaannya Bagi Kehidupan!

Panel Surya: Jenis, Manfaat dan Kegunaannya Bagi Kehidupan!

Saat ini, kebutuhan manusia akan listrik mengalami peningkatan. Untuk menunjang kebutuhan tersebut, kita perlu mengenal terobosan teknologi terbarukan seperti panel surya yang mana teknologi ini dapat memanfaatkan energi surya untuk diubah menjadi energi listrik.

Apa Itu Panel Surya?

Sebagian orang menyebutnya panel fotovoltaik, adalah suatu perangkat yang dapat mengubah energi surya menjadi energi listrik. Panel ini merupakan kumpulan dari sel-sel surya yang memiliki tugas untuk menyerap sinar matahari.

Untuk menjadi suatu panel, sel-sel surya ditata sedemikian rupa dengan tujuan agar lebih efektif dalam menyerap sinar matahari sebagai energi utamanya. Hal ini karena sel surya sendiri tersusun dari berbagai komponen sel-sel fotovoltaik, yaitu komponen yang dapat mengubah sinar matahari menjadi energi listrik.

Sel-sel fotovoltaik tersebut terbuat dari bahan semikonduktor seperti silikon. Ketika sel-sel ini mendapatkan sinar matahari, maka terjadi efek fotovoltaik yang menghasilkan arus listrik.

Jenis-Jenis Panel Surya

Beberapa jenis yang perlu Homers ketahui sebelum memutuskan untuk memanfaatkannya, antara lain:

1. Monocrystalline Silicon

Jenis ini terbuat terbuat dari satu kristal silikon tunggal yang murni. Efisiensi konversi energi yang mereka miliki pun cukup tinggi. Selain itu, silikon tersebut memiliki tampilan yang sama dengan warna hitam atau biru gelap.

Panel monokristalin menyerap cahaya matahari lebih optimal dan efisien daripada jenis yang lain. Namun, dengan catatan cahaya yang mengenainya memiliki kadar terang yang tinggi.

Jadi, apabila cuaca mendung dan berawan, panel jenis ini tidak bisa menyerap energi matahari dengan maksimal dan efisiensinya pun akan berpotensi menurun.

2. Polycrystalline Silicon

Panel jenis ini terbuat dari blok silikon yang memiliki banyak kristal kecil yang terbentuk bersamaan. Tampilannya lebih seragam, yaitu berwarna biru muda dan cukup unik karena detailnya terlihat seperti ada retakan-retakan di bagian dalamnya.

Perlu Homers ketahui, efisiensi panel polikristalin ternyata lebih rendah daripada panel monokristalin. Jenis ini tidak cocok untuk wilayah yang curah hujannya tinggi. Jika hal itu terjadi, maka efisiensinya akan menurun atau malah tidak berfungsi.

3. Thin Film Solar Cell

Selanjutnya, ada panel thin film solar cell yang terbuat dari lapisan tipis berbahan semikonduktor dan didepositkan pada substrat (permukaannya fleksibel). Ukurannya sangat tipis dan ringan sehingga cocok untuk kebutuhan komersial. Namun, efisiensi panel ini cukup rendah jika dibandingkan jenis panel surya yang lain.

4. Compound Thin Film Triple Junction Photovoltaic 

Jenis panel ini hanya memiliki tiga lapisan. Panel ini bukan untuk kebutuhan sehari-hari, tapi hanya bisa digunakan di luar angkasa.

Efisiensinya sangat tinggi dan mampu menghasilkan daya listrik hingga 45% lebih besar daripada jenis panel lain. Kekurangannya hanyalah lebih berat dan rapuh daripada jenis lainnya.

Manfaat Panel Surya

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang menggunakan panel surya rumah. Banyak yang memasang alat ini pada bagian atas suatu bangunan, atap rumah, atau pada instalasi tunggal menggunakan tiang untuk memperoleh beragam manfaat, seperti:

  1. Tagihan listrik jadi lebih murah, karena energi dari panel ini bermanfaat untuk berbagai peralatan rumah tangga.
  2. Meningkatkan nilai jual rumah, karena panel surya rumah merupakan investasi yang menguntungkan di masa depan.
  3. Garansi yang lama, yaitu 25-30 tahun, sehingga dapat meminimalisir biaya perawatan, penggantian, serta perbaikan jika ada kerusakan.
  4. Memiliki listrik cadangan, jika hujan atau matahari tidak bersinar, tidak perlu khawatir karena masih dapat menyalakan peralatan listrik yang diperlukan.
  5. Dapat dipasang dalam berbagai iklim, tidak ada iklim yang spesifik untuk memasangnya.

Contoh Penggunaan Panel Surya

Contoh pemanfaatan panel surya dalam kehidupan sehari-hari antara lain:

  1. Panel surya rumah dapat menyediakan energi untuk keperluan peralatan elektronik rumah tangga.
  2. Genteng rumah.
  3. Pembangkit listrik yang berfungsi untuk menerangi jalan dan fasilitas publik.
  4. Penyedia listrik untuk kegiatan operasional gedung kantor atau perusahaan hingga sore hari.
  5. Pencahayaan di dalam maupun luar ruangan.

Tertarik Memasangnya Panel Surya di Rumah?

Dari artikel di atas, kita tahu bahwa ternyata sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan teknologi ini sebagai inovasi energi terbarukan, mulai dari penggunaan di gedung perkantoran hingga bangunan rumah. Selain ramah lingkungan, pemanfaatannya juga lebih murah sehingga ramah di kantong.

Setelah mengetahui berbagai jenis serta manfaatnya, Homers dapat mempertimbangkan untuk menggunakannya sebagai fasilitas untuk menambah kebutuhan pasokan listrik.

Jelajahi artikel informati mengenai kebutuhan rumah tangga hingga edukasi seputar dunia arsitektur hanya di blog Gethome. Semoga menambah wawasan baru!

Baca Selengkapnya: 7 Manfaat Rooftop Rumah yang Wajib Kamu Tahu!

You May Also Like