Manfaat Cat Waterproof dan Cara Pengaplikasiannya

Manfaat Cat Waterproof dan Cara Pengaplikasiannya

Pernahkah Homers menjumpai tembok bocor karena terkena air? Kejadian semacam itu sangat lazim terjadi di musim hujan. Jadi, ketika hujan turun, airnya bisa masuk menembus ke permukaan tembok atau genteng, sehingga menyebabkan kebocoran. Supaya hal tersebut tidak terjadi, Homers bisa memakai pelapis cat waterproof atau cat anti air.  

Berbeda dari cat biasanya, jenis waterproof ini memiliki kemampuan untuk melapisi permukaan benda, supaya mencegah air merembes. Yuk simak pengertian, manfaat, dan cara pengaplikasian cat anti air berikut ini! 

Apa Itu Cat Waterproof?

Cat waterproof adalah cat anti air yang terbuat dari campuran lateks, akrilik, concrete base, dan minyak. Produk cat ini bermanfaat untuk mencegah rembesan air maupun kebocoran pada permukaan benda yang telah dilapisinya. 

Terdapat beberapa permukaan yang bisa Homers lapisi dengan cat anti air, seperti dinding, kayu, tangki air, dan benda lainnya yang rentan terkena air. 

Produk cat anti air cocok untuk tembok atau dinding rumah yang lembab. Misalnya, seperti dapur dan kamar mandi. Apalagi, risiko kebocoran semakin meningkat pada saat musim penghujan. Maka dari itu, Homers memerlukan cat yang memiliki sifat anti air, agar kualitas struktur dinding tetap terjaga meski terjadi perubahan cuaca. 

Apa Saja Manfaat Cat Waterproof?

Seperti yang sudah sempat disinggung di atas, manfaat utama cat waterproof adalah untuk mencegah rembesan atau kebocoran air. Eits, tetapi masih ada beberapa manfaat lainnya dari cat anti air yang belum Homers ketahui, yaitu: 

1. Melindungi Hunian dari Kelembaban

Penggunaan cat anti air mampu melindungi hunian Homers dari kebocoran atau rembesan air yang menyebabkan lembab, karena menggunakan Emulsi Styrene Acrylic

Maka dari itu, tak heran bila cat jenis ini dapat mencegah pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur akibat ruangan yang lembab serta tahan terhadap cuaca ekstrem. Jadi, hunian pun akan terasa lebih segar dan anti lembab. 

2. Menjaga Bangunan Tetap Awet

Umumnya, fungsi cat hanya sebatas sebagai hiasan dekoratif pada bangunan saja. Akan tetapi, cat waterproof memiliki kelebihan dalam menjaga bangunan agar tetap awet. Cat ini mampu memberikan penghalang antara permukaan dinding dengan air, supaya tidak terjadi kebocoran. 

Seperti yang sudah Homers ketahui, kelembaban pada permukaan dinding mampu menyebabkan jamur meningkat pesat. Jika Homers biarkan, jamur tersebut mampu merusak permukaan dinding. Itulah mengapa memakai cat anti air yang memiliki kualitas baik diperlukan untuk menjaga bangunan agar tetap awet. 

3. Mencegah Rembesan Air

Manfaat cat waterproof berikutnya adalah mencegah rembesan air. Cat ini berperan menutup lubang halus atau celah pada dinding, sehingga jalur rembesan air bisa terhalangi. Homers tidak akan bisa mendapatkan keuntungan ini, bila memakai cat rumah biasa. 

Cara Pengaplikasian Cat Waterproof

Sebelum mengecat, perlu Homers ketahui bahwa ada beberapa tips cara pengaplikasian cat waterptoof, supaya dapat melapisi dinding dengan maksimal. Berikut adalah cara pengaplikasian cat waterptoof yang bisa Homers ikuti: 

1. Membersihkan Permukaan Dinding

Langkah pertama yang perlu Homers lakukan adalah membersihkan permukaan dinding. Pastikan kotoran seperti debu, minyak, jamur, hingga cat mengelupas sudah Homers hilangkan sebelumnya. Selain itu, jika menemukan lubang atau keretakan, bisa Homers tambal terlebih dahulu. 

2. Pelapisan Cat

Setelah permukaan dinding bersih dan kering, Homers bisa memulai proses pelapisan cat. Gunakan rol cat, kuas, atau airless spray untuk mengaplikasikan catnya. Jangan lupa untuk mengecat dinding secara merata! Apabila sudah kering, Homers bisa menimpanya dengan cat tembok biasa sesuai desain interior impian. 

Sudah Paham Kegunaan Cat Waterproof?

Jadi, cat waterproof merupakan cat yang dapat melindung tembok atau dinding dari rembesan air. Homers bisa mengkombinasikan cat waterproof dan cat tembok biasa untuk mendapatkan hasil yang optimal pada hunian, yakni melindungi bangunan dari rembesan air sekaligus untuk desain interior yang estetik. 

Apabila Homers tertarik menggunakan cat waterproof pada permukaan dinding, jangan lupa merawatnya agar tetap awet. Misalnya, seperti memeriksa dan membersihkan permukaan dinding secara teratur. Selamat mencoba menerapkannya di hunian Homers!

Temukan artikel informatif dan terupdate lainnya seputar inspirasi desain, konstruksi, arsitektur, hingga kebutuhan rumah tangga lainnya hanya di blog Gethome!

Baca Selengkapnya: 6 Rekomendasi Cat Rumah Minimalis untuk Hunian Lebih Elegan

You May Also Like