9 Jenis Kunci Pintu Rumah yang Memberi Perlindungan Maksimal

9 Jenis Kunci Pintu Rumah yang Memberi Perlindungan Maksimal

Salah satu fitur keamanan yang wajib ada dan terpasang pada hunian Homers yakni kunci pintu rumah. Selain memberikan rasa aman, kunci pintu juga membantu menjaga privasi. Penasaran seperti apa pentingya kunci rumah, beserta jenis yang bisa Homers dapatkan? Simak pembahasan lengkapnya di artikel berikut ini!

Pentingnya Kunci Pintu Rumah

Rumah adalah tempat di mana Homers dan keluarga harus merasa aman dan terlindungi. Melihat  semakin maraknya tingkat kriminalitas, sangat penting mengambil tindakan proaktif untuk melindungi orang yang Homers cintai hingga aset yang Homers punya.

Oleh sebab itu, penggunaan kunci pintu sangat diwajibkan karena merupakan garis pertahanan pertama hunian. Dengan begitu, tindak kejahatan seperti pencurian maupun perampokan rumah dapat terminimalisir dengan adanya perlindungan lebih seperti halnya penggunaan kunci pintu pada hunian.

9 Jenis Kunci Pintu Rumah

Berdasarkan pantauan Minhom, terdapat beberapa jenis kunci pintu untuk hunian dan mungkin saja kompatibel tergantung pada kebutuhan properti, antara lain:

1. Doorknob

Lantaran hampir setiap ruangan dalam rumah dan apartemen menggunakannya, Homers pasti sudah tak asing lagi dengan jenis yang satu ini. Biasanya, jenis kunci ini terpasang pada sisi luar pintu. Kunci knob atau doorknob lock memiliki mekanisme penguncian dengan mekanisme silinder tunggal atau ganda.

Namun, kunci ini bukanlah yang paling aman karena simpulnya dapat dipatahkan dengan mudah oleh palu atau material berat lainnya sehingga rawan dirusak dan terjadi pembobolan rumah.

2. Deadbolt

Sama seperti doorknob lock, kunci pintu rumah ini juga paling umum untuk keamanan eksterior yang terdiri atas baut logam tebal yang menonjol melalui pelat pemukul dan masuk ke kusen pintu untuk mencegah pintu dibuka. 

Kunci pintu deadbolt memiliki mekanisme yang terpisah dari gagang pintu sehingga memberikan lapisan keamanan tambahan. Jadi, tak salah lagi kalau jenis kunci deadbolt ini dapat mengurangi risiko orang asing masuk secara paksa. Selain itu, deadbolt hanya dapat dibuka dengan menggunakan kunci fisik yang sesuai. 

3. Handleset

Handleset adalah jenis kunci yang meliputi gagang pintu dan mekanisme kunci dalam satu unit. Umumnya, jenis kunci ini lebih aman ketimbang kunci gagang pintu biasanya karena sudah dilengkapi dengan deadbolt sebagai keamanan ekstra.

Desain handleset juga terbilang menarik sehingga cocok Homers gunakan sebagai penunjang tampilan eksterior rumah. Meski begitu, jenis kunci ini cenderung mahal dan membutuhkan perawatan tambahan dalam penggunaanya.

4. Mortise

Mortise merupakan kunci pintu rumah yang kerap kali menjadi pilihan untuk pintu gedung komersial, pintu kaca, atau bangunan mewah. Maka tak heran jika jenis kunci ini sering digunakan pada pintu berdinding tebal.

Adapun mekanisme jenis kunci ini yaitu dalam papan pintu dan frame yang sulit dibobol. Akan tetapi, kekurangan dari mortise sendiri yakni pemasangan dan pemeliharaan kunci yang rumit dan mahal.

5. Chain Bolt

Chain bolt atau kunci rantai sering kali terlihat di dalam kamar hotel atau pintu utama bangunan tempat tinggal apartemen. Jenis kunci ini membantu memberikan lapisan keamanan tambahan. Fungsi rantai membantu menahan kusen pintu agar terlihat seperti baut untuk mengunci.

Kunci rantai memungkinkan Homers untuk sedikit membuka pintu dan menjaga pintu tetap tertutup. Tetapi, jenis kunci ini tidak cocok untuk keamanan penuh dan hanya dapat Homers gunakan pada situasi tertentu saja.

6. Kunci Pintu Rumah Cam Lock

Cam lock adalah jenis kunci yang terdapat pada laci, kotak surat, loker, hingga lemari. Jenis ini memiliki dasar silinder dengan lubang kunci dan kait logam yang disebut cam. 

Saat kunci masukkan ke lubangnya, Homers dapat memutar kunci untuk memutar cam ke posisi terkunci atau tidak terkunci. Jadi, cam lock cenderung sederhana dan relatif mudah pengoperasiaanya. Namun, untuk sisi keamanannya lebih rendah dan kurang cocok untuk pintu utama karena mudah sekali dibobol.

7. Barrel Bolt

Barrel Bolt atau baut geser adalah kunci pintu rumah yang memiliki dua bagian, yakni satu terpasang pada kusen dan penguncian utama lainnya terpasang pada pintu sehingga cocok pada pintu bagian dalam rumah. 

Kelebihan jenis ini adalah kemudahan pemasangan dan biaya yang lebih terjangkau. Namun, barrel bolt tidak memberikan keamanan yang tinggi jika Homers gunakan sebagai kunci tunggal.

8. Multipoint Lock

Multipoint lock memiliki sistem yang bekerja berdasarkan strip panjang untuk mengunci sisi pintu. Jenis kunci ini bekerja pada beberapa titik, menciptakan lapisan keamanan dan keselamatan tambahan untuk pintu utama. Multipoint lock sangat ideal untuk pintu teras, unplasticized poly vinyl chloride, hingga pintu komposit.

9. Electronic Lock

Electronic lock merupakan inovasi jenis kunci yang menggunakan teknologi termutakhir seperti penggunaan kartu, kode, hingga sidik jari untuk membuka pintu secara otomatis. Biasanya jenis ini populer di tempat-tempat semacam pintu perkantoran dan kamar hotel.

Sesuai namanya, jenis kunci ini beroperasi melalui tenaga listrik atau baterai yang dapat bertahan lama. Namun, kelemahan pada kunci ini memungkinkan rentan terhadap kerusakan teknis atau peretasan.

Mana Jenis Kunci Pintu Rumah Pilihan Homers?

Itulah beberapa jenis kunci pintu rumah yang bisa Homers pilih. Dari sekian banyak jenis kunci pintu di atas, Homers dapat memilihnya sesuai kebutuhan.

Misalnya, jika Homers membutuhkan kunci pintu dengan keamanan maksimal, maka pilih deadbolt atau mortise. Jika ingin yang terkesan modern, maka Homers bisa memilih electronic lock.

Temukan wawasan lain mengenai rumah tangga beserta tips dan triknya hanya dengan mengunjungi blog Gethome. Bukan hanya itu saja, di sana juga membahas seputar dunia arsitektur hingga konstruksi. Semoga bermanfaat!

Baca Selengkapnya: 6 Inspirasi Gerbang Rumah Minimalis yang Modern dan Menarik

You May Also Like