Lebih Baik Sewa atau Beli Rumah? Ini Pertimbangannya!

Lebih Baik Sewa atau Beli Rumah? Ini Pertimbangannya!

Jika Anda harus memilih kira-kira lebih baik sewa atau beli rumah? Bagaimana juga, rumah merupakan aspek yang sangat penting bagi kehidupan. Setelah bekerja seharian, tentu Anda memerlukan tempat untuk beristirahat, tempat untuk melepaskan semua lelah Anda dan itu adalah rumah.

Seperti properti yang lainnya, rumah bukanlah barang yang bisa Anda peroleh dengan harga murah. Hal tersebut terkadang membuat bingung apakah lebih baik membeli atau menyewa rumah. Bagi yang masih bingung apakah seharusnya sewa rumah atau beli rumah, informasi berikut ini perlu Anda perhatikan.

Kelebihan dan Kekurangan Sewa Rumah

Beberapa keuntungan dan kerugian sewa rumah antara lain:

1. Kelebihan Sewa Rumah

Berikut kelebihan dari menyewa rumah, antara lain:

  • Tidak harus menyiapkan dana untuk uang muka karena Anda hanya perlu menyiapkan biaya sewa per bulan atau per tahun. Biaya tersebut juga tentu lebih murah.
  • Anda tak perlu menyiapkan dana untuk membayar pajak. Pemilik rumahlah yang harus menanggung biaya tersebut.
  • Tidak perlu memikirkan biaya renovasi. Anda hanya perlu menempati rumah dan untuk biaya renovasi menjadi tanggung jawab pemilik rumah.

2. Kekurangan Sewa Rumah

Adapun kekurangan dari menyewa rumah antara lain:

  • Melepaskan kesempatan berinvestasi. Biaya yang Anda keluarkan untuk sewa rumah tak akan pernah kembali lagi dan terkesan menjadi hal sia-sia.
  • Masih terbebani biaya perbaikan. Meskipun tak harus menyiapkan budget untuk renovasi, namun tetap saja kerusakan-kerusakan kecil menjadi tanggung jawab Anda. Misalnya keran yang rusak.
  • Biaya tambahan ketika ingin pindah saat waktu biaya sewa habis.

Kelebihan dan Kekurangan Beli Rumah

Jika masih bingung apakah lebih baik sewa atau beli rumah, penjelasan ini bisa menjadi pertimbangan Anda.

1. Kelebihan Membeli Rumah

Berikut kelebihan jika membeli rumah, antara lain:

  • Mempunyai hak sepenuhnya terhadap rumah tersebut. Anda bisa memanfaatkan rumah untuk berbagai kebutuhan sesuai keinginan.
  • Menjadi investasi jangka panjang dan bisa menjadi harta waris. Berbeda dengan menyewa rumah yang tak bisa Anda wariskan.
  • Berpotensi memperoleh capital gain. Harga rumah kerap mengalami kenaikan sehingga memberikan keuntungan terhadap pemiliknya.
  • Bisa disewakan. Karena rumah tersebut sepenuhnya milik Anda, maka Anda berhak menyewakannya.

2. Kekurangan Membeli Rumah

Adapun kekurangan membeli rumah yakni sebagai berikut:

  • Harus menyiapkan bujet besar. Harga rumah yang mahal membuat Anda harus menyiapkan dana besar dan akan semakin besar tergantung ukuran dan lokasi rumah Anda.
  • Menyiapkan dana untuk renovasi. Pastinya ada masanya di mana Anda harus merenovasi rumah dan itu memerlukan biaya yang juga tak sedikit.
  • Wajib membayar pajak. Pemilik rumah bertanggung jawab membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) secara rutin.

Lalu Lebih Baik Sewa atau Beli Rumah?

Beberapa pertimbangan sebelum Anda memutuskan apakah sebaiknya harus membeli maupun menyewa rumah yaitu:

1. Penghasilan

Pertimbangan tentang lebih baik sewa atau beli rumah pertama bagi yang ingin menyewa atau membeli rumah yaitu penghasilan. Ini merupakan faktor yang sangat penting karena lewat penghasilan Anda, maka Anda dapat menentukan keputusan yang tepat.

Jika penghasilan Anda dirasa masih kurang jika harus membeli rumah dan memenuhi kebutuhan lain, sebaiknya Anda menyewa rumah. Namun jika penghasilan Anda lebih dari cukup, maka akan lebih baik jika membeli rumah.

2. Bandingkan Biaya Sewa serta Cicilan KPR

Anda juga perlu mempertimbangkan berapa besar biaya untuk sewa rumah serta cicilan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Jika ternyata biaya cicilan KPR lebih murah dari biaya sewa Anda, tentu sebaiknya Anda membeli rumah. 

Apalagi, untuk investasi jangka panjang, maka membeli rumah menjadi opsi yang tepat. Namun, jika biaya sewa rumah Anda lebih murah, Anda bisa memilih menyewa rumah dan tetap mengusahakan menyisihkan dana untuk membeli rumah.

Lebih Baik Sewa atau Beli Rumah, Apa Pilihan Anda?

Sekian informasi tentang pertimbangan apakah lebih baik beli atau sewa rumah. Sekarang keputusan ada di tangan Anda. Tinggal Anda mempertimbangkan semua aspek tersebut dan mulailah membuat keputusan.

Baca Selengkapnya: Tips Membeli Rumah Pertama: Mulai dari A sampai Z

You May Also Like