5 Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik Menurut Feng Shui

5 Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik Menurut Feng Shui

Ketika membangun sebuah rumah, pengaturan tata letak setiap ruangan harus selalu Anda perhatikan dengan teliti. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menerapkan Feng Shui. Sehingga, Anda bisa mengatur posisi ruangan, termasuk posisi dapur dan kamar mandi yang baik, agar bisa memberikan kenyamanan.

Penerapan ilmu Feng Shui ini dipercaya dapat mendatangkan energi positif dan kebahagiaan di hunian Anda. Dengan begitu, Anda juga bisa mengetahui bagaimana Feng Shui dapur dekat kamar mandi atau dapur sebelah kamar mandi. Simak terus artikel ini untuk mendapatkan inspirasi posisi kamar mandi dan dapur yang menarik!

Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik

Dapur dan kamar mandi termasuk dalam area yang krusial bagi sebuah hunian. Anda perlu memastikan tata letaknya, agar bisa menghadirkan energi positif. Berikut ini beberapa inspirasi untuk penataan dapur dan kamar mandi yang bisa Anda terapkan di rumah:

1. Tidak Menghadap Pintu Masuk

Menurut Feng shui, penempatan dapur dan kamar mandi yang berhadapan langsung dengan pintu masuk, dipercaya tidak baik untuk keharmonisan keluarga. 

Selain itu, dapur yang berada di depan pintu masuk tentu akan mengurangi tampilan dari hunian Anda. Sebaiknya, Anda menempatkan dapur di area belakang rumah.

2. Tidak Berada di Tengah Hunian

Posisi dapur dan kamar mandi yang baik juga tidak berada di bagian tengah hunian. Hindari menempatkan dapur di tengah hunian, karena adanya unsur api yang cenderung membahayakan penghuni rumah. 

Sebaliknya, Anda bisa menempatkan ruang keluarga di bagian tengah rumah sebagai pusat aktivitas Anda dan keluarga.

3. Hindari Posisi di Bawah Tangga

Posisi dapur dan kamar mandi yang baik juga sebaiknya tidak berada di bawah tangga. Sebagian orang mengambil area tersebut dengan alasan untuk memaksimalkan ruangan. Namun, Feng Shui tidak menerapkan hal ini. 

Maka, Anda perlu menghindari meletakkan kamar mandi di bawah tangga. Salah satu alasannya, yakni karena dianggap dapat menghambat sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang masuk ke rumah Anda.

4. Hindari Posisi Saling Berhadapan

Apakah Anda penasaran bagaimana menurut Feng Shui apabila dapur dekat kamar mandi? Ternyata Anda perlu menghindari tata letak dapur dan kamar mandi yang saling berhadapan atau berdekatan. 

Pasalnya, kamar mandi memiliki unsur air, sementara dapur memiliki unsur api. Unsur air ini bisa memadamkan unsur api, sehingga dianggap kurang baik. Oleh sebab itu, Anda perlu memberikan jeda, agar dua ruangan ini tidak terlalu berdekatan. 

Anda bisa menerapkan cara ini untuk posisi dapur dan kamar mandi yang baik berdasarkan Feng Shui.

5. Posisi Kamar Mandi Jauh dari Tempat Tidur

Inspirasi lain untuk menempatkan kamar mandi menurut Feng Shui adalah berjauhan dengan ruang tidur. Karena, ruang tidur memiliki unsur udara, sedangkan kamar mandi memiliki unsur air yang bisa membuat kamar Anda cenderung lembab. Kondisi ini tentu bisa mengganggu kenyamanan dan kesehatan Anda.

6. Jauh dari Tempat Ibadah

Kamar mandi termasuk salah satu ruangan yang cenderung kotor dan memiliki energi yang kurang baik. Maka, berdasarkan Feng Shui, Anda perlu menghindari penempatan kamar mandi yang berdekatan dengan tempat ibadah di rumah. 

Terlebih jika Anda menganut agama Islam, menurut beberapa sumber terpercaya, Anda bahkan tidak boleh menempatkan kamar mandi menghadap ke arah kiblat.

Ingin Mengatur Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik?

Kesimpulannya, inspirasi untuk mengatur tata letak dapur dan kamar mandi di rumah, yakni Anda perlu menghindari beberapa posisi seperti menghadap pintu masuk, di bawah tangga, di area tengah rumah, maupun saling berhadapan. Selain itu, hindari pula posisi kamar mandi yang dekat dengan kamar tidur dan tempat ibadah.

Agar hunian Anda terasa nyaman, aman, memiliki energi positif, bahkan membawa keberuntungan.

Baca Selengkapnya: Rekomendasi 5 Warna Cat Rumah Kekinian Terbaik

You May Also Like