Foyer Adalah: Pengertian, Fungsi, Bentuk Beserta Desainnya!

Foyer Adalah: Pengertian, Fungsi, Bentuk Beserta Desainnya!

Memberikan kesan terbaik pada beberapa bagian rumah menjadi salah satu hal yang wajib, terutama jika Homers ingin memiliki hunian dengan konsep tertentu. Foyer adalah salah satu bagian pada rumah yang dapat Homers desain sedemikian rupa untuk menunjukkan kesan tertentu pada rumah. 

Foyer atau lobi rumah merupakan spot pertama yang dapat Homers gunakan untuk menyambut tamu. Berikut adalah pembahasan singkat terkait apa yang dimaksud dengan foyer hingga desain-desainnya.

Pengertian Foyer

Foyer adalah area dalam rumah yang berada pada bagian depan sebelum memasuki ruang tamu. Biasanya, area ini dapat dimanfaatkan sebagai penghubung antara ruang tamu dan pintu masuk sekaligus menjadi area dekorasi.

Meskipun tidak selalu wajib ada di setiap rumah, area ini sering dijumpai di rumah berukuran besar dan memiliki area untuk meletakkan karya seni atau barang pribadi. Tidak hanya itu, Homers juga dapat memberikan dekorasi sederhana seperti meja kecil atau tempat duduk untuk menyambut tamu.

Fungsi Foyer

Seperti yang dikatakan sebelumnya, foyer dapat Homers manfaatkan untuk menerima tamu. Khususnya jika tamu tidak terlalu dekat, Homers tidak perlu repot-repot mengajaknya ke ruang tamu untuk berbincang dalam waktu lama. Berikut adalah beberapa fungsi dari area lobi rumah:

  • Ruang menerima tamu: Homers dapat memanfaatkan ruang ini untuk menerima tamu sebelum masuk lebih dalam ke rumah. Area ini juga efektif untuk menerima tamu dengan waktu singkat seperti petugas RT, pengantar barang, atau sales;
  • Ruang penyimpanan: Area ini juga dapat Homers gunakan untuk menyimpan barang seperti mantel, tas, atau sepatu agar tidak berantakan dan memenuhi area ruang tamu;
  • Ruangan pendukung sirkulasi: Spot ini juga berperan sebagai area sirkulasi udara dan cahaya yang masuk ke rumah. Tak hanya itu, area ini juga dapat menghambat udara dingin agar tidak langsung masuk ke dalam rumah;
  • Area untuk menambah estetika rumah: Area ini dapat menjadi titik fokus rumah untuk kesan pertama begitu tamu masuk dari pintu depan. Sehingga, Homers dapat menempatkan dekorasi yang unik seperti karya seni untuk menambah estetika rumah.

Bentuk Foyer

Umumnya, bentuk foyer bervariasi tergantung pada ukuran dan gaya rumah. Untuk rumah yang besar, Homers bisa menyesuaikan bentuknya dengan lebar rumah untuk memberikan kesan rumah yang luas. Sedangkan untuk rumah yang kecil, Homers bisa menyesuaikannya dengan panjang rumah.

Sebaiknya, Homers tidak menambahkan terlalu banyak aksesori pada area ini dengan bentuk memanjang. Sebab, hal itu akan menambah kesan sempit pada hunian. Begitu juga pada rumah yang besar, Homers dapat meletakkan dekorasi pada bagian kiri dan kanan dinding saja.

Desain Foyer Apa Saja?

Ada beberapa desain lobi rumah yang populer dan banyak digunakan. Berikut adalah inspirasi desain yang dapat Homers terapkan di rumah:

1. Minimalis

Desain minimalis cocok untuk rumah dengan lahan yang terbatas. Area dengan bentuk seperti ini dapat berfungsi sebagai tempat menggantungkan tas, jaket, atau tempat rak sepatu. Desain ini biasa menggunakan warna yang netral. Homers dapat menggunakan warna putih sebagai warna dasar.

2. Klasik

Apabila Homers ingin memiliki desain rumah yang elegan, maka foyer adalah area yang harus Homers tambahkan, terutama dengan desain klasik. Homers dapat menggunakan beberapa furnitur dan menempatkannya pada dinding foyer. Hal ini akan menambah kesan elegan pada rumah.

Selain itu, Homers juga dapat menggunakan lukisan, ukiran, atau meja dengan bahan kayu yang berwarna coklat. Menambahkan meja minimalis dengan aksesori lain seperti bunga dan vas juga dapat menambah kesan klasik dan elegan.

3. Modern

Lobi dengan desain modern biasa menggunakan warna yang cerah. Desain ini biasa digunakan pada gedung-gedung besar, yang mana biasanya orang-orang memiliki mobilitas tinggi. Sehingga, akan lebih cocok apabila seluruh furniturnya sederhana namun tetap fungsional.

4. Rustic

Desain yang dapat Homers terapkan pada rumah selanjutnya yaitu desain rustic. Desain ini biasanya menggunakan elemen kayu dengan tampilan yang cenderung alami. Apabila Homers memiliki konsep rumah yang natural dan sederhana, desain ini akan cocok untuk mengisi bagian rumah.

Sudah Tahu Apa Itu Foyer?

Foyer adalah area yang tidak hanya berguna untuk estetika. Pastikan Homers mengetahui fungsi dan kesan yang ingin Homers berikan kepada tamu yang datang ke rumah. 

Tentukan ukuran dan tata letak foyer. Pertimbangkan elemen seperti lebar pintu, ukuran dinding, dan lokasi sumber cahaya. Sehingga, Homers dapat menggunakan area ini sesuai dengan tujuan untuk memaksimalkan area rumah dengan cara yang lebih menarik.

Kalau Homers ingin membangun foyer sesuai keinginan, serahkan pada Getwork yang telah berpengalaman di bidangnya. Bersama Getwork, Homers bisa berkonsultasi terlebih dahulu dan tentunya gratis! Tunggu apa lagi? Yuk konsultasi sekarang juga!

Dapatkan informasi menarik lainnya seputar arsitektur, konstruksi, inspirasi desain interior dan eksterior terupdate hanya di blog Gethome.

Baca Selengkapnya: 4 Balkon Rumah Kekinian, Inilah Kumpulan Inspirasi Modelnya!

You May Also Like