Pengertian Fasad Rumah, Fungsi, Jenis hingga Ragam Desainnya

Pengertian Fasad Rumah, Fungsi, Jenis hingga Ragam Desainnya

Arti sederhana dari fasad rumah adalah wujud suatu bangunan. Namun, sebenarnya istilah ini memiliki deskripsi lebih dari itu. Apa makna lebih dalam dari istilah tersebut? Apa saja fungsi, jenis material, komponennya dan contoh desainnya? Jawaban selengkapnya ada dalam artikel ini!

Pengertian Fasad Rumah

Kata fasad asalnya dari bahasa Perancis ‘façade’ dan bahasa Latin ‘faccia’ yang mempunyai makna wajah. Jadi, fasad merupakan tampilan terluar dari suatu bangunan, baik dari depan, belakang, kanan, maupun kiri, yang tampak langsung oleh orang luar.

Maka dari itu, umumnya desain eksterior hunian dapat juga Homers sebut sebagai fasad, karena langsung tampak dari luar. Desainnya pun beraneka ragam, menyesuaikan preferensi atau seleras dengan si pemilik huniannya.

Fungsi Fasad Bangunan

Apa saja fungsi dari fasad bangunan terluar suatu gedung, baik rumah tinggal pribadi maupun area publik? Jawabannya sangat banyak, yaitu:

1. Visual Utama Pengamatan Orang Lain

Tentu saja fungsi utama dari fasad sebuah bangunan adalah visual pertama yang akan diamati oleh orang lain. Pasalnya, tampilan tersebut yang tampak langsung oleh indera penglihatan mereka. Hal ini juga dapat mempengaruhi penilaian orang lain terhadap karakter Homers.

Seperti jenis fasad rumah minimalis yang menunjukkan karakter pemilik rumah sebagai sosok sederhana dan tidak menyukai hal-hal rumit. Bisa juga fasad mediterania yang menggambarkan Homers sebagai seseorang yang menyukai hal-hal klasik, elegan, dan mewah.

2. Sebagai Penunjuk Bangunan

Fasad rumah Homers juga dapat menjadi penunjuk khas bagi orang-orang yang belum pernah datang. Homers bisa menyebut ciri-ciri fasad rumah, maka mereka akan menemukannya dengan mudah. 

3. Menentukan Nilai Komersial Bangunan

Fungsi berikutnya adalah guna menentukan nilai komersialnya. Semakin unik dan estetik fasad bangunan tersebut, maka harganya juga akan semakin mahal, karena biasanya calon pembeli mempunyai ketertarikan yang besar.

4. Mempengaruhi Ketahanan Suatu Bangunan

Fasad bangunan juga akan mempengaruhi ketahanan bangunan, khususnya terhadap cuaca ekstrem dan potensi bencana alam. Hal ini ditentukan dari material dan teknik penyusunan dalam proses pembangunannya. Semakin baik material dan tekniknya, tentu ketahanannya juga akan semakin bagus.

Ragam Jenis Material Fasad Bangunan

Setelah mengetahui tentang fungsinya, Homers juga perlu memahami apa saja jenis material penyusun dari fasad, yaitu:

  • Batu bata merupakan material dengan ketahanan terbaik, untuk negara dengan iklim sub tropis seperti Indonesia.
  • Kayu merupakan jenis material yang juga sangat umum digunakan di Indonesia. Terlebih karena negara ini merupakan salah satu penghasil komoditas kayu terbesar di dunia.
  • Metal menjadi material yang belakangan ini semakin banyak menjadi pilihan untuk fasad rumah, khususnya untuk konsep desain industrial.
  • Keramik adalah material yang tergolong wajib untuk diaplikasikan, karena kokoh dan awet
  • Batuan alam juga termasuk dalam material favorit, karena memberikan kesan natural pada rumah.
  • Kaca menjadi material terakhir yang memiliki fungsi mengarahkan cukup sinar matahari ke dalam rumah, menghemat listrik, dan tentu menambah estetika.

Komponen dari Fasad Bangunan

Secara teknis, fasad sendiri terbagi menjadi empat komponen berbeda, yaitu:

  • Pintu masuk sebagai pemisah utama privasi Homers dengan dunia luar.
  • Jendela berfungsi untuk pengaturan pencahayaan alami ke dalam rumah.
  • Dinding merupakan pertahanan utama, karena berfungsi menopang keseluruhan bangunan.
  • Penopang atap atau lebih populer sebagai genteng di Indonesia, fungsinya untuk menghalangi sinar matahari menyengat, angin, dan hujan deras dari atas.

Ragam Desain Fasad Bangunan

Konsep desain tampilan luar rumah sendiri berbeda-beda. Jika Homers ingin membuat fasad, maka perlu menentukan terlebih dahulu konsep mana yang menjadi pilihan. Berikut ragam pilihannya seperti:

  • Fasad rumah minimalis yang sederhana namun modern, dengan dominasi warna-warna netral atau monokrom.
  • Fasad klasik dengan ciri khas bangunan simetris dan megah.
  • Fasad mediterania dengan dominasi bangunan tinggi dan warna-warna pastel yang hangat.
  • Fasad kontemporer yang merupakan bentuk lebih kreatif dari tipe minimalis.

Fasad Bangunan Merupakan Wajah Pemiliknya

Jadi, fasad rumah merupakan tampilan luar dari hunian yang dapat menjadi wajah atau interpretasi dari pemiliknya. Sebab, sebagai pemilik, tentu Homers akan memilih komponen, material, hingga desain yang sesuai dengan selera, bukan? Lantas, tampilan bangunan seperti apa yang menjadi favorit Homers?

Apabila Homers tertarik ingin memiliki rumah berkonsep kontemporer, Cordova Premiere Cibubur adalah pilihan yang pas. Dengan harga Rp600 jutaan saja, Homers bisa memiliki rumah ini. Mumpung lagi ada spesial promo lebaran, yuk segera survei dan booking sekarang juga di sini!

Baca Selengkapnya: Rekomendasi 6 Model Rumah Modern Simple dan Nyaman

Pengertian Fasad Rumah, Fungsi, Jenis hingga Ragam Desainnya
Next Post

No more post

You May Also Like