4 Balkon Rumah Kekinian, Inilah Kumpulan Inspirasi Modelnya!

4 Balkon Rumah Kekinian, Inilah Kumpulan Inspirasi Modelnya!

Memiliki bangunan rumah yang indah dengan tambahan interior dan eksterior yang fungsional merupakan impian banyak kalangan. Adanya balkon rumah juga menjadi sebuah pertimbangan penting untuk memperindah tampilan rumah Homers. Tetapi, apakah Homers sudah paham pengertian dari balkon yang ada pada sebuah rumah?

Apa Itu Balkon Rumah?

Kata balkon dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti sebagai teras lantai yang berada pada bagian atas atau lantai bertingkat sebuah bangunan. Di samping itu, kata ini berasal dari bahasa Italia, yaitu balcone yang memiliki arti perancah. 

Balkon rumah memiliki konsep yang mirip dengan teras atau halaman rumah, namun untuk letak keduanya sangat berbeda. Jika teras terdapat pada lantai bawah dan dibangun langsung dari lahan halaman. Lalu, balkon berada pada lantai kedua bangunan dan seperti menggantung.

Tempat ini memiliki ciri khas, yaitu menonjol seperti teras rumah namun memiliki ukuran yang lebih sempit. Kecilnya ukuran dari tempat ini karena keterbatasan lahan pada area tingkat bangunan.

Keberadaan dari tempat ini dapat Homers akses dari dalam bangunan lantai dua. Homersjuga bisa menghubungkan ruangan menuju balkon langsung dengan pintu atau akses lainnya. 

Apa Saja Fungsi Balkon Rumah?

Fungsi utama dari adanya tempat khusus pada lantai dua sebuah bangunan ini adalah untuk tempat bersantai bagi sang pemilik. Tetapi, perlu Homers ketahui pula fungsi lainnya dari balkon, yaitu:

1. Memberi Kesan Lebih Luas

Adanya balkon pada bangunan rumah Homers akan memberikan kesan space yang lebih luas dari ruangan utama dalam rumah Homers. Kondisi ini hadir karena balkon dapat menjadi ruang tambahan untuk menghabiskan waktu sejenak dan melakukan aktivitas lainnya.

2. Sebagai Ruang Tambahan

Selain menjadikan rumah Homers terlihat luas, adanya balkon rumah juga dapat menjadi ruang tambahan untuk menyimpan barang. Homers dapat menambahkan tirai penutup pada pembatas ruangan untuk meminimalisir terlihatnya bagian balkon pada rumah. Oleh sebab itu, rumah Homers akan tetap terlihat rapi.

3. Tempat Berkebun

Adanya tempat ini dapat Homers manfaatkan sebagai tempat berkebun. Kondisi seperti ini akan sangat baik bagi Homers yang tidak memiliki banyak lahan terbuka untuk berkebun. Walaupun ukuran tempat tidak terlalu luas, namun Homers masih dapat menanam tanaman-tanaman kecil yang perawatannya tidak terlalu susah.

4.  Menjadi Jalur Sirkulasi Udara

Posisi tempat yang berada si lantai dua rumah Homers dapat menjadi tempat pendukung sirkulasi udara yang masuk ke dalam rumah. Dengan membuka pintu tempat ini, maka sirkulasi udara yang datang akan lebih banyak. 

Selain itu, tambahan beberapa tanaman pada teras lantai dua rumah Homers akan mempermudah sirkulasi udara yang masuk. Tanaman tersebut akan memproduksi oksigen yang segar dan bisa masuk ke dalam ruang utama Homers untuk mengganti udara.

Inspirasi Balkon Rumah

Ada beberapa ide untuk tambahan ruangan pada rumah Homers. Berikut ini adalah inspirasi model balkon yang cocok dengan tema rumah Homers.

1. Tema Coffee Shop

Tema yang pertama ini menjadi tema yang cukup simple dan memberikan kesan yang sangat cocok untuk kegiatan meminum kopi atau teh. Homers dapat menaruh sepasang kursi duduk dengan meja bulat kecil pada balkon. Tambahkan juga ornamen tambahan seperti lukisan-lukisan kecil pada dinding agar terlihat indah.

2. Tema Cozy 

Selain itu, ada model lain yang lebih cocok untuk kegiatan yang lebih ramai seperti pertemuan keluarga. Tema cozy charm memiliki poin utama pada kursi duduk panjang dan beberapa hiasan tambahan pada dinding balkon.

3. Tema Alam dengan Lantai Kayu

Tema selanjutnya adalah tema yang akan memberikan kesan sejuk dan tenang pada teras lantai dua rumah Homers, yaitu alam. Penambahan lantai dan ornamen dari kayu dapat menambah kenyamanan pada tempat ini.

4. Tema Basic

Back to basic selalu menjadi pilihan utama bagi Homers yang menyukai tema rumah yang minimalis dan nyaman. Model teras lantai dua seperti ini dapat juga Homers pilih untuk memberikan kesan kenyamanan yang cukup saat bersantai. Homers pun dapat menaruh meja dan kursi dengan bantal kecil pada teras.

Percantik Rumah Anda dengan Balkon Fungsional!

Rumah menjadi tempat utama bagi Homers untuk rehat dan beristirahat. Oleh sebab itu, banyak dari masyarakat yang berusaha menjadikan rumah sebagai tempat yang nyaman dan juga fungsional. Opsi yang dapat Homers pilih adalah dengan menambahkan balkon rumah.

Sayangnya, opsi ini hanya dapat digunakan oleh pemilik rumah bertingkat karena posisi dari tempat ini sendiri yang terdapat pada lantai dua rumah. Ruang tambahan ini dapat Homers maksimalkan fungsinya selain sebagai tempat bersantai juga bisa menjadi tempat penyimpanan.

Kalau Homers ingin menemukan inspirasi terkait desain interior dan eksterior kekinian, kunjungi blog Gethome sekarang juga!

Baca Selengkapnya: 6 Manfaat Serbaguna Balkon Rumah

You May Also Like