Cek! Selasar Adalah: Alat-Alat, dan Inspirasi Penerapannya

Cek! Selasar Adalah: Alat-Alat, dan Inspirasi Penerapannya

Pengertian sederhana dari selasar adalah lorong, yang membuatnya kemudian disalahpahami sebagai koridor. Padahal, keduanya merupakan area bangunan yang berbeda. Apa tepatnya pengertian lorong? Apa saja alat-alat membuat lorong? Seperti apa inspirasinya? Artikel ini akan menjawab semua pertanyaan Homers!

Pengertian Selasar

Lebih mendalam, pengertian dari selasar, yaitu sebuah lorong yang menghubungkan antar area dalam suatu bangunan. Jadi, sebelum seseorang memasuki suatu ruangan, otomatis dia harus melewati selasar terlebih dahulu.

Selasar sendiri terbagi menjadi tiga jenis berbeda, yakni:

  • Selasar tertutup yang terlindungi oleh atap dan dinding serta posisinya berada di dalam bangunan atau gedung.
  • Selasar terbuka yang terhubung langsung dengan udara luar, sehingga tidak mempunyai dinding atau atap sebagai pelindung.
  • Selasar mezzanine yang posisinya berada di tengah-tengah dua lantai dalam suatu bangunan.

Meskipun tidak jarang dianggap ‘sekadar lorong’, faktanya area ini memegang peranan penting dalam nilai estetika suatu bangunan. Pasalnya, area tersebut menjadi salah satu titik yang paling mudah dan hampir selalu terjangkau oleh semua orang, khususnya tamu.

Alat-Alat Membuat Selasar yang Indah

Selasar memerlukan perhatian khusus dalam pembuatan serta desain interiornya. Harus ada keseimbangan keduanya, sehingga selasar bisa tampak cantik dan memanjakan mata orang-orang yang melewati atau bahkan singgah sejenak di area tersebut. Caranya mudah, dengan memanfaatkan perabotan berikut:

1. Bangku Memanjang

Salah satu fungsi selasar adalah untuk tempat menunggu, beristirahat, atau bersantai orang-orang dalam gedung. Homers bisa mengakomodasi hal-hal tersebut dengan meletakkan bangku panjang di area itu. Jangan lupa memilih bangku panjang yang estetik dan sesuai dengan desain interior bangunan.

2. Cermin Kaca

Pilihan lain perabot sebagai alat untuk membuat lorong tampak estetik adalah cermin kaca. Homers bisa memilih desain gantung atau seluruh badan. Selain berfungsi untuk bercermin, kaca juga dapat sekaligus menciptakan efek ruangan yang lebih lega.

3. Karpet Horizontal

Alat berikutnya untuk mempercantik tampilan lorong Homers, yaitu karpet memanjang alias horizontal yang tergelar dari ujung sampai ujung. Selain memberikan ilusi ruangan lebih luas, karpet juga menciptakan kesan elegan dan berkelas pada area tersebut.

4. Kabinet dan Rak Buku

Tidak sampai situ saja, masih ada opsi perabotan lain yang bisa menjadi alat untuk mempercantik area lorong sekaligus menjadikannya multiguna. Tidak lain adalah kabinet dan rak buku tempat menampilkan koleksi favorit yang Homers miliki. 

5. Lukisan atau Potret

Terakhir, yang bisa Homers gunakan untuk memperindah selasar adalah lukisan atau foto yang telah dicetak dalam ukuran cukup besar dan berfigura. Selain cantik dan artistik, kedua benda tersebut juga bisa membuat bangunan terasa lebih hidup.

Inspirasi Desain Lorong Rumah

Sudah tahu bukan perabotan yang dapat menjadi alat untuk membuat lorong Homers tampak tidak membosankan? Jika masih bingung, Homers bisa mencoba beberapa tips dan trik inspirasi desain yang populer, seperti:

  • Meletakkan nakas berbentuk persegi panjang yang berisi beberapa barang koleksi, seperti lukisan, kemudian bagian atasnya Homers bisa letakkan cermin gantung. Posisi terbaiknya berada di ujung yang terhimpit oleh dua pintu ruangan.
  • Tempatkan suatu barang yang menunjukkan identitas, karakter, atau ciri khas Homers pada bagian paling ujung lorong. Hal ini bisa membuat orang lain fokus pada koleksi tersebut dan melupakan hal lainnya.
  • Utamakan dekorasi dengan warna terang. Sebab, pemilihan warna tersebut akan menciptakan efek area yang luas dan bersih.

Sudah Paham Apa Itu Selasar?

Jadi, selasar adalah lorong pada hunian atau bangunan sebagai penyambung antar ruangan yang juga jadi salah satu kunci utama estetika sebuah bangunan, khususnya rumah. Maka dari itu, perhatikan detailnya dengan baik, seperti memilih peralatan dan desain akan membuatnya menjadi salah satu spot terbaik di rumah.

Homers juga dapat menjadikannya sebagai area fungsional untuk membaca atau bersantai dengan menambahkan rak buku, bangku panjang, hingga karpet horizontal yang nyaman. Sehingga, lorong tersebut tidak menjadi sekedar menjadi bagian bangunan untuk lalu lalang orang-orang. 

Siapkah Homers untuk mendesain ulang lorong di rumah agar lebih fungsional dan estetik? Jika tertarik dan tidak ingin repot memikirkan desainnya, gunakan jasa arsitektur dan interior bersama Getart saja!

Bersama Getart, Homers bisa berkonsultasi secara gratis dengan mengisi formulir terlebih dahulu. Tertarik? Yuk klik di sini!

Baca Selengkapnya: Foyer Adalah: Pengertian, Fungsi, Bentuk Beserta Desainnya!

You May Also Like