13 Rekomendasi Alat Kebersihan Rumah Tangga, Wajib Punya!

13 Rekomendasi Alat Kebersihan Rumah Tangga, Wajib Punya!

Masyarakat Indonesia hidup dengan semboyan familier, yakni kebersihan sebagian dari iman. Memastikan rumah yang kita tinggali selalu bersih adalah bagian penting dari menjaga kesehatan anggota keluarga. Menjaga kebersihan rumah membuat rumah nyaman ditinggali dan jauh dari sumber penyakit.

Untuk menjaga kebersihan, ada banyak sekali alat kebersihan rumah tangga yang bisa digunakan, baik yang dipakai sejak dulu atau tradisional maupun yang elektrik alias modern. Semua alat kebersihan tersebut memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing dalam menjaga rumah tetap bersih. 

13 Alat Kebersihan Rumah Tangga Wajib Ada

1. Kemoceng

Kemoceng adalah alat yang paling ampuh untuk membersihkan debu dan laba-laba di sela-sela benda atau di bagian atas benda rumah tangga yang sulit dijangkau. Kemoceng umumnya terbuat dari bulu ayam dengan dilengkapi tongkat yang terbuat dari rotan. Akan tetapi kini juga banyak yang terbuat dari bulu sintetis dengan gagang yang terbuat dari plastik. 

2. Sapu dan pengki

Siapa yang tidak punya sapu di rumah? Rasanya hampir tidak mungkin ada rumah yang tidak memiliki sapu. Sapu adalah alat kebersihan rumah yang paling penting karena mampu menyapu semua kotoran yang ada di rumah. Setelah kotoran tersebut terkumpul, serok kotoran tersebut dengan pengki dan buang kotoran tadi ke tempat sampah. Kamu bisa memilih sapu yang terbuat dari ijuk maupun plastik.

3. Sapu lidi

Kalau kamu memiliki halaman, sapu lidi adalah alat kebersihan yang sangat penting untuk membersihkan bagian luar rumahmu. Dengan sapu lidi, kamu bisa menyapu daun-daun yang berserakan di depan rumahmu. Kamu juga bisa memilih sapu lidi ukuran kecil untuk membersihkan permukaan kasurmu. Bedakan dengan sapu lidi untuk membersihkan bagian luar rumah yah!

4. Kain pel

Menyapu hanya mampu membersihkan lantai keramik dari debu, tetapi tidak bisa menghilangkan kotoran atau noda yang ada di atasnya. Untuk itu, kamu membutuhkan kain pel agar membuat lantai rumahmu bersih mengkilap. Agar lebih mudah saat membersihkan rumah, pilihlah kain pel yang memiliki gagang yah! Kamu juga bisa memilih kain pel dengan serat yang lembut dan halus agar saat diperas tidak menyisakan air terlalu banyak.

5. Kain lap

Dari pada menggunakan tisu, akan lebih baik menggunakan kain lap untuk mengelap berbagai hal mulai dari mengelap meja makan, meja dapur, lemari, bahkan kaca jendela. Setelah beres menggunakannya, kamu bisa mencuci dan mengeringkannya lalu digunakan lagi di kemudian hari. Hal ini pun turut serta membantu keberlangsungan hidup bumi karena kita melakukan kegiatan reuse.

Baca Juga : Karakteristik Rumah Modern yang Eksis Sepanjang Masa

6. Sikat pembersih toilet

Agar tidak menimbulkan kerak di kemudian hari yang sulit untuk dibersihkan, gunakan sikat pembersih toilet untuk membersihkan lubang toilet dan sekitarnya. Lakukan dengan teratur minimal tiga kali dalam seminggu agar toilet selalu bersih dan nyaman digunakan. Untuk hasil yang maksimal, gunakan cairan pembersih toilet yah!

7. Sikat lantai

Untuk membersihkan kamar mandi, gunakan sikat lantai ini. Pakai juga cairan pembersih sebelum menyikat. Lakukan penyikatan lantai kamar mandi secara berkala agar kamar mandi tidak licin dan bahaya saat digunakan. Kalau kamu malas menyikat secara jongkok, pilih sikat lantai yang memiliki gagang.

8. Spons

Gunakan spons untuk mencuci piring dan berbagai peralatan makan yang kamu miliki. Spons terdiri dari dua permukaan, permukaan yang lembut dan kasar. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Gunakan sesuai fungsinya masing-masing agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

9. Spons besi

Terkadang menggunakan spons pencuci piring biasa tidak cukup untuk membersihkan noda-noda atau kerak yang tertinggal di bokong wajan atau panci. Gunakan spons besi untuk menggosok bagian bawah wajan dan panci. Jangan digunakan pada Teflon karena bisa membuat bagian coating Teflon tergores hingga tidak bisa lagi digunakan.

10. Vacuum cleaner

Kalau kamu malas menggunakan sapu karena debu yang disapu beterbangan, kamu bisa menjadikan vacuum cleaner sebagai pilihan berikutnya. Pilih vacuum cleaner sesuai kebutuhanmu, apakah yang mudah digenggam atau yang berbentuk besar. Sesuaikan dengan manfaat yang ingin kamu dapatkan. Jangan sampai salah pilih vacuum cleaner, ada vacuum cleaner yang bisa digunakan baik dalam keadaan bersih maupun basah. 

11. Tempat sampah

Tempatkan seluruh sampah hasil membersihkan rumahmu dengan tempat sampah. Pilih tempat sampah yang memiliki tutup agar tidak menimbulkan baud an masalah kesehatan lainnya.

12. Cairan pembersih 

Cairan pembersih adalah cairan ajaib yang bisa mempermudah kamu dalam membersihkan rumah tangga. Beberapa cairan pembersih bahkan mampu menghilangkan bakteri dan kuman. Pilihlah cairan pembersih yang ramah lingkungan dan tidak berbahaya saat terhirup.

13. Botol semprotan

Tempatkan cairan pembersih yang kamu sukai pada botol semprotan agar mudah digunakan. Gunakan sarung tangan saat memindahkan cairan pembersih ke dalam botol semprotan yah!

13 Rekomendasi Alat Kebersihan Rumah Tangga, Wajib Punya!
Previous Post

No more post

You May Also Like