5 Bahan Atap Rumah yang Murah dan Kuat Bagi Hunian Indonesia

5 Bahan Atap Rumah yang Murah dan Kuat Bagi Hunian Indonesia

Saat membangun rumah impian, memilih bahan atap rumah yang murah dan kuat akan sangat membantu untuk menghemat budget. Sayangnya, tidak semua orang tahu apa bahan yang layak dan cocok dengan konsep rumah. 

Jika Anda adalah salah satunya, maka ketahuilah bahwa Anda butuh perhitungan yang matang untuk memilih atap terbaik sesuai kebutuhan rumah dan budget yang Anda miliki. Tenang saja, dalam artikel ini kami akan memberi daftar jenis atap murah dan kuat sesuai kebutuhan Anda.

5 Jenis Bahan Atap Rumah yang Murah Tapi Kuat

Hingga saat ini, ada banyak bahan untuk atap rumah yang murah dan bisa Anda pilih, namun sekali lagi, budget akan selalu jadi kendala. Kondisi ini terkadang membuat Anda harus memutar otak untuk memilih satu bahan terbaik dari beberapa pilihan berikut ini:

1. Asbes, Bahan Atap Rumah yang Paling Murah

Rekomendasi bahan atap rumah yang murah dan kuat yang pertama ada asbes. Bahan ini sudah terkenal akan bobotnya yang ringan namun punya daya tahan terbaik terhadap cuaca ekstrem, seperti panas dan hujan. Selain itu, asbes juga tahan terhadap api dan serangga. 

Belum lagi varian warna dan bentuknya juga membuat penyesuaian lebih mudah terjadi. Namun, jika Anda memilih atap asbes, Anda harus hati-hati karena bahan untuk atap rumah ini mudah pecah, tidak ramah lingkungan, dan berbahaya bagi kesehatan jika serat karbonnya terhirup. 

Atap asbes memiliki kisaran harga sekitar Rp50.000,00 hingga Rp100.000,00 per lembar dengan ukuran 3.000 mm x 1.050 mm x 5 mm. Harga ini dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti merek, kualitas, dan lokasi pembelian. 

2. Seng

Berikutnya ada seng yang juga terkenal sebagai bahan atap rumah yang murah tapi cukup kuat. Tentunya Anda bisa menggunakan seng untuk atap rumah sebagai solusi alternatif atap asbes karena keduanya memiliki bobot dan nilai daya tahan yang hampir sama. 

Pemasangannya juga cukup mudah dengan besaran sekitar 2.000 mm x 900 mm. Walaupun kisaran harganya hanya Rp70.000,00 sampai Rp 150.000,00 per lembar yang mana tergolong sedikit mahal daripada atap asbes, atap seng ini memiliki kelemahan di mana akan sangat berisik saat hujan. 

Belum lagi serangan korosi atau karat dari air hujan yang juga bisa membuat bahan untuk atap rumah ini mudah keropos dan berlubang. Sedangkan saat cuaca panas, rumah akan terasa gerah karena seng bisa menyerap panas dan tidak memiliki insulasi termal yang baik.

3. Genteng Beton

Jika Anda merasa kurang cocok dengan kedua bahan atap rumah yang murah dan kuat sebelumnya, maka genteng beton adalah solusi lain yang lebih tepat. Genteng beton termasuk bahan yang tahan terhadap api dan berbagai cuaca ekstrem, memiliki warna dan bentuk yang bervariasi, serta bisa menjadi peredaman suara.

Sayangnya, berhubung genteng beton lebih berat dari jenis bahan atap rumah yang murah lainnya, Anda akan butuh struktur atap yang lebih kuat. Sehingga, Anda akan butuh budget dan tenaga yang lebih besar.

Setidaknya, Anda bisa menghabiskan budget sebesar Rp100.000,00 hingga Rp300.000,00 per meter persegi. Harga tersebut tentunya sudah mencakup biaya tenaga kerja tukang dan bahan struktur atap.

4. Genteng Metal

Pilihan bahan atap rumah yang murah berikutnya adalah genteng metal. Pada dasarnya, jenis atap ini terbuat dari logam anti karat yang sering menjadi pilihan pengganti atap seng. 

Sebab, genteng metal memiliki daya tahan yang baik dari cuaca ekstrem dan juga karat. Bahkan dengan atap ini, rumah Anda juga bisa terhindar dari lumut dan tidak mudah terbakar. Menarik, bukan?

Namun, ada sedikit kelemahan yang harus Anda tanggung, yakni genteng metal merupakan bahan atap murah dan kuat yang dapat menghasilkan suara berisik saat hujan. Walaupun begitu, atap ini lebih murah dari genteng tanah liat atau beton. 

Sebab, dengan ukuran yang lebih besar, kisaran harganya hanya Rp60.000,00 sampai Rp 150.000,00 per lembar. Sekali lagi, harga ini bisa berbeda tergantung berbagai faktor seperti merek, kualitas, dan lokasi pembelian.

5. Galvalum

Pada dasarnya, galvalum adalah jenis bahan untuk atap rumah yang terbuat dari baja ringan, yang mana secara umum lebih unggul daripada jenis atap seng maupun genteng metal. Walaupun baja ringan lebih unggul, atap galvalum lebih ringan dan punya model yang lebih modern. 

Uniknya, jika Anda bandingkan dengan atap lainnya, galvalum menawarkan harga yang lebih terjangkau karena biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Harga galvalum bervariasi tergantung pada jenisnya, umumnya berkisar antara Rp50.000,00 hingga Rp150.000,00 per lembar.

Mana Bahan Atap Rumah yang Murah Pilihan Anda?

Pada intinya, memilih bahan atap rumah yang murah tapi tetap kuat adalah langkah penting dalam merencanakan proyek konstruksi rumah. Untungnya dengan mempelajari artikel ini, Anda bisa menentukan pilihan paling bijak, untuk atap rumah terbaik sesuai budget yang Anda miliki.

Namun, jika Anda masih bingung dan takut salah dalam mempertimbangkan bahan untuk atap rumah, maka tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan ahli konstruksi yang membantu pembangunan rumah impian Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca Selengkapnya: Atap Transparan Terbaik untuk Menghiasi Rumah Anda

You May Also Like