Atap Transparan Terbaik untuk Menghiasi Rumah Anda

Atap Transparan Terbaik untuk Menghiasi Rumah Anda

Pada masa kini, banyak orang di Indonesia yang ingin menghiasi rumah mereka dengan atap tembus pandang. Tahukah Anda jika di pasaran tersedia beragam atap transparan terbaik yang ciri khasnya berbeda-beda? Mari telusuri apa saja jenis dan merk atap transparan berkualitas baik di bawah ini.

Jenis Atap Transparan Terbaik

Ada banyak sekali jenis atap tembus pandang yang dijual di toko-toko material bangunan. Sebagian dari atap tersebut ada yang sangat bening, tetapi ada juga yang hanya setengah bening demi menghalau sinar matahari. Berikut beberapa rekomendasi jenis atap transparan berkualitas:

1. Polikarbonat

Jenis atap tembus pandang yang bagus untuk rumah Anda ialah atap jenis polikarbonat (polycarbonate). Atap ini terbuat dari material plastik polimer yang lentur dan anti pecah, tidak seperti atap kaca maupun akrilik.

Bobot atap polikarbonat tergolong ringan serta lebih ramah lingkungan sehingga dapat didaur ulang, dan tahan hingga puluhan tahun. Pilihan warna pada atap polikarbonat ini pun lebih bervariasi, serta harganya sangat terjangkau.

2. Kaca Tempered

Atap kaca biasa tergolong rentan pecah, sehingga ada jenis atap transparan terbaik berupa kaca tempered. Jenis atap ini terbuat dari bahan yang sifatnya anti pecah, dan mampu menerangi rumah karena memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Sayangnya, jenis atap ini juga dapat membuat suhu di dalam rumah menjadi panas.

3. Spandek Transparan

Bahan atap dari spandek ternyata ada yang versi transparan yang terbuat dari aluminium, seng dan silikon. 

Kelebihan utama pada atap spandek ini adalah bahannya yang lentur, ringan, kokoh, serta tahan terhadap perubahan cuaca. Hal ini membuatnya cocok sebagai atap kanopi transparan terbaik untuk teras maupun halaman belakang rumah. Meskipun begitu, atap spandek ini bisa menimbulkan suara berisik apabila hujan turun.

4. Polyvinyl Chloride

PVC atau polyvinyl chloride merupakan jenis atap transparan yang patut Anda pertimbangkan. Harga atap ini cukup terjangkau serta bersifat keras dan tahan api. Kekurangannya yaitu bahan PVC ini mustahil didaur ulang dan mengandung zat berbahaya bagi manusia.

Merek Atap Transparan Terbaik

Berikut adalah beberapa merek atap transparan yang bisa Anda pertimbangkan:

1. SolarTuff

Salah satu merk atap transparan terbaik yaitu SolarTuff, yang terbuat dari polikarbonat tebal. Tidak hanya tebal, atap ini juga mempunyai tingkat kejernihan yang lebih tinggi daripada polikarbonat biasa.

Meski transparan, SolarTuff mampu melindungi rumah dari paparan sinar UV sehingga suhu ruangan tetap stabil. Selain itu, merek atap ini juga tersedia dalam aneka macam warna. Bahannya mungkin sedikit kaku dan agak sulit untuk dibentuk, tetapi atap ini bersifat ramah lingkungan.

2. LaserCool

Selanjutnya, merek atap transparan lainnya ialah atap LaserCool, yang bahan utamanya yaitu vinyl. Material vinyl pada atap LaserCool ini mampu menghalau sinar UV berlebih. Selain memiliki tekstur yang bergelombang maupun mulus, atap ini juga tersedia dalam aneka varian warna cantik.

3. Alsynite

Alsynite dapat Anda jadikan pilihan atap tembus pandang berikutnya. Bahan dasarnya yang berupa plastik membuat atap ini tahan rembes serta mampu meredam suara hujan. Hanya saja, bahannya lumayan kaku dan sulit dibentuk, serta warna atap ini cepat luntur.

Mana Pilihan Atap Transparan Terbaik Versi Anda?

Atap tembus pandang mampu memberikan suasana modern pada rumah Anda, serta memberikan pencahayaan alami dari luar. Selain itu, pilihlah atap rumah dengan seksama agar Anda tak kesulitan dalam merawatnya.

Baca Selengkapnya: Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Atap Fiber

You May Also Like