5 Posisi Tandon Air Rumah Minimalis yang Tepat

5 Posisi Tandon Air Rumah Minimalis yang Tepat

Posisi tandon air rumah minimalis harus tepat serta sesuai karena bisa berpengaruh terhadap penampilan rumah Anda. Seperti yang kita tahu, tandon atau toren merupakan tempat penyimpanan maupun penampungan air.

Tandon sangat bermanfaat sebagai air cadangan ketika rumah sedang mati lampu. Hanya saja, terkadang beberapa orang masih bingung terkait di mana posisi toren yang tepat dan tidak mempengaruhi tampilan rumah.

Pilihan Posisi Tandon Air Rumah Minimalis

Berikut beberapa pilihan penempatan toren air yang tepat untuk hunian Anda.

1. Di Atas Dak Rumah

Salah satu posisi yang tepat yaitu tandon air di atap rumah, tepatnya di dak beton. Memanfaatkan dak beton memungkinkan Anda bisa meletakkan tandon air dengan ukuran lebih besar. Dengan begitu, tandon tersebut mampu menyimpan air dalam jumlah lebih banyak.

Namun, ada beberapa hal penting untuk Anda perhatikan. Misalnya, Anda harus memastikan bahwa dak beton tersebut cukup kokoh untuk menahan tandon. Semakin besar serta tinggi tandon, beban yang harus ditopang dak beton semakin berat.

Khusus tandon dengan berat antara 56 kg hingga 76 kg, menempatkan toren di dak beton masih terbilang aman. Untuk itu, perhatikan dulu ukuran tandon dan cek apakah struktur dak beton mampu menopangnya atau tidak.

2. Di Belakang Rumah

Letak tandon air rumah minimalis yang tanpa mempengaruhi tampilan rumah yaitu di bagian belakang rumah. Posisi ini kerap menjadi pilihan karena memang sudah terbukti tak mengganggu pemandangan rumah Anda.

Selain itu, posisi tandon air di belakang rumah juga bertujuan menghindari gangguan aktivitas sehari-hari yang ada di sekitar rumah. Anda bisa menghindari kebisingan maupun getaran yang bisa saja dihasilkan toren air.

Hal tersebut juga membuat Anda nyaman selama berada dalam rumah. Jadi, bagi yang khawatir pemandangan rumah dan kenyamanan para penghuni terganggu, letakkan tandon di belakang.

3. Posisi Tandon Air Rumah Minimalis dengan Ditanam

Mungkin Anda belum terpikirkan untuk meletakkan toren air di dalam tanah. Akan tetapi, terkadang hal ini menjadi opsi yang tak terelakkan. Apalagi jika Anda mengalami keterbatasan lahan, sehingga cara efektif dan kreatif yaitu dengan menanam tandon tersebut.

Jadi dengan begitu, Anda juga tak perlu mengorbankan area atau ruangan lain yang mungkin bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan lebih penting. Penempatan tandon di bawah tanah juga memberikan kesan yang menarik.

Sebab, toren air tak terlihat langsung. Dengan begitu, tampilan eksterior hunian Anda tetap terjaga. Orang yang melihatnya pun tak teralihkan fokusnya pada tandon yang terkadang terlihat menonjol.

4. Di Atas Kamar Mandi

Rekomendasi posisi tandon air rumah minimalis berikutnya yaitu di atas kamar mandi. Ini bisa menjadi opsi jika posisi kamar mandi Anda ada di belakang rumah. Solusi ini juga efektif bagi yang mengalami keterbatasan lahan.

Apalagi memang umumnya tandon air posisinya di atas bangunan. Meskipun begitu, pastikan Anda memilih ukuran toren air yang sesuai. Jangan memilih tandon yang terlalu besar melainkan pilih yang setidaknya menampung 500 liter air. Dengan begitu, beban pondasi pun tak terlalu berat. Anda juga perlu memperhatikan lebar pondasi.

5. Di Dalam Rumah

Selanjutnya, tandon air juga bisa Anda letakkan di dalam rumah. Letaknya biasanya di halaman belakang maupun sudut yang kondisinya outdoor. Tapi, Anda harus memastikan ketinggian tandon tersebut. Setidaknya pilih tandon air yang ukurannya 4 meter.

Tahu Posisi Tandon Air Rumah Minimalis yang Tepat?

Itulah beberapa posisi tandon air rumah minimalis yang tepat. Sekarang Anda tinggal menyesuaikannya dengan hunian Anda. Selain itu, pastikan menempatkan tandon dengan posisi yang tepat serta perhatikan ukuran tandon tersebut.

Baca Selengkapnya: 1 Kubik Air PDAM Berapa Rupiah? Begini Cara Hitung Tarifnya!

You May Also Like