Jenis Atap Kanopi dan Fungsinya untuk Bangunan Rumah

Jenis Atap Kanopi dan Fungsinya untuk Bangunan Rumah

Pada umumnya, orang-orang menggunakan atap genting untuk menutup bagian atas rumah. Namun, jika Homers ingin membuat tampilan rumah lebih berbeda, bisa menggunakan atap kanopi. Beberapa jenis atap kanopi yang bisa Homers pilih sesuai kebutuhan rumah, ketahui lebih lanjut- dengan menyimak penjelasan berikut.

Apa Itu Atap Kanopi?

Sebelum ke penjelasan lainnya, kenali dahulu pengertian dari atap kanopi. Kanopi adalah atap yang bentuknya memanjang dan terpisah pada bagian rangka atap utama. Sehingga, biasanya kanopi bisa digunakan untuk menutup dan melindungi bagian garasi atau halaman depan rumah. 

Jenis Atap Kanopi

Agar Homers bisa dengan mudah memilihnya, adapun jenis-jenis atap kanopi, antara lain:

1. Atap Kanopi Polycarbonate

Jenis pertama yaitu polycarbonate dengan jumlah penggunanya yang cukup banyak. Atap jenis ini terbuat dari material bernama polimer spesial dan membuatnya terlihat seperti kaca atau plastik bening. Sehingga sangat cocok untuk kebutuhan atap pada tempat jemuran, lapangan olahraga, taman, teras, dan lainnya.

2. Atap Kanopi Alderon

Selanjutnya jenis atap kanopi Alderon dengan bahan pembuatannya dari material unplasticizide polyvinyl chloride atau biasa menyebutnya dengan uPVC. Bahan tersebut terkenal anti pecah dan tentunya kokoh, sehingga orang-orang sering memakai jenis ini. 

Atap Alderon memiliki dua tipe yaitu single layer dan double layer dengan rongga. Nantinya rongga tersebut akan meminimalisir suara bising ketika hujan dan panas matahari. Selain itu, warnanya yang doff dan semi transparan dapat meneruskan cahaya sebesar 20%. 

3. Atap Kanopi Go Green

Jenis berikutnya yaitu atap kanopi go green yang dari namanya saja sudah tahu bahwa bahan pembuatannya menggunakan material ramah lingkungan. Lalu bahan material tersebut biasanya dari baja ringan daur ulang yang bebas racun. Sehingga dapat menjaga kesehatan penghuni atau orang sekitarnya.

Lalu, atap ini memiliki kelebihan seperti bebas korosi dan anti karat serta dapat melindungi sinar ultraviolet hingga 100%, sehingga kuat, tahan lama, dan terhindar dari sengatan sinar matahari. Meskipun begitu, harga jual atap ini relatif murah daripada jenis lainnya, sehingga orang-orang sering memilihnya.

4. Atap Kanopi Kaca

Adapun jenis atap kanopi lainnya adalah kanopi kaca yang dapat membuat tampilan rumah Homers terlihat elegan dan estetik. Tentunya bahan material pembuatannya dari kaca yang cukup tebal dengan jenis kacanya yaitu tempered, laminated, atau laminated tempered.

Nantinya, Homers bisa menggunakan kanopi kaca ini sebagai pengganti jenis polycarbonate. Akan tetapi, Homers harus bisa merawatnya dengan baik, karena atap ini rawan pecah dan jika ada sampah daun atau kotoran akan terlihat jelas. 

5. Atap Kanopi Spandek atau Zincalume

Homers juga bisa memilih jenis kanopi spandek atau zincalume karena lebih awet dan kuat dibandingkan kanopi polycarbonate. Lalu, dengan perawatan yang baik, maka atap ini bisa bertahan hingga 30 tahun. Kemudian tampilan atap ini bergelombang dan bahan pembuatannya terbuat dari campuran alumunium dan seng. 

Selain itu, atap ini merupakan konduktor panas yang baik, sehingga mampu menyerap panas dan membuat ruangan di bawahnya terasa lebih sejuk. Maka dari itu, untuk penerapannya lebih cocok pada ruangan semi outdoor agar penghuninya tidak merasa gerah.

6. Atap Kanopi Membran

Jenis atap kanopi lainnya yaitu atap kanopi membran dengan tampilan gang estetik karena berbahan dasar kain dan bisa membentuknya sesuka hati. Biasanya Homers akan menemukan jenis atap ini pada tempat rekreasi atau rumah makan tertentu.

Kemudian, kanopi ini memiliki daya tahan yang baik terhadap sinar matahari dan bahan pembuatannya dari kain elastis, sehingga bisa Homers lipat serta tidak mudah robek. Maka dari itu, cocok Homers gunakan pada teras rumah dan pemakaiannya memiliki jangka waktu yang lama.

Fungsi Atap Kanopi

Setelah memahami jenis atap kanopi, Homers perlu mengetahui beberapa fungsi dari pemakaiannya pada sebuah bangunan, antara lain:

  • Menambah kesan estetik pada rumah atau bangunan.
  • Melindungi dari cuaca panas, hujan, dan angin.
  • Menjadi media pencahayaan alami dari matahari, sehingga menghemat listrik.

Sudah Tahu Apa saja Jenis Kanopi?

Itulah penjelasan mengenai atap kanopi dari pengertian, jenis, dan fungsinya yang dapat Homers pahami. Kemudian, ketika Homers ingin memasang kanopi, perlu adanya persiapan mulai dari mengukur luas area, merumuskan anggarannya, menentukan modelnya, dan memilih jasa pemasangan yang tepat.

Jika Homers ingin menemukan inspirasi terkait konstruksi hingga arsitektur informatif lainnya, segera kunjungi blog Gethome saja!

Baca Selengkapnya: Simak Pengertian Kanopi, Jenis, Bahan, dan Sifatnya!

You May Also Like