Inilah 5 Tips Membeli Rumah Bekas dengan Aman!

Inilah 5 Tips Membeli Rumah Bekas dengan Aman!

Membeli rumah bekas saat ini menjadi opsi yang dipilih banyak orang untuk memenuhi kebutuhan huniannya. Hal ini wajar, mengingat harga properti di pasaran memang semakin meroket, khususnya unit baru. Jika Anda berencana membeli rumah bekas, tips membeli rumah bekas adalah informasi yang sebaiknya Anda cari terlebih dahulu.

Informasi tersebut akan membantu Anda mendapatkan rumah bekas sesuai dengan kebutuhan dan juga budget Anda, serta menghindarkan Anda dari potensi penipuan. Pada ulasan kali ini, kami telah merangkum beberapa tips membeli rumah bekas tersebut untuk Anda. Penasaran? Cek tips dan penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Tips Membeli Rumah Bekas Secara Aman

Agar dapat jual beli rumah bekas yang aman, berikut adalah beberapa tips penting yang sebaiknya Anda perhatikan:

1. Memeriksa Rumah dengan Teliti

Memeriksa rumah dengan teliti adalah salah satu tips membeli rumah bekas yang sebaiknya Anda terapkan. Pasalnya, terdapat banyak kasus di mana pihak penjual rumah melakukan dekorasi sederhana untuk menutupi sejumlah kerusakan pada bagian rumah. 

Untuk itulah, sebaiknya Anda melakukan pengecekan detail bagian luar dan dalam rumah sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi. Dalam hal ini, kami juga menyarankan agar Anda menanyakan sejumlah pertanyaan dasar terkait dengan kondisi rumah terkait:

  • Usia rumah.
  • Kondisi bangunan dan ketahanan bagian rumah, khususnya kusen, pintu, jendela, dan atap.
  • Riwayat renovasi.
  • Kondisi saluran pembuangan.
  • Kelistrikan.

2. Cari Tahu Legalitas Rumah

Tips membeli rumah bekas selanjutnya yang sebaiknya Anda terapkan adalah mengecek legalitas rumah. Dalam hal ini, Anda disarankan untuk bertanya langsung terkait legalitas rumah yang akan Anda beli. 

Jika Anda cukup awam dalam hal ini, Anda dapat mempertimbangkan untuk menyewa jasa tenaga ahli untuk mewakili Anda. Jadi, proses transaksi Anda akan menjadi lebih transparan.

3. Membuat Anggaran

Membuat anggaran juga termasuk salah satu tips membeli rumah bekas agar tidak tertipu yang sebaiknya Anda terapkan. Dalam hal ini, pastikan bahwa harga jual rumah sesuai dengan anggaran pembelian yang Anda siapkan, termasuk biaya pengurusan berkas nantinya. 

Selain itu, Anda juga disarankan untuk menyiapkan dana renovasi, jika terdapat sejumlah bagian rumah yang membutuhkan perbaikan. Untuk kasus pembelian rumah dengan metode kredit, Anda juga sebaiknya mengetahui dengan jelas perhitungan angsuran perbulannya.

4. Memastikan Kelengkapan Surat

Memeriksa legalitas rumah dan juga kelengkapan surat adalah hal haram terlewatkan dalam proses jual beli rumah. Kelengkapan surat ini nantinya akan menjadi senjata untuk Anda, jika terjadi masalah atau sengketa terkait dengan pembelian rumah yang Anda lakukan.

Adapun beberapa berkas yang sebaiknya Anda periksa saat membeli rumah bekas adalah sebagai berikut:

Terkait pengecekan keaslian surat ini, Anda dapat menggunakan jasa pengecekan surat di kantor pertanahan. Namun, layanan ini adalah layanan berbayar. Sehingga, Anda harus menyiapkan uang administrasi sekitar Rp25.000,00- Rp100.000,00

5. Menghitung Biaya Transaksi Lain

Tips jual beli rumah bekas terakhir yang kami sarankan untuk Anda adalah menyiapkan biaya transaksi lain di luar biaya pembelian. Hal ini telah kami sedikit singgung di point tentang membuat anggaran sebelumnya.

Dalam proses jual beli rumah, umumnya terdapat sejumlah biaya lain di luar transaksi jual beli yang dibebankan kepada pihak pembeli, seperti biaya balik nama, Bea Perolehan Hak Tanah dan Bangunan (BPHTB), Biaya Akta Jual Beli, dan lainnya.

Tertarik untuk Membeli Rumah Bekas?

Kesimpulannya, membeli properti, termasuk rumah adalah transaksi yang besar. Sehingga, Anda harus benar-benar mempelajari prosesnya dengan baik, agar Anda tidak tertipu dan transaksi dapat berjalan aman.

Sejumlah tips membeli rumah bekas, mulai dari memeriksa kondisi rumah hingga menghitung biaya transaksi lain dapat membantu Anda untuk menemukan dan membeli rumah bekas dengan aman. Semoga bermanfaat.

Baca Selengkapnya: Proses Jual Beli Rumah Second Beserta Persyaratannya!

You May Also Like