Rumah Minimalis Adalah : Ciri, Prinsip, dan Karakteristiknya

Rumah Minimalis Adalah: Ciri, Prinsip, dan Karakteristiknya

Rumah minimalis adalah salah satu tren yang mulai naik ke permukaan sejak beberapa tahun belakangan. Desain satu ini memiliki banyak sekali peminat karena tak hanya menonjolkan fungsi dan efisiensi, namun juga tetap memperhatikan kebutuhan penghuninya. Apakah Homers juga merasa tertarik? Mari mengenalnya lebih dalam!

Pengertian Rumah Minimalis Adalah?

Rumah minimalis adalah rumah yang menampilkan elemen seperlunya, namun tetap mempertahankan karakter elegan. Rumah dengan gaya ini biasanya memiliki ciri warna yang polos, serta tidak memiliki banyak profil dan ornamen. Secara singkat, hunian minimalis berarti hunian modern dengan kesan sederhana dan tidak berlebihan.

Umumnya, desain hunian ini akan banyak Homers jumpai di properti yang lokasinya ada di perkotaan karena hunian minimalis tidak membutuhkan lahan luas. Selain untuk menghemat budget dari segi luas tanah, perawatan rumah jenis ini juga cenderung lebih mudah.

Ciri-Ciri Rumah Minimalis Adalah?

Yang membedakan rumah minimalis adalah gaya arsitekturnya. Hunian ini dapat dengan mudah Anda kenali, bahkan menjadi tren di kalangan anak muda yang giat berburu properti. Lantas, apa saja ciri hunian minimalis modern? Berikut penjabarannya:

1. Arsitektur Berbentuk Geometris Tanpa Dekorasi

Umumnya, rumah gaya ini berbentuk persegi atau kubus tanpa adanya dekorasi berlebihan di dalamnya. Bahkan, beberapa hunian minimalis modern tidak memiliki atap berbentuk segitiga seperti kebanyakan rumah. Kebanyakan justru memiliki atap yang datar. Meski berbentuk sederhana, hunian minimalis tetap bisa tampil mewah.

2. Memiliki Banyak Ruangan Terbuka

Ciri berikutnya dari rumah minimalis modern adalah memiliki banyak ruangan terbuka. Penghuninya tidak akan membuat terlalu banyak sekat di dalam rumah. Tujuannya agar rumah tidak terasa sempit.

Ruangan di rumah bergaya minimalis juga memiliki furnitur yang minim ketimbang rumah jenis lainnya. Hal inilah yang menyebabkan hunian minimalis tampak memiliki ruangan yang lebih lapang.

3. Material Bangunan Sederhana

Hunian dengan gaya minimalis modern umumnya menggunakan material bangunan yang lebih sederhana dibanding rumah lainnya. Jadi, tidak ada penambahan ornamen batu alam atau ornamen lain. Cukup dengan cat yang berwarna netral seperti krem atau putih.

Hal inilah yang membuat gaya minimalis menjadi daya tarik baru. Selain bahannya mudah didapatkan, dana yang perlu penghuni keluarkan pun juga bisa lebih ditekan.

4. Mengoptimalkan Pencahayaan

Ciri terakhir dari hunian minimalis, yaitu selalu memaksimalkan fungsi pencahayaan. Oleh karena itu, Homers pasti sering melihat hunian minimalis yang memiliki banyak kaca besar. 

Tujuannya agar cahaya alami bisa masuk dengan mudah ke dalam rumah. Selain bisa menghemat listrik, ini akan memberi kesan yang lebih luas dan menambah estetika rumah.

Prinsip Rumah Minimalis Modern

Rumah minimalis modern adalah hunian yang memiliki prinsip form follow function. Maksudnya, bentuknya akan mengikuti fungsi. Jadi, segala bentuk ornamen dan furnitur dapat Homers gunakan asalkan bisa berfungsi dengan maksimal.

Setiap elemen bangunan dalam gaya hunian minimalis modern benar-benar ditampilkan sesuai dengan fungsinya tanpa ada aspek atau bagian yang berlebihan sehingga terlihat lebih sederhana. Konsep kesederhanaan tersebut umumnya juga orang sebut sebagai less is more.

Karakteristik Rumah Minimalis Modern

Hunian berarsitektur minimalis memiliki beberapa karakteristik yang menjadi batasan agar desainnya tetap sesuai dengan efisiensi. Namun, tetap mempertahankan daya tarik visual. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut: 

  1. Desain rumah dan tata ruangan cenderung sederhana.
  2. Menekankan fungsionalitas untuk dekorasi dan pemilihan furniture. Mulai dari interior hingga eksterior.
  3. Meminimalisir dekorasi agar hunian terlihat lebih luas dan lega.
  4. Memiliki sistem pencahayaan ruang dan sirkulasi udara yang baik dan efektif.
  5. Pemilihan warna yang netral dan bersih.
  6. Minim pembatas.
  7. Memiliki taman minimalis.

Sudah Tahu Ciri-Ciri Rumah Minimalis Modern?

Intinya, rumah minimalis adalah trend hunian yang menjadi idaman banyak orang, khususnya anak muda milenial yang ingin mulai hidup mandiri. Hunian satu ini akan memaksimalkan efektifitas dan efisiensi alih-alih menyimpan banyak perabot rumah yang tidak berfungsi maksimal. 

Hunian berdesain minimalis juga menjadi pilihan kaum urban saat ini, karena harganya masih sesuai dengan kemampuan sebagian besar masyarakat. Apakah Homers berniat untuk memiliki jenis hunian modern satu ini?

Kalau iya, Minhome punya rekomendasi rumah minimalis modern mulai dari Rp500 jutaan saja lho. Homers bisa pilih Cordova Premiere Cibubur, Osaka Premiere Depok, hingga Ayana Premiere Cibubur.

Selain itu, Homers juga bisa cek website Gethome untuk melihat rumah minimalis modern lainnya. Tunggu apa lagi? Segera kunjungi Gethome dan booking sekarang juga! Jangan sampai unitnya habis ya!

Baca Selengkapnya: 5 Inspirasi Teras Rumah Minimalis yang Estetik dan Modern

Rumah Minimalis Adalah: Ciri, Prinsip, dan Karakteristiknya
Next Post

No more post

You May Also Like