Tidak Nyata, 5 Mitos Pindah Rumah yang Bisa Anda Abaikan

Tidak Nyata, 5 Mitos Pindah Rumah yang Bisa Anda Abaikan

Pindah rumah menjadi momen yang begitu penting bagi setiap orang. Tak jarang, banyak yang memikirkan pemilihan waktu sampai prosesnya. Pemikiran tersebut juga tidak terlepas dari mitos pindah rumah yang kerap membayangi dan menghantui proses pindahan.

Mungkin Anda termasuk dalam orang-orang yang masih mempercayai adanya mitos saat proses pindahan terjadi. Apabila iya, Anda perlu mengecek faktanya terlebih dahulu agar proses pindahan bisa dijalankan dengan tenang dan aman.

5 Deretan Mitos Pindah Rumah

Jangan sampai proses pindahan Anda menjadi terbengkalai, hanya karena percaya dengan mitos yang jelas tidak terbukti kebenarannya. Apalagi, biasanya mitos-mitos tersebut berkaitan dengan hal gaib. Berikut ini adalah 5 mitos yang banyak beredar dan berkaitan dengan pindah hunian, yaitu:

1. Menunggu Sampai Tanggal Baik Tiba

Banyak masyarakat yang percaya bahwa pindah rumah harus menunggu sampai tanggal baik tiba. Bahkan, banyak yang tak segan-segan meminta tanggal baik kepada paranormal. 

Padahal, tanggal atau hari apa pun sama baiknya, sehingga tidak perlu menunggu sampai mendapat tanggal dari orang pintar. Kecuali, Anda memang sudah menyusun rencana untuk pindah pada tanggal tertentu dengan pertimbangan masuk akal seperti hari libur. 

Berapa pun tanggalnya, selama Anda bisa melakukan proses pindahan dengan lancar maka itulah yang terbaik.

2. Menghindari Pindah Malam Hari

Pindah rumah malam hari juga menjadi salah satu mitos yang berkembang dalam pergaulan masyarakat. Katanya, ketika Anda pindah rumah saat malam hari akan mengganggu si penunggu rumah.

Faktanya, mitos pindah rumah ketika malam hari itu lebih kepada merepotkan dibanding menakutkan. Sebab, untuk memindahkan barang-barang tentu membutuhkan penerangan yang baik.

3. Menunda Kepindahan untuk Ibu Hamil

Mitos lainnya yang tak kalah lucu adalah larangan untuk pindah bagi ibu hamil. Apakah ketika berada dalam kondisi yang mengharuskan pindah, sementara Anda sedang hamil, maka harus menunggu beberapa bulan lagi?

Mitos pindah rumah saat hamil sebenarnya tercipta agar para ibu hamil tidak memaksakan diri membantu proses pindahan. Sebab, secara medis tidak ada larangan atau hal-hal yang membahayakan apabila ibu hamil membantu pindahan.

4. Membawa Beras dan Air Bersih

Mitos pindah rumah selanjutnya adalah membawa beras dan air bersih. Mitos ini berkaitan dengan kepercayaan Feng Shui yang menilai bahwa beras dan air bersih merupakan simbol dari kemakmuran dan rezeki.

Oleh karena itu, orang-orang yang pindah rumah membawanya dipercaya kehidupannya akan berkelimpahan harta. Kepercayaan tersebut tentu tidak logis karena faktor kekayaan ditentukan oleh usaha dalam ranah pekerjaan atau bisnis yang Anda lakukan.

5. Menggantungkan Lonceng Angin Dekat Jendela

Pernah melihat orang-orang yang baru pindah lalu menggantung lonceng angin dekat jendela? Jika iya, Anda sedang melihat orang yang mempercayai mitos.

Banyak yang mempercayai bahwa menggantung lonceng angin dekat jendela mampu mengusir energi buruk yang bersarang pada rumah Anda.

Padahal, faktanya menggantung lonceng angin hanya digunakan sebagai hiasan dan membuat suasana menjadi lebih tenang dan sejuk. Oleh karena itu, Anda tetap bisa mencobanya untuk mendapatkan suasana rumah yang makin nyaman.

Masih Percaya dengan Mitos Pindah Rumah?

Mitos pindah rumah sebenarnya diciptakan oleh orang-orang yang mungkin memiliki tujuan tersendiri di baliknya. Entah tujuan baik, maupun tujuan jahat. Tetapi yang jelas, apabila ingin melakukan proses pindah rumah Anda tidak perlu mengkhawatirkan mitos-mitos tersebut.

Justru, hal-hal yang perlu Anda persiapkan adalah memastikan kondisi rumah baru benar-benar layak ditempati. Selain itu, pastikan kendaraan angkut barang dalam keadaan baik dan sopir memiliki kondisi prima. Dengan persiapan yang matang, proses pindahan dapat berjalan lancar.

Baca Selengkapnya: Inilah! 3 Cara Menentukan Hari yang Bagus untuk Pindah Rumah

You May Also Like