Kelebihan dan Kekurangan Atap Solartuff Untuk Rumah Modern

Kelebihan dan Kekurangan Atap Solartuff Untuk Rumah Modern

Atap solartuff adalah jenis atap yang bisa dibilang baru populer dibandingkan dengan genteng yang biasanya dipakai masyarakat Indonesia. Atap solartuff ini biasanya dipakai untuk garasi ataupun kanopi. 

Kelebihan Atap Solartuff

Atap solartuff dipilih karena sifatnya yang transparan sehingga mampu tembus cahaya dan membuat ruangan lebih terang pada siang hari karena mendapatkan pencahayaan langsung dari matahari. Materialnya sekilas mirip dengan kaca, tetapi dengan struktur lebih kuat dan beraneka warna. 

Atap solartuff sendiri terbuat dari material polycarbonate yang dibuat secara canggih di Eropa. Material tersebut mampu bertahan di berbagai terpaan cuaca baik panas matahari ataupun saat musim hujan. Solartuff memiliki bentuk bergelombang seperti seng sehingga memudahkan air hujan turun ke tanah dengan lancar. 

Kelebihan lain yang dimiliki solartuff adalah kemampuannya menahan panas. Jadi meskipun rumah mendapatkan cahaya matahari, rumah tersebut tidak akan terasa panas karena sudah dilapisi dengan UV protection.

Baca Juga : Bangun Rumah Sendiri Lebih Menguntungkan

Penggunaan solartuff untuk rumah membuat rumah tersebut hemat listrik karena pencahayaan yang cukup memanfaatkan sinar matahari saat siang hari. hal ini tentu saja menjadi favorit karena rumah yang menggunakan atap solartuff bisa dibilang rumah yang ramah lingkungan dan mengusung konsep hemat energi. 

Kelebihan lain dari penggunaan solartuff adalah mampu menahan dingin maupun panas mulai dari -20 sampai 120 derajat Celsius sehingga sangat cocok dipakai di Indonesia. Solartuff hadir dengan tiga macam ukuran yang kesemuanya cenderung lebar sehingga akan mudah dipasang dan melingkupi area yang luas. 

atap solartuff

Kekurangan Atap Solartuff

Adapun kekurangan dari pemakaian solartuff adalah ketidakmampuan dalam mengontrol cahaya yang masuk ke dalam rumah. Sehingga apabila matahari sedang bersinar sangat terik, maka bagian dalam rumah akan terasa terang sekali hingga menyilaukan. Begitupun saat mendung, bagian dalam rumah akan terasa lebih gelap. 

Sedangkan kekurangan lainnya adalah jika saat pemasangan atau proses instalasi dilakukan kurang tepat, bisa terjadi kebocoran saat hujan. Selain itu, karena bentuknya yang transparan, saat ada kotoran tentu sangat terlihat, misalnya kotoran burung, daun-daun kering yang jatuh. Untuk itu penggunaan atap solartuff membutuhkan perawatan berkala yang tidak mudah, karena diperlukan untuk naik ke bagian atas agar bisa membersihkannya. 

Demikianlah kelebihan dan kekurangan atap solartuff yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memilihnya untuk melengkapi hunian impianmu yah!

You May Also Like