Karakteristik Rumah Modern yang Eksis Sepanjang Masa

Karakteristik Rumah Modern yang Eksis Sepanjang Masa

Saat membeli atau membangun rumah, kamu tentu dihadapkan dengan banyaknya pilihan model atau desain rumah. Di zaman yang sudah modern ini, tentu saja model rumah modern menjadi pilihan yang paling disukai oleh kebanyakan orang. 

Sebenarnya, bagaimana sih konsep dan karakteristik rumah modern? Mungkinkah model rumah tersebut bisa terus eksis tanpa harus merenovasinya di kemudian hari? Apakah rumah modern dengan konsep minimalis, rumah industrial, dan Scandinavian adalah yang paling tepat?

Konsep Rumah Modern

Konsep rumah modern sudah hadir sejak awal 1920-an hingga akhir 1950-an. Lahirnya kelompok orang dengan filosofi hidup modernisme kemudian melahirkan pemikiran yang keluar dari pakem budaya dan spiritual, tidak hanya pada pemikiran hidup, tetapi juga pada bidang arsitektur sehingga muncullah konsep rumah modern. 

Rumah modern ini sendiri sangat dekat dengan desain retro. Kalau dipikir-pikir, desain modern ini pun sudah ada sejak 100 tahun yang lalu, alias tidak “terlalu baru” di masa sekarang ini. 

Karakteristik Rumah Modern

Rumah modern biasanya memiliki eksterior yang berbentuk simetris dengan atap yang datar dan jendela yang besar-besar. Untuk penataan furnitur, rumah modern biasanya memasang konsep open space atau konsep terbuka yang dilengkapi dengan floating furniture demi mendapatkan kesan yang lapang. Hal ini penting karena biasanya rumah modern memiliki area tanah yang terbatas.

Baca Juga : Tips Mudah Beli Rumah Pertama

Pemilihan furnitur dan bahan bangunannya pun dibatasi pada penggunaan krom dan kaca hingga beton ekspos, plastik, kayu, dan baja. 

rumah modern

Jenis Rumah Modern

  • Konsep rumah minimalis

    Dengan tampilan yang minimalis, nyaman, dan furnitur sebagai highlight menjadikan rumah minimalis modern ini bisa eksis sepanjang masa loh! Di Indonesia pun sudah banyak pengembang yang menggunakan konsep rumah ini.

  • Konsep rumah klasik modern

    Penggunaan konsep ini biasanya di kota besar di Indonesia. Berpusat pada histori dan simbol hunian untuk masyarakat kelas atas. Pemilihan material dan warnanya pun membutuhkan ketelitian yang tinggi.

  • Konsep rumah modern industrial

    Dominan penggunaan besi dan kayu adalah sifat utama dari rumah modern industrial. Kamu bisa mendapati rumah dengan sentuhan yang gahar saat memilih konsep ini.

  • Konsep rumah modern 3 lantai

    Kekurangan lahan untuk membuat rumah membuat banyak orang yang memilih rumah modern 3 lantai. Arsitektur rumah modern jenis ini biasanya simpel tetapi memiliki banyak ruang fungsional, mulai dari lantai satu untuk services dan living area, lantai dua untuk ruang kerja atau belajar, dan lantai ketiga berupa kamar tidur dengan kaca besar.

Karakteristik Rumah Modern yang Eksis Sepanjang Masa
Previous Post

No more post

You May Also Like