Skylight: Pengertian, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Skylight: Pengertian, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Pernahkah Homers melihat panel kaca yang terpasang di langit-langit rumah? Itulah yang disebut skylight. Menilik fungsinya, perlengkapan ini cocok untuk rumah berukuran luas dengan satu lantai, namun minim penerangan. Ingin tahu lebih banyak tentang interior ini? Artikel ini akan menyajikan informasi lengkapnya.

Pengertian Skylight Rumah dan Fungsinya

Mengutip dari laman The Spruce, skylight merupakan panel kaca yang umumnya dipasang pada bagian atap rumah ataupun langit-langit. 

Adapun fungsinya untuk membantu memasukkan cahaya alami ke dalam ruangan. Dengan begitu, ruangan akan lebih terang ketika siang hari.

Jika mempertimbangkan fungsinya, skylight rumah sangat cocok untuk hunian yang berada di kawasan lingkungan padat dan sempit. 

Sebab, rumah tersebut pasti cukup sulit untuk mendapatkan sinar matahari. Jadi, dengan adanya benda ini rumah Homers akan tampak lebih hidup dan terang.

4 Manfaat Skylight Rumah

Skylight rumah memiliki bentuk yang mirip jendela dengan lapisan kaca transparan. Nah, 4 manfaat utama yang akan Homers peroleh saat menggunakan material ini adalah sebagai berikut.

1. Memperbaiki Sirkulasi Udara

Manfaat pertama, memperbaiki sirkulasi udara di rumah. Sama halnya dengan memasang AC, jendela atap juga memungkinkan udara segar bisa lebih leluasa untuk masuk. Manfaat ini tentu akan berdampak baik untuk kondisi rumah.

2. Membuat Penampilan Lebih Estetik

Dewasa ini, sudah banyak rumah yang menawarkan interior menarik dan cantik. Salah satunya dengan menerapkan atap skylight di huniannya. 

Pasalnya, bentuk atap tersebut bermacam-macam, sehingga memudahkan Homers untuk menyesuaikan konsep hunian. Dengan menggunakan atap jenis ini, kesan estetik akan lebih menonjol.

3. Memberikan Pemandangan yang Bagus

Layaknya background alami, atap ini juga mampu menawarkan pemandangan yang bagus untuk rumah. Terutama apabila Homers memasangnya di ruang keluarga, ruang santai, dan kamar. 

4. Memaksimalkan Sumber Pencahayaan

Rumah yang nyaman ialah hunian yang bersih, rapi, dan memiliki pencahayaan cukup. Lampu memang cukup, namun untuk pemandangan yang lebih cantik dengan sumber cahaya maksimal. Nah, Homers bisa menggunakan bentuk atap ini.

3 Kelebihan Skylight

Banyak peminatnya, tentu memiliki banyak kelebihan daripada jenis atap yang lain. Inilah 3 kelebihan skylight yang perlu Homers tahu, yakni:

1. Hemat Listrik

Tagihan listrik yang membludak mengharuskan Homers untuk mencari alternatif lain. Salah satunya dengan mencoba atap ini. Tanpa mengandalkan lampu selama 24 jam di siang hari, ruangan akan tetap terjaga penerangannya dari gelas kaca.

2. Memperluas Ruangan

Jika ruangan mempunyai pencahayaan yang maksimal, akan tampak lebih luas daripada ruangan yang suram. Sebab, ruangan tersebut terlihat terbuka dan tentunya antara ujung lorong ke ujung lainnya dapat terlihat lebih jelas.

3. Memancarkan Cahaya Natural

Kelebihan terakhir, memancarkan cahaya secara natural. Cahaya tersebut datang dari sinar matahari alami. Kesan hangat bisa langsung Homers rasakan ketika menginjakkan kaki di ruangan tersebut. 

Satu lagi, menurut situs Physologytoday pencahayaan yang datang dari alam bisa meningkatkan mood orang-orang di sekitarnya.

3 Kekurangan Skylight

Meski memiliki kelebihan, skylight masih tetap mempunyai kekurangan. Adapun 3 kekurangan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Memunculkan Hawa Panas

Kaca termasuk material yang mampu menghantarkan panas secara sempurna. Untuk itu, jika rumah tidak memiliki ventilasi udara yang cukup, suhu ruangan akan meningkat. Biasanya, ini pasti terjadi di musim panas.

2. Risiko Pecah Lebih Besar

Kekurangan yang berbahaya adalah skylight rumah memiliki bahan yang rentan pecah. Untuk itu, jika ada sesuatu yang menimpanya, kemungkinan atap tersebut akan rusak. Bahkan bisa saja roboh, apabila pemasangannya tidak sesuai.

3. Perawatan Lebih Sulit

Sifat kaca yang transparan mengharuskan pemilik agar melakukan perawatan yang cukup ekstra. Sementara itu, atap tersebut berada di atas yang pasti membuat pemiliknya merasa kesulitan untuk merawatnya. 

Kalau Homers biarkan kotor, imbasnya adalah menghalangi cahaya matahari yang masuk ke ruangan.

Tertarik untuk Memasang Skylight di Rumah?

Melihat adanya kelebihan yang mumpuni, apakah Homers tertarik untuk memasang skylight di hunian impian? Namun, sebelum menentukan, pastikan Homers pertimbangkan secara matang kelebihan dan kekurangan serta kebutuhannya.

Misalnya, Homers ingin memasang untuk dapur. Nah, biasanya atap tidak bisa terbuka seperti layaknya model untuk ruang tamu atau kamar. Pasalnya, area dapur termasuk bagian rumah yang harus terjaga kebersihannya. Jadi, versi open space tidak cocok. Maka dari itu, pastikan memilih skylight sesuai ruangannya ya Homers.

Baca Selengkapnya: Atap Transparan Terbaik untuk Menghiasi Rumah Anda

You May Also Like