Mengenal Apa itu Void Bangunan: Pengertian dan Manfaatnya

Mengenal Apa itu Void Bangunan: Pengertian dan Manfaatnya

Salah satu impian bagi setiap keluarga adalah memiliki rumah yang nyaman. Rumah yang nyaman sering kali memiliki void yang melengkapi desain rumah tersebut. Apakah Anda mengetahui arti void dalam bangunan? Jika tidak, Simak penjelasan mengenai void bangunan berikut.

Apa itu Void Bangunan?

Void rumah adalah ruang kosong di dalam bangunan yang membantu menyatukan antara lantai bawah dan lantai atas. Ruang kosong ini utamanya berfungsi sebagai sirkulasi udara di dalam rumah. Selain itu, dengan adanya ruang kosong, maka akan memberikan keleluasaan cahaya matahari untuk masuk ke dalam ruangan.

Kebanyakan void bangunan terdapat pada konstruksi yang terdiri dari tiga tingkatan atau lebih. Namun, mungkin saja ruang ini dibuat pada bangunan yang memiliki satu atau dua lantai saja. Hal ini dapat diwujudkan apabila memiliki dinding dan atap yang lebih tinggi dari biasanya

Penting bagi Anda yang memiliki rumah pada wilayah padat penduduk untuk membuat void di dalamnya. Hal ini untuk mendukung kenyamanan Anda tinggal di rumah dan kesehatan bangunan. Karena wilayah padat penduduk terkadang tidak memungkinkan untuk membuat jendela sebagai tempat udara dan cahaya masuk. 

Oleh karena itu, void bangunan merupakan solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut. Anda juga dapat memberikan kesan estetik pada ruang kosong ini sehingga dapat digunakan sebagai tempat bersantai dan berkumpul.

Apa Manfaat dari Void Bangunan?

Adanya ruang kosong pada rumah Anda akan memberikan suasana yang lebih hidup dan memberikan kesan luas. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan ruang kosong ini untuk berbagai aktivitas. Berikut beberapa manfaat dari membuat void di dalam rumah Anda.

1. Pencahayaan Alami

Void bangunan dapat menjadi ruang masuknya cahaya matahari ke dalam ruangan walaupun tidak memiliki jendela karena terhalang rumah di samping Anda. Anda dapat membuat void dengan memperhatikan arah dan sudut datangnya sinar matahari.

Jadi dengan ruang terbuka, Anda tidak perlu menggunakan lampu sebagai penerangan pada saat siang hari. Hal ini dapat lebih menghemat penggunaan listrik di rumah Anda. Ini juga dapat menjadi solusi apabila rumah Anda berhimpitan dengan rumah tetangga.

2. Membuat Sirkulasi Udara Lebih Baik

Adanya ruang kosong yang luas dapat membuat sirkulasi udara rumah Anda lebih baik. Dengan void bangunan, pergantian udara di dalam rumah Anda akan lebih cepat sehingga sirkulasi lebih baik dan membuatnya lebih sejuk. Selain itu, ruang kosong ini akan mencegah lembabnya udara di dalam rumah.

Anda tidak lagi membutuhkan air conditioner (AC). Sebab, di dalam rumah Anda akan sejuk akibat lancarnya pergantian udara. Sehingga, udara panas yang ada di dalam dapat terbuang ke luar rumah.

3. Rumah Terlihat Lebih Luas

Saat rumah Anda tidak ada penyekat, maka ini membuat void bangunan sebagai pusat yang menghubungkan antar ruangan. Hal ini membuat rumah Anda memiliki halaman yang membuatnya terlihat lebih luas.

Apabila rumah Anda hanya satu lantai, buat dinding dan plafon rumah Anda lebih tinggi dari yang lainnya. Hal ini akan membuat ruangannya terlihat lebih luas. Selain itu, jangan menambahkan ornamen atau hiasan yang dapat membuat kesan penuh pada ruangan Anda.

Sudah Tahukah Anda Mengenai Void Bangunan?

Void bangunan dapat membuat rumah Anda terlihat lebih luas dari aslinya. Apabila Anda memiliki rumah di daerah padat penduduk, alangkah baiknya tambahkan void. Hal ini dapat membuat rumah Anda memiliki sirkulasi udara yang bagus dan sistem pencahayaan alami.

Baca Selengkapnya: Exhaust Fan: Pengertian, Jenis, dan Manfaat untuk Ruangan

You May Also Like