Kenalan dengan Konsep Rumah Mezzanine dan Desainnya Yuk!

Kenalan dengan Konsep Rumah Mezzanine dan Desainnya Yuk!

Para pencinta rumah bergaya modern pasti tidak asing dengan istilah mezzanine. Pada dasarnya, rumah mezzanine ini merupakan konsep hunian yang menonjolkan kesan lebih kekinian dan modern dalam sebuah ruangan. 

Menariknya lagi, konsep hunian ini lebih mengedepankan berbagai fungsi praktis. Jadi, Homers tidak hanya menambahkan berbagai furniture untuk membuat ruangan terlihat menarik. Tetapi juga tetap memperhatikan fungsi dari setiap barang atau furniture yang ada di ruangan tersebut.

Untuk itu simak ulasan lengkapnya di artikel Gethome berikut ini yuk!

Apa Itu Rumah Mezzanine?

Singkatnya, istilah mezzanine ini mengacu pada ruangan tambahan dalam sebuah hunian. Sementara menurut arsitektur Perancis, konsep ini adalah ruangan yang dibuat dengan cara partisi, tetapi tidak naik hingga ke langit-langit rumah. Umumnya, konsep mezzanine berbentuk mirip seperti balkon di dalam ruangan atau ruang tambahan. 

Konsep rumah mezzanine ini berfungsi sebagai ruangan ekstra di dalam hunian pribadi, tanpa perlu membangun lantai tambahan. Oleh karena itulah, sifatnya menjadi sangat fleksibel dan multifungsi.

Biasanya, posisi mezzanine berada di tengah ruang antara plafon dengan lantai. Namun, perlu Homers ketahui bahwa tidak semua hunian bisa menerapkan konsep ini, ya. 

Sebab, penerapan konsep ini lebih cocok untuk rumah berkonsep high ceiling. Tujuannya agar hasilnya menjadi lebih lega dan ruangan tidak terkesan sempit maupun pengap.

Keuntungan Rumah Mezzanine

Dalam penerapannya, sudah pasti ada banyak keuntungan yang bisa Homers rasakan jika menggunakan hunian mezzanine ini. Apalagi jika Homers memiliki luas bangunan yang terbatas, tetapi ada banyak barang yang harus disimpan dengan baik. Berikut ini adalah berbagai keuntungan menerapkan konsep rumah mezzanine, seperti:

1. Menjadi Tempat Penyimpanan Barang

Biasanya, pemilik rumah dengan gaya mezzanine kerap memanfaatkan area tersebut untuk menyimpan berbagai jenis barang. Dengan kata lain, Homers pun bisa menata area ini dengan menyusun barang-barang agar lebih tertata dan tidak terlihat berantakan.

2. Sebagai Ruangan yang Multifungsi

Tak hanya sekadar untuk menyimpan barang, area ini sebenarnya termasuk multifungsi dan bisa Homers sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Beberapa di antaranya adalah sebagai ruang santai, ruang belajar, ruang bermain, atau bahkan kamar tidur tambahan.

3. Menghemat Budget Pembangunan Rumah

Jika Homers memiliki budget membangun rumah yang terbatas, maka konsep rumah mezzanine sangat cocok untuk Homers. Jadi, daripada menambah lantai rumah, Homers bisa menerapkan konsep ini.

Bukan hanya menghemat budget renovasi atau membangun rumah saja, tetapi penggunaannya juga tergolong lebih fleksibel.

Contoh Konsep Rumah Mezzanine

Sekarang ini, ada banyak sekali inspirasi desain hunian mezzanine yang bisa menjadi referensi. Bagi Homers yang sedang mencari desain hunian yang bisa diterapkan, berikut beberapa contohnya yang bisa menjadi referensi, yakni:

1. Konsep Terbuka

Inspirasi pertama yang bisa Homers coba adalah mezzanine dengan konsep terbuka. Desain ini sangat cocok jika Homers ingin memiliki ruang tambahan. Sebab, konsep ini bisa memberi kesan yang luas dan lega pada hunian.

Selain itu, hunian pribadi Homers pun akan terlihat jauh lebih modern dan kekinian dengan mengaplikasikan konsep terbuka.

2. Sebagai Ruang Belajar

Homers juga bisa menggunakan desain rumah mezzanine ini sebagai ruang belajar tambahan di rumah. Apalagi jika Anda memiliki anak usia sekolah. 

Nantinya, Homers juga bisa menambahkan beberapa perlengkapan belajar, seperti rak buku, lampu belajar, dan meja, agar suasana di area tersebut menjadi lebih kondusif untuk belajar.

3. Sebagai Ruang Kerja

Selain sebagai ruang belajar, Homers juga membuat area dengan konsep kekinian ini menjadi ruang kerja yang aman dan tenang. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa konsep ini hanya bisa diterapkan pada rumah dengan yang memiliki high ceiling, ya.

Hal ini karena keberadaan atap yang tinggi akan membuat mezzanine menjadi tidak terlalu dekat dengan posisi plafon atas.

4. Sebagai Kamar Tambahan

Sekarang ini banyak juga masyarakat modern yang menggunakan konsep mezzanine untuk memiliki kamar tambahan. Khususnya jika Homers memiliki lahan bangunan yang terbatas.

Namun, pastikan Homers sudah memilih ruangan dengan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik. Tujuannya agar kamar Homers nantinya bisa tetap nyaman untuk menjadi tempat istirahat.

Tertarik Punya Rumah Mezzanine yang Modern dan Kekinian?

Pada dasarnya, memiliki rumah mezzanine bukan berarti Homers harus membeli hunian baru. Sebab, kini Homers juga bisa melakukan renovasi rumah untuk mendapatkan konsep hunian yang satu ini.

Khususnya jika Homers memiliki sudut ruangan yang cocok menerapkan konsep yang satu ini. Jadi, apakah Homers tertarik memiliki hunian berkonsep mezzanine yang modern ini?

Jika Homers tertarik dan tidak ingin repot-repot memikirkan konsepnya, Gethome punya dua rekomendasi perumahn yang mengusung konsep mezzanine lho. Ada Cordova Premiere Depok dan Osaka Premiere Depok.

Sebagai info tambahan, perumahan tersebut mulai dari Rp600 jutaan saja lho Homers. Untuk mendapatkan info lebih lanjut, tanya-tanya di sini!

Baca Selengkapnya: Rekomendasi 6 Model Rumah Modern Simple dan Nyaman

You May Also Like