7 Ide Teras Rumah Minimalis yang Aesthetic dan Eye-Catching

7 Ide Teras Rumah Minimalis yang Aesthetic dan Eye-Catching

Apakah Homers sedang mencari referensi desain teras rumah minimalis, namun tetap estetik? Jika iya, Homers membaca artikel yang tepat.

Di Indonesia, teras menjadi salah satu bagian penting dalam desain rumah. Terlepas dari fungsinya sebagai tempat untuk bersantai atau berkumpul, teras juga mencerminkan karakteristik dan gaya para penghuninya.

Tak heran jika penghuni rumah berupaya memaksimalkan desain teras, supaya lebih nyaman sekaligus menghadirkan vibes yang homey dan membuat betah. Penasaran bagaimana ide desain teras minimalis? Berikut referensinya!

Elemen Penting untuk Desain Teras Rumah Minimalis

Rumah minimalis seringkali diidentifikasi dengan ruang yang terbatas dan elemen yang minim. Meskipun tampak sederhana, rumah minimalis pun tetap bisa memiliki teras yang cantik dan berkesan, asalkan memperhatikan elemen-elemen desain tertentu, seperti:

1. Ukuran Lahan yang Tersedia

Hal yang paling utama yang harus diperhatikan sebelum mendesain teras di hunian minimalis adalah ketersediaan lahannya. Pengelolaan ukuran lahan dengan bijak, dapat menciptakan teras yang proporsional, fungsional, dan estetis.

2. Pemilihan Material Lantai Teras

Salah satu elemen yang menjadi kunci dalam desain teras rumah minimalis adalah material lantainya. Bahan untuk teras rumah bisa bervariasi. Mulai dari material ubin yang perawatannya mudah dan tersedia dalam banyak variasi, material batu yang memberikan kesan alami dan eksotis, hingga decking kayu yang lebih estetik dan berkesan hangat.

3. Pemilihan Furniture

Selain unsur estetika, teras rumah juga bisa Homers manfaatkan secara lebih multifungsi, misalnya sebagai tempat menerima tamu atau bersantai bersama keluarga. Untuk itu, pemilihan furniture seperti kursi, meja, sofa, atau furniture lainnya harus terorganisir dengan baik, supaya tampilannya tetap rapi.

4. Pencahayaan

Saat mendesain teras rumah minimalis, pastikan teras mendapat pencahayaan yang cukup, terutama saat malam hari. Homers juga bisa menggunakan lampu sorot, lampu lanskap, LED string lights, lampu dinding, atau lampu hias untuk menambah daya tarik visual dan memberikan sentuhan hangat pada teras.

5. Pemilihan Warna

Elemen selanjutnya yang tak kalah penting dalam desain teras rumah adalah warna cat. Pastikan antara warna cat tembok, warna lantai teras, serta ornamen lainnya yang Homers pilih dapat berpadu dengan baik.

Saat ini, ada beberapa pilihan warna yang sedang trendy untuk teras rumah. Di antaranya ada warna putih bersih yang elegan, hijau mint yang berkesan teduh, abu-abu yang maskulin, beige yang estetik, hitam yang elegan, dan biru yang benuansa electic.

6. Tata Letak

Tata letak furniture dan elemen-elemen dekoratif harus diatur secara efisien, untuk memaksimalkan penggunaan ruang. Keselarasan antara elemen-elemen ini akan menciptakan tampilan yang teratur dan nyaman.

Rekomendasi Teras Rumah Minimalis

Bagi Homers yang mencari referensi desain teras rumah minimalis, berikut beberapa ide yang sekiranya sesuai dengan preferensi:

1. Desain Teras Minimalis Berkonsep Taman

Lantaran tidak memakan banyak tempat, desain teras dengan tema taman akan sangat cocok untuk hunian minimalis. Maka, letakkan beberapa tanaman hijau dan bonsai di teras, kemudian gunakan pot yang terbuat dari gerabah untuk menciptakan nuansa yang segar sekaligus estetik.

2. Desain Teras Rumah Minimalis Tema Bohemian

Ide lainnya untuk menjadikan teras rumah makin estetik dan eye-catching adalah menggunakan tema natural bohemian. Gunakan furniture kayu, rotan, dan ornamen alami lainnya. Jangan lupa untuk manfaatkan hiasan macrame yang digantung di beberapa sudut teras, supaya memperkuat kesan bohemian.

3. Desain Teras Bergaya Eropa

Dalam menerapkan desain teras rumah bergaya Eropa, tidak melulu memerlukan lahan yang luas. Teras bergaya eropa ini juga sangat cocok Homers terapkan pada rumah minimalis.

Cukup cat saja dinding teras dengan warna-warna netral atau pastel, kemudian gunakan lampion gantung dan bel pintu berbentuk lonceng khas Eropa di sisi kanan dan kiri pintu masuk. Dengan begitu, teras rumah minimalis bernuansa eropa akan terasa semakin kuat.

4. Desain Teras Minimalis dengan Bangku Built-In

Teras rumah minimalis dengan kursi built-in atau dudukan yang tertanam, memberikan tampilan yang bersih dan terorganisir. Penggunaan decking kayu sebagai material lantai, peletakan tanaman hijau, dan penambahan lampu di bawah bangku built-in juga dapat menambah kesan hangat sekaligus nyaman.

5. Gunakan Hiasan Batu Alam

Mau desain teras rumah minimalis yang simpel, tetapi unik? Coba pertimbangkan untuk menggunakan andesit alam sebagai material lantai dasar teras, kemudian taburkan kerikil di tepinya. Khusus furniture, gunakan meja dan kursi yang terbuat dari rangka besi berwarna hitam.

6. Teras Modern Minimalis Bernuansa Putih

Demi menghadirkan kesan modern pada teras, Homers bisa gunakan warna cat putih pada bagian dinding. Kemudian, pasang ubin berwarna hitam untuk memberikan kesan elegan serta penggunaan bangku yang dicat hitam atau putih. Simpel dan tidak memakan banyak biaya.

7. Gunakan Kursi Gantung

Penambahan ayunan kursi atau kursi gantung pada teras memberikan sentuhan cozy dan lebih santai. Jangan lupa pilih material kursi yang tahan cuaca seperti rotan sintetis atau logam anti karat!

Tertarik Mengaplikasikan Desain Teras Rumah Minimalis di Atas?

Bagaimana dengan referensi desain teras rumah minimalis di atas? Dari tema taman yang menonjolkan kesegaran alam hingga desain bergaya Eropa yang artsy, setiap ide menciptakan atmosfer yang unik dan memikat. Kendati demikian, apa desain yang sesuai untuk hunian Homers?

Temukan artikel menarik lainnya mengenai desain hunian hanya di blog Gethome. Semoga Bermanfaat!

Baca Selengkapnya: 4 Contoh Penerapan Space Saving agar Hunian Lebih Nyaman

You May Also Like