4 Contoh Penerapan Space Saving agar Hunian Lebih Nyaman

4 Contoh Penerapan Space Saving agar Hunian Lebih Nyaman

Keterbatasan ruang di dalam hunian menjadi sebuah tantangan saat hendak menciptakan suasana tempat tinggal agar tetap nyaman. Salah satu cara untuk memanfaatkan ruang yang terbatas adalah dengan menerapkan konsep space saving di dalam hunian.

Konsep ini sudah banyak diterapkan terutama bagi orang yang memilih tinggal di apartemen. Agar lebih paham tentang konsep interior ini, simak pembahasan berikut sampai habis!

Apa Itu Space Saving?

Secara garis besar istilah ini merupakan salah satu konsep menata ruang dengan menggunakan sejumlah perabot yang multifungsi. Seperti contoh, penggunaan sofa bed di hunian apartemen dengan lahan yang terbatas.

Semua orang pasti tahu, sofa berfungsi sebagai tempat duduk atau sarana untuk bersantai di dalam rumah. Namun, agar desainnya lebih multifungsional, kini hadir sofa yang bisa berubah fungsinya menjadi tempat tidur dan dapat digunakan saat malam hari.

Singkatnya, konsep itu lah yang disebut sebagai space saving. Supaya hunian tetap terasa luas, Homers bisa menggunakan produk perabot yang compact dan serbaguna.

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui space saving adalah konsep untuk menciptakan sebuah interior agar ruangan terlihat lebih lapang meski berada di area yang sempit. Tujuan penerapan konsep ini agar perabot di dalam bisa menampung semua kebutuhan untuk menunjang aktivitas penghuninya.

Penerapan konsep interior ini menjadi salah satu penyelesaian terhadap masalah keleluasaan di dalam hunian. Ini juga bisa menjadi solusi terutama bagi Homers yang masih tinggal di kost, rumah petak, apartemen atau kondominium.

Contoh Penerapan Konsep Space Saving

Space saving adalah konsep ruangan yang bisa menjadi solusi terutama bagi Homers yang masih menyewa hunian dalam jangka waktu relatif singkat. Selain itu, pemasangannya pun dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan lahan. Berikut cara menerapkan konsep ini agar hunian terasa lebih luas.

1. Storage Bench di Ruang Tamu

Salah satu cara untuk mendukung konsep ini adalah bagaimana menentukan jenis atau desain perabot sepraktis mungkin. Tentunya pemilihan jenis perabot harus berdasarkan kebutuhan jangka panjang alias tidak ikut-ikutan karena sedang tren saja.

Contoh penerapan konsepnya bisa menggunakan storage bench di ruang tamu. Adapun desain bangku ini dapat difungsikan sebagai tempat duduk sekaligus penyimpanan barang agar hunian tetap terlihat rapi dan bersih.

2. Meja Cermin di Sudut Ruangan

Konsep ini mengharuskan Homers untuk cermat dalam memanfaatkan setiap ruang agar tertata dengan baik. Cara ini perlu dilakukan untuk meminimalisir ruang kosong sehingga bisa menciptakan space lebih luas.

Salah satu cara untuk menerapkannya adalah dengan memasang meja cermin lipat di area sudut ruangan. Meja ini dapat digunakan sebagai area kerja sekaligus tempat untuk merias wajah sebelum beraktivitas di luar rumah.

3. Meja Makan Lipat di Area Dapur

Tidak hanya di ruang utama saja, penerapan space saving ini juga bisa dilakukan pada area dapur. Terutama apartemen, dapur dalam hunian tersebut memiliki ruang yang sangat terbatas sehingga perlu menyiasati penggunaan perabotnya dengan desain yang serba guna.

Contohnya menggunakan meja makan yang bisa dilipat sebagai rak penyimpanan. Penerapan konsep ini tentu sangat membantu agar dapur tetap terlihat luas saat meja makan tidak digunakan.

4. Tempat Tidur Lipat di Kamar

Tempat tidur merupakan salah satu perabot yang memakan cukup banyak ruang. Homers bisa menggunakan jenis tempat tidur seperti murphy bed untuk menghemat ruang dalam kamar tidur.

Tempat tidur lipat ini dapat menyatu ke permukaan dinding sehingga bisa membuat ruangan terlihat lebih luas saat ranjang tidak digunakan. Homers pun juga bisa melakukan aktivitas lainnya dengan leluasa meski di dalam ruang yang sempit.

Manfaatkan Space Saving untuk Hunian Lebih Nyaman!

Dari contoh penerapan konsep space saving, ada banyak manfaat yang bisa Homers dapatkan untuk menciptakan hunian yang lebih nyaman. Penggunaan perabot yang serba guna dapat meminimalisir untuk tidak membuat suasana tempat tinggal menjadi berantakan.

Dengan adanya konsep ini, tentu bisa membuat hunian terlihat lebih tertata rapi dan bersih. Kenyamanan ini tentu akan memengaruhi suasana hati, sehingga Homers lebih bisa semangat dalam beraktivitas dan semakin produktif setiap harinya.

Baca Selengkapnya: 6 Rekomendasi Cat Rumah Minimalis untuk Hunian Lebih Elegan

You May Also Like