Gampang Bangat! Ini Cara Mendaftarkan Properti di Airbnb

Gampang Bangat! Ini Cara Mendaftarkan Properti di Airbnb

Musim libur sebentar lagi tiba! Bagi Homers yang memiliki properti, musim ini adalah kesempatan terbaik untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan mendaftarkan properti ke Airbnb. Pasalnya, banyak orang yang ingin berlibur dan butuh penginapan! Ingin tahu cara mendaftarkan properti di Airbnb?

Pelajari panduan lengkap dan mudah supaya Homers bisa segera mendaftarkan properti untuk disewakan lewat platform Airbnb lewat ulasan berikut ini!

Kenapa Properti Harus Didaftarkan di Airbnb?

Pada dasarnya, ada banyak alasan kenapa harus mendaftarkan properti di Airbnb, salah satunya adalah legalitas. Bagaimanapun, dengan mendaftarkan properti ke Airbnb, maka properti akan mendapatkan legalitas dalam bentuk izin sebagai tempat menginap yang resmi.

Selain itu, penghasilan tambahan atau passive income juga menjadi alasan kenapa kalian harus mendaftarkan properti di Airbnb. Sehingga kalian dapat menyewakan properti melalui platform Airbnb untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari orang-orang yang menyewa properti tersebut.

Cara Mendaftarkan Properti di Airbnb

Berikut ini adalah 11 panduan cara mendaftarkan properti di situs Airbnb yang bisa kalian ikuti. Silakan cek dan pahami!

1. Masuk Ke Situs Airbnb

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan masuk ke situs airbnb.co.id. Setelah itu, klik tombol “Menjadi Tuan Rumah” lalu klik lagi pilihan “Daftarkan Tempat Anda”.

2.  Cara Mendaftarkan Properti di Airbnb Menggunakan Jejaring Sosial

Jika sudah, cara selanjutnya adalah melakukan proses pendaftaran akun. Dalam proses ini, kalian bisa sign in atau login dengan menggunakan Facebook, Email, dan Gmail.

3. Tentukan Kategori Hunian

Tentukan detail properti yang ingin didaftarkan. Pilihlah kategori properti, jenis properti, serta lokasi dari properti secara detail.

4. Lengkapi Informasi Properti

Selain melengkapi informasi seputar jenis dan lokasi properti, kalian juga harus melengkapi informasi tentang kapasitas properti. Kapasitas properti ini meliputi kapasitas tamu, jumlah kamar yang tersedia, jumlah tempat tidur yang ada, dan jumlah kamar mandi.

5. Isi Informasi Perihal Fasilitas di Properti

Jangan lupa untuk mengisi detail informasi mengenai fasilitas yang properti kalian miliki. Apa saja contoh fasilitasnya? Fasilitas-fasilitas ini meliputi WiFi, TV, AC, kolam renang, dan lain-lainnya.

6. Unggah Foto Pendukung

Tentu saja, foto pendukung tidak boleh kalian lupakan ketika daftar properti di Airbnb. Aspek ini penting agar penyewa dapat mengetahui bentuk properti dari luar maupun dalam. Untuk foto pendukung ini, kalian bisa mengunggah foto bangunan properti, foto lobi, foto kamar tidur, foto tempat tidur, dan sebagainya.

7. Beri Nama Properti

Jangan lupa untuk memberi nama properti supaya penyewa dapat menemukan properti secara mudah di Google maupun platform travel. Beri nama properti yang menggambarkan kelebihan, lokasi tema atau fungsi properti dan mengandung kata kunci. Contohnya: Family Villa/Homestay Tropica

8. Deskripsikan Properti

Setelah memberikan nama untuk properti Anda, langkah selanjutnya adalah mendeskripsikan properti yang kalian miliki sebaik mungkin. 

9. Tentukan Jenis Tamu atau Tujuan Penginapan

Ketika daftar properti di Aribnb, masukan juga informasi tentang jumlah tamu yang dapat properti tampung untuk menginap. Selanjutnya, memasukkan kategori tujuan penginapan yang sesuai dengan properti. 

Padankan pula dengan kata kunci yang biasanya penyewa cari. Contohnya adalah penginapan yang tenang, bergaya, di tengah kota, lapang, unik, atau di tepi pantai.

10. Atur Biaya Sewa Properti

Sedikit lagi selesai! Selanjutnya, kalian perlu menentukan dan mengisi informasi perihal biaya sewa di properti. Silakan pertimbangkan beberapa hal sebelum menentukan harga sewa properti, seperti lokasi properti, fasilitas yang ada, maupun kapasitas kamar tidur.

11. Tambahkan Informasi Tambahan

Langkah terakhir yang bisa dilakukan untuk mendaftarkan properti di Airbnb adalah dengan menambahkan informasi tambahan yang tertera. Informasi ini biasanya berupa pertanyaan-pertanyaan.

Sudah Paham Cara Mendaftarkan Properti di Airbnb?

Ikuti panduan cara mendaftarkan properti di Airbnb secara teliti! Jangan lupa untuk memberikan informasi yang terperinci dan menarik. Tetapi, jangan masukan informasi palsu demi keuntungan semata. 

Pasalnya, alih-alih mendapatkan penghasilan tambahan, praktik kecurangan justru akan membawa penilaian negatif pada profil properti kalian sebagai tuan rumah.

Baca Selengkapnya: Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal

You May Also Like