Apa itu Cluster? Dan Apa Saja Karakteristiknya

Apa Itu Cluster dan Bagaimana Karakteristiknya

Cluster adalah salah satu properti yang merakyat. Hunian dengan kategori properti terbatas ini bisa menjadi milik siapa saja. Tak heran apabila perumahan cluster lebih inklusif daripada townhouse milik kaum ekspatriat atau kaum elite.

Karakteristik Cluster

Di Indonesia, perumahan cluster semakin populer. Sudah banyak pihak mengembangkannya. Lantas, seberapa luas pengetahuan Anda tentang rumah cluster?

Cluster adalah sekumpulan rumah-rumah yang dibangun dengan tipe dan desain yang sama di dalam satu lingkungan. Biasanya, pihak developer membangun hunian cluster secara bersamaan. Supaya pengetahuan Anda tentang rumah cluster lebih luas, silahkan simak karakteristiknya berikut ini.

Desain Rumah Satu Model

Ide desain dan model rumah cluster sepenuhnya ide dari pengembang. Ibarat kembar, perumahan cluster hadir dengan bentuk dan model seragam.

Meskipun demikian, konsepnya tetap menyesuaikan trend dan selera masyarakat. Menariknya, sama sekali tidak mengesampingkan fungsinya.

Desain rumah cluster yang sedemikian sangat menguntungkan bagi Anda karena tidak perlu repot-repot memikirkan desain. Mengambil dari tren dan selera masyarakat, sudah pasti banyak yang cocok dengan desain rumah cluster. 

Desain Untuk Puluhan Unit

Desain dan bentuk cluster sama adalah emang betul adanya. Namun, bukan berarti semua perumahan cluster memiliki desain sama. Dalam satu area, jumlah cluster maksimal hanya ada belasan, puluhan, bahkan ratusan unit. Jadi, Anda bisa menyesuaikan dengan rumah impian.

Adapun sistem pembangunan cluster, yakni membuat unit dengan desain dan model yang sama terlebih dahulu kemudian menjualnya. Pembangunan komplek cluster yang berikutnya akan menyusul beberapa bulan kemudian.

Tentu saja dengan desain berbeda. Jadi, proses pembuatannya berlangsung bertahap dan berkelanjutan. 

Tanpa Ada Pagar Depan

Ciri unik rumah cluster berikutnya adalah tidak ada pembatas atau pagar depan. Konsepnya, pembuatan rumah dibuat tanpa jarak alias saling berdekatan. Tanpa pagar pembatas, besar kemungkinan kehidupan dan sosialisasi antar penghuni rumah yang satu dengan yang lain jauh lebih dekat. 

Sistem Keamanan One Gate System

Meski tanpa pagar pembatas, tetapi keamanan perumahan cluster tetap terjaga dengan baik. Sama halnya dengan perumahan pada umumnya, cluster menggunakan one gate system sebagai akses keluar masuk. Keamanan tersebut memudahkan penjaga memantau siapapun yang keluar masuk area cluster, sehingga meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebagai informasi bahwa perumahan cluster adalah berbeda dengan perumahan pada umumnya. Cluster merupakan hunian sebagai pemukiman.

Biasanya area cluster terletak di kawasan perkotaan di mana kondisi lingkungannya sudah ramai dan berkembang. Cluster bisa Anda temukan di lokasi perkotaan yang cukup strategis. Sedangkan hunian perumahan umumnya berada di kawasan sub urban alias pinggiran kota.

Tersedia Berbagai Fasilitas dan Infrastruktur Lengkap

Pihak pengembang juga membangun berbagai fasilitas di setiap cluster. Fasilitas tersebut akan menjadi fasilitas umum sehingga seluruh penghuni cluster dapat menggunakannya secara bersama-sama. Inilah mengapa perumahan cluster memiliki akses one gate system.

Dengan demikian, kecil kemungkinan tidak ada penghuni lain yang bisa masuk ke area cluster. Petugas yang berjaga akan melakukan pengawasan 24 jam penuh. Bagi penghuni asli cluster, wajib menunjukkan kartu identitas kepada petugas ketika hendak memasuki area cluster.

Adanya fasilitas dan infrastruktur yang lengkap adalah membuat masyarakat mulai melirik perumahan cluster. Kemungkinan besar peminatnya semakin banyak.

Terlebih lagi kondisi sekitar yang begitu tenang karena terletak di pinggiran perkotaan, menjadikan cluster pilihan tepat sebagai hunian menghabiskan waktu pensiun.

Sudah Paham Apa Itu Cluster?

Sampai di sini, apakah Anda berpikir untuk menjadikan cluster sebagai investasi? Ingatlah bahwa seiring permintaan, maka harga jual produk atau jasa semakin tinggi. Hal tersebut tentunya juga berlaku untuk hunian jenis cluster.

Fakta lain yang belum banyak orang paham tentang cluster adalah tepat sebagai hunian yang bisa diandalkan untuk mengakomodasi seluruh kebutuhan keluarga. Siapapun yang tinggal di dalamnya akan terangkul dengan rasa nyaman dan aman.

Baca selengkapnya: Kenali 3 Perbedaan Townhouse dan Cluster

You May Also Like