Smart Living Adalah: Ini Keuntungan Menggunakannya di Rumah

Apa itu Smart Living? Ini Keuntungan Menggunakannya di Rumah

Melalui digitalisasi modern yang semakin canggih, masyarakat bisa mendapatkan berbagai keuntungan dalam berbagai aspek. Misalnya saja smart living. Smart living adalah istilah yang mulai populer dan dikenal masyarakat secara luas. Namun, sebenarnya apa pengertian dan bagaimana cara kerjanya? Simak di sini!

Apa itu Smart Living?

Smart living adalah konsep otomatisasi yang bergerak di beberapa aspek dalam kehidupan manusia, seperti transportasi, rumah, kantor, dan lain sebagainya. Konsep ini mengintegrasikan dengan peralatan kerja elektronik serta tata cahaya dalam suatu ruangan.

Tujuannya adalah meningkatkan keamanan, kenyamanan, efektifitas, dan efisiensi kerja pada ruangan tertentu. Contoh peralatan yang terintegrasi adalah printer, TV, audio system, laptop, slide projector, dan lain sebagainya. 

Menurut laporan Dell and Intel Future Workforce Study, setidaknya ada 45% pekerja yang berharap lima tahun ke depan bisa bekerja menggunakan alat-alat canggih. Namun, ada keunggulan, tentu saja ada kelemahan yang harus dihadapi mereka yang menggunakan konsep satu ini. Misalnya biaya pemasangan yang mahal.

Keuntungan Menggunakan Smart Living di Rumah

Secara umum, para pekerja akan lebih berkemungkinan merasakan manfaat dari smart living. Namun, Homers pun dapat mencoba menerapkannya di rumah pribadi. Adapun berikut adalah beberapa manfaat menggunakan alat canggih tersebut di rumah:

1. Meningkatkan Keamanan di Rumah

Keuntungan pertama menggunakan teknologi canggih adalah meningkatkan keamanan di rumah. Sistem home automation yang terpasang di rumah bisa terkoneksi langsung dengan pendeteksi gerakan, smart lock, dan kamera pengawas hanya dengan menggunakan smartphone.

Jika ada gerak-gerik mencurigakan, Homers akan memperoleh peringatan langsung ke ponsel. Semua alat akan terintegrasi dengan mudah. Meski tidak dalam pengawasan orang, alat-alat tersebut bisa bekerja secara otomatis dan akurat.

2. Lebih Hemat Biaya

Keuntungan ketiga smart living adalah lebih hemat biaya penggunaan listrik. Misalnya saja Homers memiliki smart thermostat. Alat ini mampu mempelajari kebiasan pemilik rumah dalam pemakaian pendingin dan suhu. Bahkan perangkat tersebut akan memberikan saran yang tepat untuk menghemat pemakaian energi.

Semakin kecil pemakaian energi listrik di rumah Homers, maka biaya pengeluaran akan semakin terminimalkan. Jadi, meski biaya pemasangan umumnya relatif tinggi, biaya selanjutnya tidak akan terlalu membebani Homers.

3. Memberikan Kenyamanan di Rumah

Rumah yang memiliki alat canggih dapat memberikan kenyamanan tersendiri untuk penghuninya. Bagaimana tidak? Ketika ingin melakukan kegiatan-kegiatan, seperti mematikan lampu, menyalakan TV, mengawasi rumah, menyalakan pendingin ruangan, mengunci pintu, dan lain-lain bisa Homers selesaikan dengan mudah.

Tak perlu menggunakan banyak tenaga atau turun tangan secara langsung, karena Homers dapat lakukan itu semua dengan otomatis. Homers tidak akan repot lagi dan bisa lebih hemat waktu. Terlebih apabila Homers seorang workaholic yang sering menghabiskan waktu di ruang kerja.

4. Memaksimalkan Fungsi Peralatan

Terkadang memiliki peralatan rumah tangga yang lengkap tidak membuat orang mampu memanfaatkannya dengan baik. Misalnya saja oven. Karena tidak mengetahui kapasitas waktu pemanggangan yang baik, Homers tidak menggunakannya.

Maka dari itu, melalui alat canggih Homers tidak perlu takut jika masakan gosong karena terlalu lama berada di oven. Sebab, alat bisa secara otomatis mengatur suhu dan waktu kapan makanan tersebut matang sempurna.

Sudah Tahu tentang Apa itu Smart Living?

Smart living adalah sistem yang akan menjadi trend di masa depan dan memudahkan manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari di rumah maupun di kantor. Jadi, apakah Homers juga mulai tertarik untuk menggunakan teknologi ini di rumah?

Apabila Homers tertarik dengan rumah yang sudah menggunakan kecanggihan smart living, Gethome bisa jadi pilihan. Sebab, pada setiap perumahannya selalu menggunakan teknologi tersebut.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, yuk kunjungi website Gethome. Cek sekarang juga! Jangan sampai nyesel karena banyak spesial promo khusus Homers lho!

Baca selengkapnya: 3 Perbedaan Townhouse vs Cluster

You May Also Like