Jangan Salah! Ini Tips Cari Rumah Pertama Kali yang Aman

Jangan Salah! Ini Tips Cari Rumah Pertama Kali yang Aman

Memiliki rumah merupakan impian dari setiap orang. Namun, sebelum Anda membeli rumah baru, tentu ada beberapa faktor yang menjadi bahan pertimbangan. Agar tidak menyesal, silakan Anda simak beberapa tips cari rumah yang aman dalam artikel berikut ini!

6 Tips Cari Rumah yang Aman

Bagi Anda yang sedang mencari dan ingin membeli rumah, terlebih untuk pertama kalinya. Maka, Anda perlu memastikan bahwa segala sesuatunya sudah memiliki pertimbangan yang matang. Berikut ada beberapa tips cari rumah murah yang aman:

1. Rencanakan Tipe dan Harga Rumah

Bagi Anda yang ingin membeli rumah, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu perihal besaran anggaran untuk membeli rumah nantinya. Usahakan untuk membeli rumah sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

Apabila Anda memilih untuk mengambil cicilan rumah, maka sebaiknya harga dari rumah tersebut adalah sekitar sepertiga dari total penghasilan bulanan Anda. Cara ini tentunya bisa membantu keuangan Anda lebih terkendali. 

Selain itu, tips mencari rumah ini juga bisa Anda gunakan untuk mengetahui tipe dan lokasi dari rumah yang ingin Anda beli.

2. Tentukan dan Lakukan Survei Lokasi

Tips cari rumah selanjutnya menentukan dan melakukan survei lokasi. Sebelum memilih rumah, tentunya Anda harus mempertimbangkan lokasinya juga. Sebab, setiap lokasi rumah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Karena itu, Anda sebaiknya melakukan survei secara mendetail. Sebaiknya, Anda melakukan survei secara langsung. Setelah itu, coba perhatikan lokasinya, akses transportasi, fasilitas, hingga jarak dengan fasilitas publik lainnya. 

3. Perhatikan Legalitas

Memperhatikan legalitas dari rumah yang ingin Anda beli juga sangat penting. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari masalah yang nantinya bisa terjadi di kemudian hari. Salah satu contohnya adalah penolakan kredit bank hingga penyegelan oleh pihak yang berwenang. 

Karena itu, Anda harus bertanya langsung kepada pihak developer mengenai legalitas dari rumah tersebut. Mulai dari Sertifikat Hak Milik atau SHM hingga Surat Izin Mendirikan Bangunan atau IMB.

Jika memang terbukti belum adanya SHM maupun IMB, maka Anda bisa menunda terlebih dahulu untuk membeli rumah tersebut.

4. Bandingkan Harga dan Fasilitas

Sebelum membeli rumah, sebaiknya pastikan terlebih dahulu Anda mengecek harga rumahnya. Umumnya, harga rumah yang ditawarkan di pasaran sudah termasuk dengan PPN 10%, biaya pembuatan Akta Jual Beli (AJB), hingga biaya pengurusan Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB).

Tidak hanya itu, cek juga fasilitas yang ditawarkan. Pastikan apakah memang harganya sudah sesuai dengan fasilitas yang nantinya akan Anda dapatkan atau belum.

5. Pilih Developer Terpercaya

Tips cari rumah yang tak kalah penting lainnya adalah memilah dan memilih developer yang terpercaya. Sebab, developer akan menentukan apakah transaksi pembelian rumah Anda aman atau tidak.

Anda bisa mencari developer terpercaya dari berbagai sumber. Namun, pastikan bahwa memang tidak ada hal yang sengaja developer tutupi. Developer yang baik dan terpercaya tentunya akan menjawab semua pertanyaan yang Anda tanyakan dengan jelas dan detail.

6. Hindari Jual Beli Rumah di Bawah Tangan

Perlu Anda ketahui, bahwa mencari rumah atau transaksi jual beli rumah di bawah tangan sangatlah berisiko. Sebab, dasar hukumnya sangat lemah. Jika rumah yang Anda beli masih dalam status “agunan bank”, maka Anda bisa melakukan pengalihan kredit dan pembuatan AJB dengan notaris.

Anda Sudah Menerapkan Tips di Atas?

Itulah penjelasan mengenai tips cari rumah yang aman agar terhindar dari penipuan. Rumah adalah sebuah aset dan investasi, karena itu pembeliannya tidak bisa sembarangan. Jika ingin membeli rumah, sebaiknya Anda mulai menabung secara terpisah. 

Namun, apabila masih belum memiliki cukup modal. Maka, salah satu pilihan terbaik adalah menggunakan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR. Selain itu, KPR juga umumnya jauh lebih aman karena akan mendapat monitor dari perbankan. Semoga bermanfaat!

Baca Selengkapnya: 9 Tips Membeli Rumah Pertama bagi Pengantin Baru

You May Also Like