9 Tips Membeli Rumah Pertama bagi Pengantin Baru

9 Tips Membeli Rumah Pertama bagi Pengantin Baru

Membeli rumah pertama bisa dibilang pengalaman yang susah-susah gampang. Di satu sisi, kamu merasa aman karena sudah memiliki dana yang memadai, tetapi disisi lain, ada perasaan was was dan bimbang, “Benarkah langkah ini yang diambil? Tepatkah membeli rumah di sini?” dan segudang kekhawatiran lain yang membuat kamu terkadang maju mundur untuk membeli rumah. Berikut Gethome kasih tau tips membeli rumah pertama untuk kamu pasangan yang baru menikah.

Apa Saja Tips Membeli Rumah Pertama

Dengan pengalaman yang belum dimiliki sebelumnya, membeli rumah pertama juga ternyata memerlukan tahapan yang cukup banyak. Hal ini perlu dilakukan agar pembelian rumah tersebut legal dan diakui secara hukum dan tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

Berbagai tahapan-tahapan inilah yang kadang membuat bingung siapapun yang ingin beli rumah pertama miliknya. Simak 9 tips berikut ini.

1. Cari Tahu Harga Pasaran Rumah di Daerah Tersebut

Tips membeli rumah pertama adalah kamu pastikan harga pasaran rumah di lingkungan tersebut dengan melihat berbagai iklan jual beli rumah di lokasi yang sama. Kamu juga bisa mengecek Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) di Badan Pertanahan Nasional.

Dengan demikian kamu bisa menerka-nerka. apakah harga yang ditawarkan pengembang sebanding dengan luas hunian yang kamu inginkan. Kamu juga bisa menghubungi agen spesialis properti untuk meminta bantuan apakah tepat membeli properti di lingkungan tersebut dengan harga yang ditawarkan pengembang.

Kamu juga bisa mengeceknya secara online harga rata-rata tanah di sekitar dan harga tanah di lokasi tersebut melalui situs seperti perare menggunakan fitur demo langsung.

9 Tips Membeli Rumah Pertama bagi Pengantin Baru
Contoh hasil cek harga tanah sekitar online di Perare

2. Tentukan Rumah Bekas atau Baru 

Pastikan kamu dan pasangan sudah memahami kelebihan dan kekurangan membeli rumah baru atau rumah bekas. Dan juga memahami risikonya masing-masing, tujuannya agar kamu dan pasangan dapat melakukan perhitungan dan persiapan. Bandingkan budget keduanya dan pilihlah yang paling tepat untuk kamu yah!

Baca Juga : Beli Rumah atau Bangun Rumah?

3. Memahami Skema Cicilan Bulanan

9 Tips Membeli Rumah Pertama bagi Pengantin Baru
Pahami Skema Cicilan yang diberikan!

Kalau kamu membeli rumah dengan KPR, pastikan kamu tidak hanya percaya pada harga yang tertera di iklan pengembang. Kamu harus pastikan biaya cicilan itu sudah termasuk nominal pajak dan asuransi rumah.

Membeli rumah merupakan komitmen besar yang membutuhkan waktu lama, bisa belasan hingga puluhan tahun. Untuk itu, hitunglah secara saksama agar tidak menghadapi kredit macet di tahun-tahun mendatang. Jika kamu belum paham, kamu bisa menggunakan kalkulator simulasi KPR yang sudah Gethome sediakan.

4. Pahami Total Harga Akhir

Memahami seluruh biaya yang harus kamu keluarkan juga merupakan tips membeli rumah pertama yang patut kamu perhatikan. Terkadang developer atau pengembang juga menyertakan bonus dalam rangka promosi pembelian rumah.

Terkadang, developer juga membuka ruang negosiasi untuk potongan harga pembelian rumah. Untuk itu, penting bagi kamu dan pasangan memastikan besaran harga akhir yang harus kamu bayarkan saat deal dengan pengembang.

5. Pahami Risikonya Pembeliannya

Membeli rumah pertama sepaket pula dengan biaya perawatan dan perbaikan yang mungkin dihadapi saat ditempati. Untuk itu, pastikan kamu dan pasangan sudah yakin bahwa rumah yang akan kamu beli ini memiliki “garansi” developer untuk kerusakan-kerusakan tertentu. Kamu juga bisa memastikan bahan-bahan bangunan apa yang dipakai sehingga bisa memastikan kemampuan bangunan tersebut bertahan baik.

6. Siapkan Dokumen Pengajuan KPR

9 Tips Membeli Rumah Pertama bagi Pengantin Baru
Persiapkan Dokumen dengan Matang!

Untuk mengajukan KPR membeli rumah pertama, tentu saja ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan, mulai dari identitas KTP, Kartu Keluarga, slip gaji, serta berbagai dokumen lain yang dibutuhkan. Pastikan kamu tidak memiliki kredit macet sehingga saat BI checking, pengajuan KPR kamu bisa diloloskan dengan mudah.

7. Cari Tahu Reputasi Pengembang

Tips membeli rumah pertama selanjutnya adalah mengetahui siapa pengembangnya dan reputasi yang mereka miliki dalam proyek perumahan. Kamu bisa mencari tahu riwayat pembangunan proyek rumah-rumah sebelumnya, bisa juga bertanya dengan agen properti kepercayaanmu.

Jika kamu ingin mengetahui lebih detail tanpa embel-embel merasa “di-sales-in”, kamu bisa pergi ke perumahan yang sudah kamu targetkan dan bertanya ke penghuni disana. Kamu bisa mendapatkan informasi langsung dari orang-orang yang telah bersentuhan dengan pengembang perumahannya.

Baca Selengkapnya: 4 Cara Cek Legalitas Rumah dan Developer

8. Pastikan Tipe Rumah Idaman

Membeli rumah pertama apalagi pasca menikah, tentu saja harus memperhitungkan banyak hal. Selain alokasi keuangan, kamu dan pasangan juga harus memastikan apakah dengan luas tanah yang dipilih, sudah cukup untuk proses tumbuh kembang anak kedepannya.

Pastikan juga desain dan arsitekturnya yang ramah anak sehingga tidak membahayakan tumbuh kembang anak. Jangan sampai karena kepincut harga murah, kamu terima desain dan arsitektur yang seadanya. Ujung-ujungnya kamu harus merenovasi dengan harga yang justru lebih besar. 

9. Alokasikan Dana untuk Mengisi Rumah

Saat membeli rumah pertama, alokasikan dana untuk mengisi rumah dengan berbagai perabotan rumah tangga dasar, mulai dari kompor, kasur, kulkas, lemari, dan berbagai perabot rumah tangga lainnya. Kalau tidak bisa dilakukan dalam waktu bersamaan, kamu dan pasangan bisa kok mencicil untuk mengisi rumah. Utamakan beli perabot rumah tangga yang paling penting lebih dulu ya!

Sudah Memahami 9 Tips Membeli Rumah Pertama?

Setelah mempertimbangkan berbagai tips di atas, sudah siap membeli rumah pertama untukmu dan pasangan? Dengan mempelajari dan menambah wawasan, kamu bisa lebih berhati-hati dalam pengambilan keputusan penting seperti itu. Kamu juga bisa mengecek daftar harga rumah di Depok, Tangerang, dan Bogor dari Gethome disini. Selamat berburu rumah pertamamu!

You May Also Like