Corten Steel Itu Apa? Ini Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Apa Itu Corten Steel? Ini Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Apa itu corten steel? Membicarakan seputar salah satu material konstruksi, para ahli di bidang sipil dan desain arsitektur pasti sudah tidak asing dengan bahan yang satu ini. Material ini adalah suatu penemuan berharga dalam konteks estetika bangunan. Untuk itu, pengetahuan tentang material tersebut perlu kita sebarkan ke masyarakat awam.

Apa Itu Corten Steel dan Fungsinya

Baja korten atau corten steel adalah material yang terdiri dari besi, tembaga, krom, nikel, dan fosfor yang proses pembentukannya terjadi karena memanfaatkan konsep pelapukan. 

Pelapukan pada baja korten memang terjadi karena unsur kesengajaan yang memiliki tujuan agar terbentuk lapisan pelindung baja pada bagian luarnya. Jadi, baja korten tidak memerlukan proses finishing meskipun dari segi tampilan mirip seperti baja berkarat. 

Walaupun tampilannya seperti besi berkarat, ternyata baja korten memiliki tingkat ketahanan korosi yang lebih tinggi daripada baja jenis lain. Sebab, ketahanannya yang tinggi akan perubahan cuaca, material ini sangat cocok sebagai bahan bangunan di kawasan dengan kondisi cuaca yang tidak stabil.

Tidak heran jika baja korten memiliki eksistensi yang tinggi dalam industri desain konstruksi sipil dan arsitektur. Beberapa fungsi utamanya, bisa Homers jadikan sebagai bahan untuk konstruksi atap, pagar, dinding, dan lantai.

Di samping itu, baja korten juga bisa untuk material pembuatan patung, furniture, dan dekorasi lainnya. 

Jenis-Jenis Corten Steel

Pada umumnya, baja korten dibedakan menjadi dua jenis yaitu:

  • Corten A, memiliki ukuran tebal hingga 12 mm dengan tingkat unsur tembaga dan fosfor yang tinggi. Utamanya diaplikasikan untuk konstruksi jangka panjang seperti untuk pembangunan jembatan, transportasi laut, dan struktur bangunan tingkat tinggi lainnya.
  • Corten B, ukurannya tebal 15 mm hingga 50 mm. Lantaran ukuran yang lebih tebal, material jenis ini lebih cocok untuk bahan konstruksi luar ruangan. Contohnya yaitu pada cerobong asap dan kereta api.

Kelebihan Corten Steel

Kelebihan baja korten daripada jenis baja konvensional lainnya yaitu sebagai berikut:

1. Ketahanan Terhadap Cuaca

Pada poin sebelumnya telah dijelaskan bahwa baja korten memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca serta tahan akan korosi. Hal ini membuatnya pas sebagai bahan bangunan konstruksi outdoor.

2. Perawatannya Mudah

Corten steel adalah material yang awet dan tahan lama. Material ini hanya memerlukan pembersihan dan pengecekan secara berkala. Tujuannya adalah supaya tetap terjaga kualitasnya dan tahu kapan waktunya memberikan tindakan penanganan apabila ada masalah.

3. Nilai Estetika Yang Unik

Tampilannya yang unik membuat baja korten memiliki daya tarik dan keindahan seni tersendiri jika Homers bandingkan dengan jenis material baja yang lain.

4. Material dengan Kekuatan Tinggi

Kandungan elemen yang ada dalam baja korten, memiliki kekuatan yang lebih baik dan berkualitas tinggi jika Homers bandingkan dengan baja konvensional biasa. 

5. Ramah Lingkungan

Material ini termasuk bahan yang ramah lingkungan, sebab bisa didaur ulang untuk difungsikan kembali tanpa ada dampak negatif pada lingkungan. 

Kekurangan Corten Steel

Selain memiliki kelebihan, ternyata ada beberapa kekurangan dari baja korten yang perlu Homers ketahui, yakni:

  • Sensitif terhadap suhu lembab. Apabila baja ini sering terkena air, maka laju korosinya pun akan semakin tinggi.
  • Warnanya yang tidak seragam. Terkadang, proses pelapukan yang terjadi pada baja tersebut memiliki noda karat pada bagian yang berbeda sehingga membuat warnanya kurang selaras.
  • Biaya pembelian material baja korten relatif mahal.

Contoh Penggunaan Corten Steel

Pada kehidupan sehari-hari, penerapan baja korten dapat Homers temukan dengan mudah.

Contoh yang pertama, jika Homers pernah melihat kontainer, ternyata bahan pembuatan kontainer adalah baja korten. Tujuannya dari penggunaan jenis material ini adalah agar umur pemakaiannya lebih panjang.

Selain sebagai bahan pembuat kontainer, baja korten bisa juga untuk membuat pagar rumah dan pot bunga.

Sudah Tahu Apa Itu Corten Steel?

Pengetahuan mengenai bahan dan material konstruksi sangatlah penting bagi Homers yang akan memulai untuk mendirikan sebuah bangunan. Salah satu yang perlu Homers ketahui adalah pengetahuan seputar corten steel atau baja korten.

Setelah membaca artikel di atas, harapannya Homers lebih paham apa itu baja korten dan peruntukannya serta tidak salah pilih dalam menentukan konstruksi material yang tepat untuk menciptakan bangunan impian.

Baca Selengkapnya: 6 Inspirasi Gerbang Rumah Minimalis yang Modern dan Menarik

You May Also Like