6 Inspirasi Gerbang Rumah Minimalis yang Modern dan Menarik

6 Inspirasi Gerbang Rumah Minimalis yang Modern dan Menarik

Gerbang rumah minimalis yang modern dan menarik menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang melihatnya. Tidak hanya berfungsi sebagai pembatas antar rumah atau dengan jalanan, desain gerbang dapat memberikan kesan pada rumah. 

Untuk menghindari kesan suram pada rumah, Homers hendaknya dapat memilih desain gerbang dengan tepat. Salah satunya ialah dengan mendesain gerbang tipe minimalis. 

Beberapa keuntungan dari gerbang minimalis ini di antaranya dapat menghemat biaya pembuatan, tidak mengurangi estetika rumah, serta rumah dapat terlihat secara utuh. 

Inspirasi Desain Gerbang Rumah Minimalis 

Di masa sekarang ini banyak inspirasi desain gerbang minimalis, tetapi tetap memberikan kesan modern dan menarik. Berikut ini beberapa inspirasi desain gerbang rumah untuk Homers

1. Perpaduan Besi Hollow dan Jaring

Pertama, desain gerbang yang memadukan antara besi hollow dan jaring. Besi hollow termasuk salah satu jenis beton berupa batang berongga dengan penampangnya segi empat atau bentuknya lebih mirip seperti pipa dengan versi kotak.

Model minimalis yang dibuat dari besi hollow yang dipadu padankan dengan besi yang berbentuk jaring memberikan kesan sederhana, tetapi tetap modern.  

2. Besi Hollow Dilaser Cut Menyerupai Pola Tertentu 

Masih dengan bahan baku yang sama, menggunakan besi hollow, Homers dapat melaser cut-nya menyerupai pola yang diinginkan. Beberapa pola yang dapat Homers pilih ialah pola daun, bunga, atau abstrak.

Kemudian, Homers dapat memberikan cat yang senada dengan rumah atau warna-warna yang Homers inginkan. 

3. Kombinasi Gerbang dari Tembok dan Kayu 

Salah satu material yang umum untuk membuat gerbang adalah kayu. Perpaduan antara tembok dan kayu akan memberikan kesan natural, elegan, dan kokoh. Kayu yang dapat Homers pilih adalah yang memiliki pola garis, geometri, atau menyesuaikan dengan selera maupun konsep eksterior rumah.

4. Desain Teralis Besi 

Selanjutnya, inspirasi desain gerbang rumah minimalis yang satu ini mungkin sudah pasaran di Indonesia. Apabila rumah Homers merupakan rumah dengan arsitektur klasik, desain gerbang yang satu ini dapat menjadi pilihan. 

Sekedar informasi, biaya pembuatan desain yang satu ini tidak termasuk mahal. Pada umumnya, desain teralis ini menggunakan besi yang disusun berbentuk vertikal dan antara besi satu dengan lainnya saling berenggang. 

5. Model Unik dengan Batu Bata Merah

Apabila ingin memberikan kesan rumah yang nyaman, Homers dapat menggunakan batu bata merah sebagai bahan baku desainnya. Gerbang pada rumah dengan konsep industrial seperti ini sangat cocok jika menggunakan bahan baku batu bata merah. 

Untuk menghindari kesan monoton pada desainnya, Homers dapat menyusun batu bata merah dengan bentuk melingkar, memutar, dan lain sebagainya.

6. Desain Gerbang dengan Batu Alam

Terakhir, Homers dapat mendesain gerbang rumah minimalis dengan batu alam. Batu yang satu ini dapat memberikan kesan sejuk dan alami pada rumah. Homers dapat memakainya dalam bentuk yang masih utuh maupun sudah dipotong-potong. 

Untuk desain gerbang yang menggunakan batu alam ini, bisa memadupadankannya dengan besi atau tembok. Entah Homers susun dengan dicampur adonan semen atau Homers susun lalu diberi jaring besi di bagian luarnya. 

Namun, perlu diketahui salah satu kekurangan membuat gerbang dengan batu alam ini ialah batu alam mudah ditumbuhi lumut, sehingga Homers harus membersihkannya secara berkala. 

Jenis Material untuk Pembuatan Gerbang Minimalis

Pada dasarnya, desain dan material untuk membuat gerbang rumah ini saling berkaitan. Hal ini karena tidak semua desain dapat diterapkan pada seluruh material yang digunakan untuk membuat gerbang.

Beberapa jenis material yang dapat digunakan untuk membuat gerbang minimalis ini yaitu besi, alumunium, uPVC, batu bata, batu alam, dan kayu. Selain itu, jenis kayu yang dapat Homers gunakan di antaranya seperti kayu bilah, damar laut, ulin, jati, dan lain sebagainya.

Mana Gerbang Rumah Minimalis yang Membuat Tertarik?

Memiliki gerbang hunian yang minimalis tentunya akan mendapat banyak keuntungan. Selain pembuatan dan perawatannya yang tidak memerlukan banyak biaya, tentunya keestetikan rumah tetap terjaga. 

Dalam memilih desain dan material untuk gerbang rumah minimalis, sebaiknya Homers perlu memperhatikan gaya rumah, lingkungan sekitar, dan budget yang dimiliki.

Baca Selengkapnya: Mengenal One Gate System Beserta Keuntungannya

You May Also Like