Kaca Rumah: Pengertian, Tips untuk Memilih, dan 10 Jenisnya

Kaca Rumah: Pengertian, Tips untuk Memilih, dan 10 Jenisnya

Sebelum memutuskan kaca rumah yang cocok untuk desain interior hunian, penting untuk mengetahui apa saja jenis-jenisnya. Mari simak artikel berikut sampai selesai untuk mengetahui jenis kaca yang paling umum digunakan untuk desain interior hunian beserta tips memilihnya!

Pengertian Kaca

Kaca merupakan bahan anorganik hasil peleburan beberapa bahan dasar seperti pasir silika, bahan ini kemudian akan melewati proses pendinginan sampai pada tidak adanya kristalisasi. Dalam bidang konstruksi sendiri, ada berbagai macam kaca untuk hunian dengan bahan dasar yang berbeda-beda.

10 Jenis Kaca Rumah

Beberapa macam kaca yang paling populer digunakan untuk material bangunan antara lain adalah sebagai berikut:

1. Kaca Laminasi

Kaca Laminasi

Jenis kaca pertama adalah laminasi. Kaca yang satu ini memiliki tingkat keamanan yang terjamin. Sebab, ketika pecah, pecahan kaca tidak akan berserakan ke segala arah seperti jenis lainnya. Penggunaan jenis kaca laminasi banyak orang terapkan di area balkon, skylight, dan railing tangga.

2. Kaca Cermin (Mirror Glass)

Kaca Cermin (Mirror Glass)

Kaca cermin memiliki satu sisi yang dapat menembus sisi lainnya. Namun, sisi yang lain hanya memantulkan bayangan seperti cermin. Apabila tidak ingin memasang tirai di kaca rumah, maka kaca cermin bisa menjadi pilihan yang tepat. Konsep kaca one way akan membuat privasi Homers tidak akan terganggu.

3. Kaca Bening (Clear Glass)

Kaca Bening (Clear Glass)

Kaca bening merupakan jenis kaca hunian tidak berwarna. Sifat kaca bening adalah bertekstur rata, tidak terdistorsi, dan dapat membiaskan objek di sekitarnya. Kaca bening juga memungkinkan cahaya matahari dengan mudah masuk ke dalam ruangan. 

4. Kaca Berwarna (Tinted Glass)

Kaca Berwarna (Tinted Glass)

Ada pula kaca yang memiliki warna, yaitu kaca berwarna atau tinted glass. Jenis kaca ini memang diberikan pewarna sehingga tidak terlalu tembus pandang. Menariknya, kaca berwarna mampu menahan cahaya matahari hingga 55%. Jadi, suasana ruangan akan tetap terasa sejuk meski di siang hari.

5. Kaca Patri (Stained Glass)

Kaca Patri (Stained Glass)

Adapun jenis yang memiliki pilihan warna beragam, yaitu kaca patri. Kaca ini bisa menjadi pilihan yang tepat apabila Homers ingin membuat desain interior hunian menjadi lebih estetik dan berwarna. Biasanya, kaca patri berupa potongan berukuran kecil dan disusun menggunakan bilah timbal membentuk karya mozaik.

6. Kaca Double Glazing

Kaca Double Glazing

Jenis satu ini setidaknya terdiri dari dua lapisan kaca dengan alumunium di bagian tengahnya. Kaca ini bisa mengurangi panas, sehingga suhu di dalam hunian bisa lebih stabil. Bahkan, kaca ini juga bisa mengurangi kebisingan.

7. Kaca Es (Frosted Glass)

Kaca Es (Frosted Glass)

Jenis kaca rumah selanjutnya adalah kaca es. Kaca es memiliki tekstur tidak rata di salah satu sisinya. Tujuannya untuk memberikan efek dekoratif dan mengurangi intensitas cahaya matahari yang masuk ke rumah. Penggunaannya sangat cocok untuk area shower kamar mandi untuk menjaga privasi.

8. Kaca Sunergy

Kaca Sunergy

Jenis yang satu ini juga bisa mengurangi panas matahari. Pembuatannya sendiri melalui proses vacuum sputtering. Jadi, Homers bisa menggunakan kaca satu ini jika ingin memiliki ruangan dengan suhu lebih sejuk.

9. Kaca Tempered

Kaca Tempered

Ini menjadi salah satu kaca hunian yang memiliki kekuatan sangat tinggi. Kaca ini juga bisa bertahan di tengah terpaan angin yang kuat benturan, hingga temperatur yang tinggi. Oleh karena itu, kaca ini sangat cocok jika Homers gunakan di luar ruangan.

10. Kaca Stopsol

Kaca Stopsol

Terakhir adalah jenis stopsol. Kaca jenis ini juga bisa membuat ruangan lebih sejuk karena dapat memantulkan cahaya matahari. Penggunaanya adalah untuk kaca dinding rumah.

Tips Memilih Kaca Rumah

Berikut beberapa tips untuk memilih kaca untuk desain interior hunian:

1. Pertimbangkan Lokasi Pengaplikasiannya

Langkah pertama yang harus Homers lakukan adalah mempertimbangkan di mana kaca akan ditempatkan. Misalnya, untuk pintu, jendela, shower door, dan lain-lain. Setiap tempat pasti membutuhkan jenis kaca berbeda.

2. Perhatikan Kualitas Kaca

Selanjutnya, Homers perlu memastikan kekuatan dan daya tahan kaca rumah yang optimal. Pastikan Homers memilih kaca dari produsen terpercaya dan dibuktikan dengan adanya sertifikasi kualitas seperti ISO 9001 dan kode standarnya.

3. Gunakan Jasa Profesional

Pemasangan atau instalasi kaca membutuhkan seseorang yang berpengalaman agar posisinya tepat dan aman. Ini juga dapat membantu Homers menghindari kerusakan atau kegagalan struktural yang merugikan.

Sudah Mengenal Jenis-Jenis Kaca Rumah?

Memilih kaca untuk interior hunian impian sangat penting. Oleh sebab itu, pastikan Homers memilih kaca yang sesuai dengan fungsinya di setiap ruangan. Jadi, jenis kaca mana yang ingin Homers gunakan?

Kalau Homers masih bingung mau memilih kaca yang mana, percayakan pada Getart by Gethome. Getart sendiri adalah penyedia jasa desain interior, arsitektur, dan kontraktor interior yang berkualitas. Yuk konsultasi sekarang juga di sini!

Baca Selengkapnya: Skylight: Pengertian, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

You May Also Like