4 Penyebab Kebakaran Rumah yang Sering Diabaikan!

3 Penyebab Kebakaran Rumah yang Sering Dianggap Sepele

Penyebab kebakaran rumah bisa berasal dari berbagai hal yang mungkin cukup sepele bagi kita. Padahal bisa jadi hal tersebutlah yang memicu datangnya si jago merah. Inilah yang wajib untuk kita perhatikan agar lebih berhati-hati kedepannya. 

Kebakaran menjadi musibah dan kejadian yang melenyapkan berbagai barang bahkan sampai nyawa. Beberapa kasus terjadi sampai membuat kebakaran dari satu rumah menyebar ke satu pemukiman. Apabila sudah seperti ini jelas merugikan banyak orang, bukan?

Oleh karena itulah, Minhom akan memberikan pembahasan secara lengkap terkait apa saja yang menjadi penyebab terjadinya kebakaran. Selain sebagai edukasi, penjelasan ini juga bisa menjadi antisipasi Homers dimana dan kapanpun.

Daftar Penyebab Kebakaran Rumah

Silahkan simak secara lengkap beberapa hal yang mungkin bisa menyebabkan rumah kebakaran. Homers bisa mulai memiliki kesadaran akan hal seperti ini demi kenyamanan dan keamanan rumah.

1. Korsleting Kabel yang Rusak

Korsleting Kabel yang Rusak
(Foto: Freepik)

Setiap bangunan pasti menggunakan listrik dan dialirkan menggunakan kabel. Perlu Homers ketahui, kabel bisa saja mengalami kerusakan ketika sudah terpasang dalam waktu yang lama. Ini bisa disebut sebagai aus dan mudah terjadi kerusakan lanjutan.

Sebab itulah ketika nantinya kabel aus tersebut terkena api, kemudian akan menyebabkan korsleting. Percikan api yang muncul dan mengenai benda yang mudah terbakar akan otomatis menimbulkan kebakaran. Perlu diingat bahwasanya konstruksi dan material rumah tidak selamanya tahan api.

Sehingga, alur pemasangan kabel ini harus Homers perhatikan di tempat yang aman. Selain itu, lakukan cek secara berkala pada kabel. Homers bisa segera membenahi jika ada yang mengelupas, sebelum terjadi korsleting atau hal bahaya lainnya.

2. Kebocoran Tabung Gas

Kebocoran Tabung Gas
(Foto: Yayasan Dharma Bhakti Astra)

Penyebab kebakaran rumah selanjutnya adalah terjadinya kebocoran tabung gas. Mayoritas rumah tangga sudah menggunakan tabung gas, maka kemungkinan kebocoran bisa terjadi juga. Ketika memasang pergantian gas dengan sembarangan akan menyebabkan kebocoran.

Gas yang keluar dan menyebar dengan cepat bisa menyebabkan terjadinya kebakaran tersebut. Oleh karena itulah ketika menyadari terjadi kebocoran, lebih baik segera mencabutnya saja dan tidak menyalakan sumber api.

Sekali terjadi pemantik api, maka akan langsung sebabkan kebakaran yang besar. Gas yang menyebar akan lebih mudah membakar semua barang yang ada di dalam rumah tersebut. Akibatnya sangat fatal sekali, silahkan untuk memperhatikan hal ini.

3. Bekas Rokok

Bekas Rokok
(Foto: Freepik)

Pemicu kebakaran rumah juga bisa terjadi karena Homers membuang bekas puntung rokok secara sembarangan. Sisa bara api pada rokok bisa menyulut api pada benda di sekitarnya.

Inilah pentingnya untuk kita tidak membuang sampah sembarangan. Jangan sampai dari puntung rokok tersebut memancing api dan berakhir membesar hingga membakar benda yang mudah terbakar.

Rokok ini lebih baik dimatikan sebelum Homers buang, pastikan sampai bara apinya hilang. Lalu setelahnya Homers menaruhnya ke dalam asbak atau tempat sampah langsung. Ini akan membuat kemungkinan terjadinya kebakaran dari puntung rokok lebih terminimalisir.

4. Cairan yang Mudah Terbakar

Bekas Rokok
(Foto: Freepik)

Penyebab kebakaran rumah juga mungkin terjadi karena adanya cairan yang mudah terbakar. Misalnya seperti bensin, minyak, lem parfum, dan solar. Beberapa cairan yang memiliki kandungan mudah terbakar lebih baik disimpan dengan tepat dan jauh dari jangkauan anak-anak.

Sebab, nantinya hal tersebut mungkin saja bisa membuat kebakaran menjadi lebih besar dan berakhir membahayakan. Perhatikan hal seperti ini sekarang sebagai bentuk pertahanan dan keamanan rumah.

Seringkali bensin yang menetes dan terkena percikan api dapat menyebabkan kebakaran seperti ini. Otomatis hal tersebut akan merembet sampai ke benda yang mudah terbakar. 

Sudah Paham Apa Saja Penyebab Kebakaran Rumah?

Inilah pentingnya mengetahui apa saja penyebab rumah kamu bisa kebakaran. Beberapa orang masih kerap abai akan hal ini. Sekarang, setelah mengetahui hal-hal yang memicu timbulnya api, Homers bisa mulai waspadai sekitarmu. Sebab ketika kebakaran ini sudah melanda secara tiba-tiba, bukan hanya kerugian materi saja, tapi juga bisa menyebabkan nyawa melayang.

Nah, apabila Homers tertarik membaca artikel informatif tentang tips dan rekomendasi rumah, kunjungi blog Gethome saja! Semoga artikel ini bermanfaat ya Homers.

Baca selengkapnya: 6 Manfaat Asuransi Kebakaran Rumah yang Perlu Kamu Ketahui!

You May Also Like