Mengenal Sink Artinya Apa dan Jenis Terbaik untuk Dapur

Mengenal Sink Artinya Apa dan Jenis Terbaik untuk Dapur

Keberadaan sink di dapur sangatlah penting dalam menunjang aktivitas memasak, mencuci bahan makanan, tangan, serta peralatan masak dan makan. Namun, banyak yang belum mengenal lebih jauh tentang sink artinya apa dan tipe-tipenya. Jika Homers penasaran, baca artikel ini sampai selesai, ya!

Apa Artinya Sink?

Sink artinya peralatan rumah tangga berbentuk seperti mangkuk yang berguna untuk mencuci piring atau mencuci tangan dan biasanya terletak di dapur, baik di rumah atau restoran. Sehingga, banyak orang yang juga menyebutnya sebagai kitchen sink.

Dalam bahasa Inggris, sink artinya wastafel. Namun, sink yang dimaksud di sini adalah sink dapur. Ukuran wastafel untuk dapur lebih besar daripada wastafel pada umumnya, di mana terletak di dekat kompor untuk memudahkan Homers mencuci peralatan makan yang kotor atau bahan makanan tertentu.

Fitur Sink

Secara sederhana, fitur sink artinya bagian-bagian yang ada pada tempat cuci. Adapun beberapa bagian yang harus ada dalam sebuah sink adalah:

1. Keran

Fungsi keran adalah untuk menyalakan, mematikan, dan mengatur aliran air yang keluar dari saluran air. Ada banyak jenis kran yaitu keran putar, keran sensor, dan keran yang bisa mengeluarkan air dingin dan panas.

2. Wadah atau Bowl

Biasanya, wadah pada bak cuci ini berbahan dasar stainless steel, keramik, marmer atau granit, dan lainnya. Bentuknya ada yang oval, bulat, maupun persegi. Selain untuk menampung air, wadah bak cuci ini juga menjadi tempat meletakkan dan mencuci peralatan masak atau makan serta mencuci bahan makanan.

3. Saluran Air

Tempat cuci dapur harus memiliki instalasi saluran air yang bersih. Sumber air berasal dari sumur atau perusahaan daerah air minum (PDAM) yang mengalir melalui pipa, yang mana nantinya bermanfaat untuk mencuci peralatan masak atau makan serta mencuci bahan makanan.

4. Lubang Pembuangan (Afur)

Afur pada sink artinya lubang saringan di bawah wadah bak cuci yang berfungsi membuang air kotor atau limbah sisa makanan. Afur terdiri dari lubang pembuangan dan pipa saluran pembuangan.

Tipe-tipe Sink

Ada berbagai macam tipe tempat cuci untuk dapur, antara lain:

1. Berdasarkan Cara Pemasangan

Umumnya, jenis wastafel dapur yang dibedakan dari cara pemasangannya terdiri dari:

a.Top Mount Sink

Tipe wastafel dapur ini diletakkan di atas meja dapur, dengan tepian menumpang di atas meja. Kelebihan dari wastafel top mount adalah:

  • Pemasangannya mudah, tidak perlu keahlian khusus.
  • Biaya relatif terjangkau.
  • Pinggiran meja dapur terhindar dari kerusakan oleh air, karena ada tepi dari tempat cuci.

Hanya saja, keberadaan tepi wastafel membuat kotoran dan air menggenang di tempat tersebut. Selain itu, tipe wastafel ini sering kali memakan tempat meja dapur karena berukuran besar.

b. Undermount Sink

Berbeda dari top mount, pemasangan tipe wastafel dapur ini biasanya tertanam semua di bawah meja. Sehingga, wastafel dapur tidak mempunyai tepian. Adapun kelebihan dari jenis ini adalah:

  • Mudah dibersihkan.
  • Tampilannya lebih rapi.
  • Meja dapur terlihat luas.

Akan tetapi, wastafel dapur tipe undermount memiliki kelemahan, seperti:

  • Perlu keahlian khusus dalam pemasangannya.
  • Harga relatif lebih mahal.
  • Harus menggunakan meja dapur yang kuat.

2. Berdasarkan Desain Mangkuk

Kemudian, jenis wastafel dapur yang dibedakan dari desainnya adalah:

  • Single bowl sink artinya tempat cuci yang hanya mempunyai satu bak cuci. Kelebihannya adalah memiliki kapasitas wadah penampungan cucian besar. Namun, kekurangannya adalah tidak memiliki tempat pengeringan.
  • Double bowl adalah tempat cuci yang mempunyai dua bak cuci dan terdapat sekat di antaranya. Kelebihannya adalah memiliki bak untuk mencuci dan pengering yang terpisah. Hanya saja, baknya lebih kecil, sehingga Homers bisa kesulitan dalam mencuci peralatan yang besar.

3. Berdasarkan Jenis Gaya

Sedangkan jenis wastafel dapur yang dibedakan dari jenis gayanya adalah sebagai berikut:

a. Apron Front Sink

Jenis wastafel apron front memiliki bagian terdepan yang terlihat seperti apron atau celemek. Kelebihan dari tipe wastafel dapur ini adalah:

  • Kapasitas bak cuci besar.
  • Desain unik.
  • Jangkauan ke keran air tidak jauh.

Akan tetapi, biasanya tipe wastafel ini punya harga yang relatif mahal. Selain itu, Homers masih berisiko terkena cipratan air saat menggunakannya.

b. Sink dengan Area Pengering

Kemudian, tipe wastafel dapur ini merujuk pada area tambahan untuk mengeringkan peralatan setelah dicuci. Biasanya berbentuk gelombang di sebelah kanan atau kiri bak cuci.

Kelebihannya adalah multifungsi, di mana ada tempat untuk menaruh piring setelah dicuci. Sehingga, air sisa cucian piring dapat langsung mengalir kembali ke tempat cuci. Namun, kapasitas bak cuci relatif kecil karena keberadaan area pengering.

4. Berdasarkan Bahan Baku

Terakhir, jenis-jenis wastafel dapur yang dibedakan berdasarkan bahan bakunya adalah:

  • Stainless Steel: awet, tahan karat dan panas, serta terkesan mewah.
  • Porselen: material berat, kuat, dan awet.
  • Keramik: terlihat menarik, harga terjangkau, rentan pecah dan bocor.
  • Granit: mewah, mahal, awet, berkualitas tinggi, tahan panas dan goresan.
  • Akrilik: harga murah, rentan tergores benda tajam.

Faktor yang Harus Diperhatikan dari Sink

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memasang sink adalah:

  • Ukuran: ukuran tempat cuci dapur harus sesuai dengan ukuran dapur. Sebaiknya tidak terlalu besar atau kecil. Lebar tempat cuci single sekitar 80 cm, sedangkan jenis double sekitar 120 cm.
  • Ketinggian: ketinggian pemasangan tempat cuci dapur harus sesuai dengan tinggi pemilik atau pemakai. Umumnya, ketinggiannya sekitar 80 cm dari atas lantai.
  • Kedalaman: kedalaman bak cuci umumnya 20-25 cm atau sesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan Homers bisa menaruh peralatan besar yang akan dicuci dengan mudah.
  • Material: Homers bisa memilih material yang cocok dengan kebutuhan dan budget dapur. Kualitas material yang paling bagus yaitu granit atau marmer.
  • Jangkauan dan penyebaran air: tentukan ketinggian pemasangan kran air dan modelnya, karena akan mempengaruhi sebaran air yang keluar. Usahakan tidak sampai membasahi luar tempat cuci.

Sudah Paham Sink Artinya Apa?

Kesimpulannya, menentukan tipe dan faktor sink sangat penting untuk Homers perhatikan, terutama ketika Homers ingin membeli dan memasangnya. Sehingga, tempat cuci yang Homers pilih akan sesuai dengan kebutuhan dapur impian.

Setiap dapur wajib memiliki wastafel agar peralatan masak dan makan, serta bahan makanan akan terjamin kebersihannya. Homers harus rajin membersihkan setiap bagian wastafel karena akan berpengaruh pada kebersihan makanan dan kesehatan orang di sekitar dapur terjaga.

Jika Homers tertarik untuk membaca artikel seputar peralatan rumah tangga, inspirasi desain rumah, hingga dunia konstruksi, yuk segera kunjungi blog Gethome dan temukan wawasan yang lebih luas!

Baca Selengkapnya: Cara Menentukan Ukuran Kitchen Set Ideal untuk Dapur

You May Also Like