Kenali 4 Perbedaan Toren Air Biru dan Oren, Pilih yang Mana?

Kenali 4 Perbedaan Toren Air Biru dan Oren, Pilih yang Mana?

Toren air atau tandon air menjadi salah satu benda yang wajib ada di setiap rumah. Benda yang satu ini kerap dipasang di area atas rumah, seperti di area rooftop atau bagian atas rumah lainnya. Kira-kira apa pengertian toren air serta fungsi dan perbedaan antar jenisnya? Berikut ulasan selengkapnya untuk Homers!

Toren Air itu Apa?

Toren air merupakan salah satu benda yang memiliki bentuk seperti botol minum, tetapi dengan versi jumbo. Fungsi dari toren yaitu sebagai wadah untuk menampung air dengan tujuan mencegah kekurangan air. Terdapat banyak jenis toren air apabila dilihat dari jenis bahan, bentuk, hingga warna yang dimilikinya.

Umumnya warna toren yang banyak dijual di toko-toko bangunan ialah biru dan oren. Namun, nyatanya toren warna biru ini lebih diminati dibandingkan dengan toren oren. Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Apakah Ada Perbedaan antara Toren Air Biru dan Oren?

Menurut beberapa referensi, terdapat perbedaan antara toren air biru dan oren. Perbedaan ini dapat memengaruhi kualitas air yang ditampung di dalamnya. Apa saja perbedaan tersebut? Berikut ulasannya!

1. Memengaruhi Pertumbuhan Lumut

Perbedaan pertama ialah warna toren dapat memengaruhi pertumbuhan lumut di dalamnya. Aspek warna ternyata dapat memengaruhi daya tembus toren terhadap cahaya dan ketahanannya terhadap pertumbuhan lumut.

Semakin terang warna torennya, semakin rentan pula benda ini terkena paparan sinar matahari yang lebih mudah dalam menembus dindingnya. Pertemuan antara air dan cahaya matahari inilah yang menyebabkan pertumbuhan lumut di dalam toren semakin cepat.

Oleh karena itu, dalam jangka waktu yang sama, toren oren biasanya lebih cepat muncul lumut daripada toren biru. Namun, bagi yang sudah terlanjur memiliki toren oren, hal ini dapat Homers siasati dengan meletakkan toren di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Untuk toren biru aman-aman saja apabila ingin Homers pasang di dalam maupun di luar rumah.

2. Intensitas Perawatan Tandon Air

Seperti pada penjelasan perbedaan toren air biru dan oren di poin pertama, tandon yang memiliki warna cerah akan mempermudah cahaya matahari masuk ke dalamnya. Hal ini tidak hanya memengaruhi pertumbuhan lumut, tetapi juga bakteri.

Oleh karena itu, perawatan tandon air warna oren sebaiknya Homers lakukan lebih sering untuk mencegah air menjadi tidak bersih, tercampur dengan lumut, dan sebagai sarang pertumbuhan bakteri.

Salah satu hal yang dapat Homers lakukan apabila sudah terlanjur membeli toren oren adalah dengan mengecatnya menggunakan warna cat warna gelap. Hal ini bertujuan meredam paparan sinar UV.

Namun, perlu Homers ketahui bahwa seiring berjalannya waktu cat ini akan mengelupas dengan sendirinya, sehingga Homers harus mengecatnya kembali secara berkala.

3. Kualitas dari Toren Biru dan Oren

Apabila Homers bandingkan secara kualitas, sebenarnya mutu kedua warna toren ini sama saja. Kemampuan toren dalam menampung air serta kekuatan dinding terkena benturan tergantung dari tipe dan ketebalan tandon yang Homers pilih.

Tandon air yang ada di Indonesia sangatlah beragam tipe dan mereknya. Secara kualitas pun Homers dapat menemukan kualitas tandon air yang beragam.

4. Harga dari Toren Biru dan Oren

Perbedaan antara toren air biru dan oren yang terakhir ialah mengenai harga dari keduanya. Nyatanya, harga dari kedua warna toren ini tidak memiliki perbedaan yang cukup jauh. 

Hal ini kembali lagi pada merek, tipe, dan kualitas toren. Semakin bagus kualitas toren, maka semakin mahal pula harga dari wadah penampung air tersebut. 

Jadi, Sebaiknya Pilih Toren Air Biru atau Oren?

Melalui ulasan di atas mengenai perbedaan toren biru dan oren, dapat disimpulkan bahwa toren warna biru lebih banyak memiliki keuntungan.

Toren dengan warna gelap cenderung tidak mudah kemasukan sinar matahari, sehingga dapat menghambat pertumbuhan lumut dan bakteri serta menghemat waktu untuk membersihkan dan melakukan pengecatan.

Namun, apabila Homers sangat menginginkan untuk memiliki toren oren, Homers harus memperhatikan perawatan toren ini, seperti dapat meletakkannya di tempat tertutup, mengecat, dan melakukan pembersihan secara berkala.

Temukan informasi lainnya sputar kebutuhan rumah tangga hanya di blog Gethome, semoga bermanfaat!

Baca Selengkapnya: 5 Posisi Tandon Air Rumah Minimalis yang Tepat

You May Also Like