Rooftop Adalah: Ini Pengertian Fungsi, Jenis, dan Bahannya!

Apa Itu Rooftop? Ini Pengertian Fungsi, Jenis, dan Bahannya!

Sudah tidak asing lagi dengan istilah rooftop, bukan? Rooftop adalah salah satu bagian yang terletak di sisi teratas sebuah bangunan. Selain berfungsi untuk menutup bangunan dari panas dan hujan, atap ini juga punya banyak fungsi lainnya. Apa saja? Dapatkan informasi selengkapnya dengan membaca artikel ini!

Pengertian Rooftop?

Atap datar atau rooftop adalah penutup bangunan yang kini pemanfaatannya jauh lebih kreatif. Bagian paling atas bangunan ini menjadi satu elemen penting pada sebuah hunian dan tak luput dari perhatian ketika membuat desain. 

Di era arsitektur modern minimalis, atap datar tidak hanya berfungsi sebagai atap, tetapi juga sebagai ruang tambahan yang bermanfaat untuk berbagai keperluan. Atap jenis ini benar-benar mengatasi masalah sempitnya lahan pemukiman.

Fungsi Rooftop

Fungsi utama rooftop adalah melindungi bangunan dari panasnya matahari dan air hujan. Di samping itu, Homers bisa mengubahnya menjadi lebih fungsional, berikut beberapa inspirasinya:

1. Tempat Bersantai Outdoor

Atap datar dapat Homers manfaatkan sebagai ruang santai outdoor yang multifungsi. Gunakan perabotan fleksibel seperti sofa, kursi malas, dan bean bags untuk menghadirkan kesan yang lebih nyaman.

2. Area Olahraga

Opsi lainnya, Homers bisa menjadikan atap datar sebagai lapangan olahraga terbuka. Olahraga seperti senam, aerobik, dan yoga dapat Homers lakukan di sini. 

Berolahraga di atap lebih menyenangkan karena lokasinya yang luas, datar, dan memberikan udara segar. Pemanfaatan atap rumah seperti ini sangat cocok bagi Homers yang sangat peduli dengan kesehatan. 

3. Kolam Renang

Punya dana lebih? Homers juga dapat menyulap rooftop menjadi area kolam renang. Tidak ada salahnya untuk menyontek konsep infinity pool seperti di hotel-hotel mewah, bukan?

Namun, ada hal penting yang harus Homers perhatikan ketika berencana membuat kolam di atap rumah. Struktur dan perawatannya harus dilakukan dengan sangat cermat untuk menghindari risiko rembes maupun bocor. Jika dibangun secara asal, ada risiko kegagalan struktur yang dapat membahayakan penghuni rumah.

4. Taman atau Kebun

Meski lahan yang ada di rumah terbatas, Homers tetap bisa menyalurkan hobi berkebun dengan memanfaatkan area atap. Untuk membuat atap, Homers bisa menggunakan dak beton yang dilapisi waterproofing untuk menyerap air.

5. Lokasi Penyimpanan Utilitas Rumah

Terakhir, fungsi bagian paling atas rumah ini adalah sebagai ruang penyimpanan utilitas rumah. Contohnya seperti unit outdoor air conditioner (AC), tandon air, atau panel surya. 

Jenis Rooftop

Tahukah Homers bahwa atap datar ada banyak jenisnya? Berikut ini adalah beberapa jenis atap datar berdasarkan gayanya:

1. Rooftop Minimalis

Desain minimalis cocok untuk rumah dengan lahan terbatas. Didominasi warna netral seperti putih dan abu-abu, menggunakan furniture sederhana seperti kursi dan meja kecil untuk santai.

2. Rooftop Bergaya Kayu

Material kayu memberikan kesan hangat. Apalagi pencahayaan kuning menambah keindahan. Homers bisa memberikan sentuhan tanaman hias serta kerikil putih untuk mempermanis tampilan.

3. Rooftop dengan Ayunan

Desain favorit dengan ayunan sangat cocok untuk bersantai dan menikmati angin semilir. Suasananya nyaman dan terkesan menyenangkan, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

4. Rooftop Ala Resort

Mengusung desain mewah ala resort, seperti Santorini, dengan kolam kecil dan kursi pantai. Konsep ini memberikan atmosfer liburan seolah-olah setiap saat berada di tempat eksklusif.

Bahan Rooftop

Selanjutnya, mari pahami material atau bahan yang dapat Homers gunakan untuk membuat sebuah atap datar yang kokoh dan fungsional.

1. Kayu untuk Lantai

Rekomendasi material terbaik untuk lantai atap adalah kayu, khususnya jenis wood decking. Kayu jenis tersebut dibuat khusus untuk penggunaan outdoor sehingga lebih tahan terhadap terpaan perubahan cuaca serta suhu udara.

Homers bisa memilih beberapa jenis kayu yang terkenal dengan daya tahannya seperti keruing, merbau, ulin, dan bengkirai.

2. Unplasticized Poly Vinyl Chloride atau UPVC untuk Atap

Kalau wood decking sangat cocok untuk lantai, maka material terbaik untuk atap rooftop adalah UPVC. Material ini punya kualitas dan daya tahan yang sangat bagus dan harganya cenderung lebih murah.

Kemampuannya meredam panasnya tidak perlu Homers ragukan lagi. Sementara saat hujan, bahan UPVC juga tidak akan menimbulkan suara yang nyaring.

Sudah Yakin untuk Membangun Rooftop di Rumah?

Rooftop adalah bagian penting pada rumah yang perlu Homers bangun. Pasalnya, ada banyak fungsi dan manfaat yang bisa Homers dapatkan dengan memanfaatkan ruangan di bagian atap ini. 

Namun, jangan lupa untuk merancang desain dengan cermat, memilih bahan-bahan terbaik, serta melakukan pembangunan sesuai dengan standar konstruksi agar rooftop dapat berfungsi secara optimal.

Cari tahu artikel seputar konstruksi, arsitektur, dan informasi-informasi terupdate lainnya hanya di blog Gethome. Semoga bermanfaat!

Baca Selengkapnya: 7 Manfaat Rooftop Rumah yang Wajib Kamu Tahu!

Apa Itu Rooftop? Ini Pengertian Fungsi, Jenis, dan Bahannya!
Next Post

No more post

You May Also Like