Tak Perlu Mewah, Ini Cara Hemat Biaya Lamaran Sederhana

Tak Perlu Mewah, Ini Cara Hemat Biaya Lamaran Sederhana

Bagi kamu dan pasangan yang sedang mempersiapkan diri untuk serius ke jenjang selanjutnya, biasanya terbentur dengan impian melaksanakan lamaran dan pernikahan yang mewah. Padahal untuk menciptakan momen yang tak terlupakan, kamu tidak harus mengeluarkan uang yang banyak. Kamu bisa melaksanakan acara lamaran yang sederhana, tetapi berkesan bagi pasanganmu dan banyak orang. 

Di Indonesia sendiri sebenarnya tidak ada acara khusus untuk la maran kecuali pertemuan keluarga inti saja. Baru akhir-akhir ini saja ada acara lamaran yang terkesan mewah dengan venue dan event organizer yang mahal. Bahkan terkadang dilengkapi dengan dekorasi, foto, dan video yang estetik, hingga seserahan pernikahan yang dikemas sangat cantik. 

Kalau kamu bersikeras ingin merayakan momen lamaran kamu dengan meriah, tetapi dengan harga yang murah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan diurus sebaik-baiknya. Oh ya, diskusikan juga dengan pasanganmu ya mengenai siapa yang akan menanggung biayanya dan berapa kira-kira pembagian dananya jika ingin ditanggung oleh kalian berdua. 

Ini Cara Hemat Biaya Lamaran

1. Pilih tempat lamaran di rumah

Alih-alih menyewa hotel atau restoran untuk acara lamaran ini, kamu bisa melakukan acara lamaran di rumah calon pengantin perempuan. Kamu jadi tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa Gedung yang mahal itu. Kamu bisa mengalihkannya untuk melakukan dekorasi sederhana tetapi cantik pada bagian ruang tamu atau teras tempat lamaran akan berlangsung. 

2. Pakai dekorasi sederhana yang cantik

biaya lamaran: dekorasi sederhana

Agar tidak terlihat terlalu polos, tidak ada salahnya kamu mempertimbangkan adanya dekorasi sederhana, bisa berupa backdrop atau rangkaian bunga artifisial sebagai latarnya. Kamu juga bisa menambah meja dan kursi untuk keluarga inti di acara tersebut. 

Baca Juga : Baru Menikah? Begini 9 Tips Mudah Beli Rumah Pertama

3. Gunakan batik sarimbit

Agar tetap terlihat anggun dan elegan, tetapi dengan biaya yang tidak selangit, kamu  bisa menggunakan batik sarimbit pada acara lamaran kamu. Meski terkesan sederhana, apabila kamu mampu memilih motif dan warna batik yang tepat, aura kebahagiaan kamu dan pasangan akan tetap terpancar loh!

4. Pilih katering yang sesuai

biaya lamaran: pilih ketring yang sesuai

Acara lamaran seharusnya tidak perlu mengundang banyak tamu. Kamu hanya perlu mengumpulkan keluarga inti dari kedua belah pihak. Agar tidak terlalu banyak mengeluarkan uang untuk makanan-makanan yang tidak termakan, kamu bisa pesan katering dengan biaya yang sederhana per paketnya.

5. Fotografer terjangkau

Tidak perlu meng-hire fotografer profesional yang harganya selangit, kamu bisa meminta tolong temanmu untuk menjadi fotografer dan memberinya uang setelah acara berlangsung sebagai ucapan terima kasih. Kamu juga bisa memilih fotografer yang menawarkan biaya terjangkau agar tidak over budget.

6. Cincin lamaran dan pernikahan

biaya lamaran: cincin lamaran dan pernikahan

Kamu bisa menggunakan cincin lamaran yang sama seperti nanti akan digunakan pada cincin pernikahan. Agar lebih murah, pastikan calon pengantin perempuan mengenakan cincin emas, tetapi calon pengantin laki-laki menggunakan perak atau titanium saja. 

7. Hantaran lamaran

Hantaran lamaran biasanya tidak seheboh pada hantaran pernikahan. Kamu bisa menyiapkan makanan dan buah-buahan sebagai hantaran lamaran yang sederhana. Pastikan kamu membungkusnya dengan rapi agar terlihat cantik yah!

You May Also Like