Wajib Tahu! Inilah 10 Ciri Rumah Sehat yang Harus Ada

Wajib Tahu! Inilah 10 Ciri Rumah Sehat yang Harus Ada

Rumah bukanlah sekadar tempat tinggal, melainkan sebagai tempat berlindung dan menenangkan diri. Terlebih dari itu, kenyamanan bisa Homers dapatkan dengan memiliki rumah sehat. Gulirkan layar ke bawah untuk eksplorasi makna dan ciri rumah sehat. Apakah rumah Homers sudah memenuhi semua kriterianya?

Apa Itu Rumah Sehat?

Sesungguhnya setiap orang pasti mendambakan hunian yang nyaman. Di samping memberikan kenyamanan, memiliki rumah yang bersih dapat menjaga kesehatan tubuh. Dalam mewujudkan gaya hidup sehat, tempat tinggal harus memenuhi persyaratan rumah sehat.

Hal pertama yang wajib dipahami adalah pengertian dari rumah sehat itu sendiri. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mendefinisikan rumah sehat sebagai tempat berlindung atau bernaung, dan tempat untuk beristirahat. Dengan demikian, rumah yang sehat akan menumbuhkan kehidupan yang sempurna, baik fisik, rohani, dan sosial.

Lingkungan rumah yang sehat dapat membantu mencegah timbulnya penyakit, meningkatkan produktivitas, dan memperbaiki kualitas hidup. Lantas, apa saja yang menjadi acuan ciri-ciri rumah sehat? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Ciri Rumah Sehat

Sudah paham dengan definisinya? Selanjutnya, mari pahami kriteria rumah yang termasuk dalam kategori sehat. Inilah 10 ciri-ciri rumah yang sehat untuk menjadi hunian.

1. Ventilasi dan Sirkulasi Udara Baik

Pertama, rumah yang sehat wajib memiliki ventilasi yang cukup. Ventilasi berfungsi mengatur pemasukan dan pembuangan udara dalam rumah. Sirkulasi udara yang lancar mencegah terjadinya penumpukan polutan, sebab terjadi pertukaran udara setiap hari.

2. Pencahayaan Maksimal

Selanjutnya, posisi rumah yang sesuai dengan arah matahari dapat membuat cahaya masuk secara maksimal. Paparan sinar matahari ke dalam rumah mampu meningkatkan daya tahan tubuh penghuni rumah. Lebih dari itu, pencahayaan alami bisa menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab penyakit.

3. Akses Sumber Air Bersih dan Sanitasi

Ciri rumah sehat berikutnya adalah memiliki akses sumber air bersih yang terjangkau. Sebagai contoh, kebutuhan air bersih sehari-hari dapat berasal dari sumur, perusahaan air minum (PAM), atau mata air. Sanitasi yang memadai memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya penyebaran virus penyakit.

4. Saluran Pembuangan Air Lancar

Faktanya, saluran pembuangan air yang tersumbat meningkatkan risiko timbulnya berbagai penyakit. Genangan air menjadi tempat berkembang biak nyamuk dan serangga. Sementara bau yang tidak sedap menyebabkan gangguan pernapasan dan penyakit pencernaan.

5. Rumah Kering dan Tidak Lembap

Kondisi rumah yang kering termasuk dalam ciri rumah sehat. Udara lembap berpotensi meningkatkan pertumbuhan jamur dan bakteri penyebab infeksi saluran pernapasan. Sejalan dengan itu, upaya pencegahannya dapat dilakukan dengan membuat ventilasi dalam rumah.

6. Dapur Bersih adalah Ciri Rumah Sehat

Pada umumnya, menjaga kebersihan dapur merupakan ciri-ciri rumah sehat. Setelah menggunakan dapur, harus segera membersihkannya agar tetap higienis. Kondisi dapur yang kotor dapat memicu penyebaran bakteri dan kuman pada makanan.

7. Bebas dari Debu dan Kotoran

Rumah yang sehat tentunya bersih dari debu dan kotoran. Harus diingat bahwa penumpukan debu dan kotoran dapat memicu permasalahan pernapasan seperti alergi atau asma. Oleh karena itu, rumah perlu dibersihkan setiap hari agar kotoran dan debu yang menempel segera hilang.

8. Bebas dari Hama

Tikus, kecoa, dan serangga merupakan hama rumah yang berisiko membawa penyakit kulit. Padahal, ciri rumah sehat adalah terbebas dari gangguan hama. Pencegahan hama dapat dilakukan dengan mengosongkan tempat sampah secara teratur. Apabila sulit diatasi, bisa meminta bantuan profesional untuk membasminya.

9. Pengelolaan Sampah Baik

Ciri rumah sehat berikutnya yaitu memiliki sistem pengelolaan sampah rumah tangga yang baik. Penting untuk disadari, sampah dapur yang dibuang sembarangan dapat menjadi sumber penyakit dan pencemaran lingkungan. Menjaga kebersihan tempat sampah juga perlu diperhatikan agar nyamuk dan lalat tidak berkembang biak.

10. Terdapat Halaman dan Pohon

Kehadiran pohon di halaman rumah menjadi ciri hunian sehat yang terakhir. Pohon membantu menyerap polutan sehingga meningkatkan kualitas udara yang masuk ke rumah. Selain itu, adanya halaman dan pohon di sekeliling rumah mampu menciptakan suasana rumah yang asri.

Sudah Tahu Ciri Rumah Sehat?

Itulah 10 ciri-ciri rumah sehat yang perlu diketahui. Pada intinya, menciptakan rumah yang sehat dapat menjaga kesehatan diri dan keluarga dari berbagai penyakit. Oleh karenanya, menjaga kebersihan rumah merupakan kewajiban bagi setiap orang.

Baca Selengkapnya: 8 Cara Menanam Pohon di Sekitar Rumah agar Semakin Asri

You May Also Like