8 Cara Menanam Pohon di Sekitar Rumah agar Semakin Asri

8 Cara Menanam Pohon di Sekitar Rumah agar Semakin Asri

Bagaimana perasaan Anda saat mengunjungi tempat yang penuh dengan pohon hijau? Tentu hawa sekeliling Anda terasa dingin dan menyejukkan, bukan? Ya, itu hanya salah satu manfaat dari kehadiran pohon. Sekarang, bagaimana jika Anda juga mulai menanam pohon di sekitar rumah agar lingkungan semakin asri?

Lingkungan yang terasa sejuk karena kehadiran pohon tidak sulit untuk Anda ciptakan. Anda hanya perlu dedikasi tinggi dalam melakukan aktivitas positif tersebut. Apalagi, manfaat pohon di sekitar rumah cukup banyak. Artikel ini menyajikan penjelasannya.

4 Manfaat Menanam Pohon di Sekitar Rumah

Berikut adalah 4 manfaat utama menanam pepohonan di lingkungan sekitar rumah, yaitu:

1. Mencegah Polusi Udara 

Memiliki rumah yang terletak dekat jalan raya dapat membuat Anda makin sering menghirup udara tidak sehat. Namun, Anda bisa mencegahnya dengan menanam pohon.

Menanam pepohonan di sekitar rumah bisa mengurangi tingkat pencemaran yang disebabkan oleh asap kendaraan bermotor. Sebab, pohon mampu menyerap karbon dioksida, sehingga dapat menghasilkan udara yang bersih untuk Anda.

2. Mengurangi Potensi Paparan Sinar UV

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki paparan sinar matahari melimpah. Akibatnya, potensi masyarakat terkena paparan sinar UV semakin tinggi. 

Oleh karena itu, penanaman pohon secara masif dapat mengurangi dampak buruk tersebut. Setidaknya, Anda bisa memulainya di lingkungan sekitar terlebih dahulu.

Dengan menanam pohon di sekitar rumah, harapannya Anda bisa mengurangi risiko terjadinya kanker kulit, setidaknya bagi Anda dan keluarga Anda terlebih dahulu.

Apabila Anda bisa menularkan kebiasaan positif ini kepada orang-orang sekitar Anda, itu akan lebih baik lagi.

3. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Manfaat yang satu ini mungkin jarang Anda ketahui. Namun, ini benar adanya. Sebuah penelitian menyatakan bahwa sering berada dekat alam mampu meningkatkan fungsi kognitif. Terlebih, manfaat ini dapat terjadi secara signifikan pada anak-anak.

Selain itu, berada di taman penuh tumbuhan hijau dan pohon terbukti mengurangi stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan energi. 

Dengan memiliki rumah yang di sekelilingnya banyak pohon, Anda pun tidak perlu pergi jauh-jauh seperti Kebun Raya untuk mendapatkan manfaat baik ini.

4. Anti Bising

Menanam pepohonan di sekeliling rumah juga dapat mencegah kebisingan. Jadi Anda bisa mengaplikasikan penanaman pohon untuk menciptakan kedamaian di sekitar rumah. Apalagi, sudah banyak testimoni dari sejumlah pemilik rumah yang menerapkan cara ini. 

Dengan pohon pencegah bising ini, Anda bisa leluasa menikmati keindahan rumah Anda yang rindang di halaman. Anda tidak lagi perlu menutup pintu pada siang hari, sebab tak akan ada lagi suara bising yang bisa mengganggu kedamaian Anda.

8 Cara Menanam Pohon di Sekitar Rumah

Setelah mengetahui 4 manfaat menanam pohon di sekitar rumah yang luar biasa tersebut, Anda tidak perlu ragu lagi. Mari segera pelajari 8 cara menanam pohon di sekitar rumah dengan mudah berikut ini.

  1. Sebagai langkah awal, Anda perlu mengeluarkan bibit dari pot atau polybag. Ambil sekop dan lubangi tanah yang akan Anda tanami dengan pohon.
  2. Buatlah lubang berukuran dua kali lebih besar dari akar bibit. Jangan lupa buat lubang 10 sentimeter lebih dalam.
  3. Tambahkan kompos dan pupuk kandang pada tanah sisa galian, kemudian campurlah hingga merata.
  4. Rapikan akar bibit pohon yang akan Anda tanam. Caranya, potong bagian akar yang rusak.
  5. Lalu, buatlah bibit berdiri di bagian tengah lubang yang telah Anda siapkan. Kemudian tutup lubang menggunakan tanah yang telah tercampur pupuk kompos.
  6. Apabila sudah tertutup rata, taburkan pupuk kandang kembali di atas permukaan tanah. Berikan air secara perlahan.
  7. Tambahkan mulsa organik pada kompos bagian atas. Tepuk-tepuk tanahnya dengan kuat, lalu siram kembali supaya mulsa menjadi basah.
  8. Terakhir, awasi secara berkala pertumbuhan pohon selama beberapa bulan. Ingatlah untuk terus memberikan air secara rutin.

Tertarik untuk Menanam Pohon di Sekitar Rumah?

Menanam pohon di sekitar rumah bisa menciptakan lingkungan yang asri dan segar. Jangan lupa juga untuk memberikan perawatan maksimal, saat Anda telah menanam pohon. Dengan perawatan yang baik, pohon yang Anda tanam bisa terus tumbuh. Lebih dari itu, dapat memberikan manfaat terbaik untuk lingkungan rumah.

Baca Selengkapnya: 8 Manfaat Menanam Pohon di Sekitar Rumah, Udara Makin Segar!

You May Also Like