4 Alasan Paving Block menjadi Pilihan Terbaik untuk Jalan di Perumahan

4 Alasan Paving Block menjadi Pilihan Terbaik untuk Jalan di Perumahan

Paving block dikenal sebagai bahan bangunan yang digunakan untuk membuat jalan atau lantai di luar rumah. Paving block dibuat dari bahan keras seperti beton atau granit, yang dibentuk dalam berbagai ukuran dan bentuk. 

Paving block digunakan untuk memberikan tampilan estetis dan membuat jalan atau lantai lebih tahan lama. Paving block dapat digunakan di berbagai area seperti jalan, taman, area parkir, dan lantai dalam atau luar rumah. 

Bukan tanpa alasan sebagai developer kami memilih paving block sebagai bahan utama dalam pembuatan jalan di kompleks perumahan yang dibangun. Berikut adalah 4 Alasan Paving Block menjadi Pilihan Terbaik untuk Jalan di Perumahan.

Kenapa Harus Paving Block

1. Daya topang kuat

Paving block terbuat dari beton K300, yang berarti tiap 1 cm persegi mampu menahan beban hingga 300 kg. Untuk bisa menutupi 1 meter persegi jalan, dibutuhkan 25 paving block.

2. Daya serap air tinggi

Pada pemasangan paving block, antara komponen yang satu dengan yang lain akan terdapat celah atau regangan sehingga menyerupai pori-pori yang mampu menyerap air. Kemampuan resapan air yang tinggi ini mampu mencegah banjir karena air hujan yang turun di atasnya, bisa langsung terserap menuju tanah. 

Untuk efek jangka panjang, paving blocks akan memudahkan kompleks perumahan mendapatkan sumber cadangan air yang banyak sehingga sumur tidak mudah kering. 

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Atap Solartuff Untuk Rumah Modern

3. Perbaikan lebih efisien dan biaya lebih murah

Kalau ada kerusakan pada area tertentu, perbaikan tidak perlu dilakukan secara menyeluruh. Hanya perlu dilakukan perbaikan pada area yang mengalami kerusakan saja. Dengan demikian, biaya perbaikan akan menjadi lebih murah menginagat paving block merupakan komponen yang tersusun. 

Oleh karena itu, apabila ada kerusakan, yang perlu diganti hanya paving block yang rusak saja, tidak butuh hingga ribuan paving blok. 

4. Bisa divariasikan motif dan warna

Paving block terdiri dari beragam bentuk, motif, dan warna. Untuk menambah nilai estetika, pemasangan paving blok di jalan utama, bisa berbeda dengan pemasangan paving block pada area halaman. Warna-warna mencolok bisa diletakkan pada pemasangan paving block di area halaman atau taman sehingga dapat memberikan kesan yang menarik di area yang digunakan.

Cara Pemasangan Paving Block

Cara Pemasangan Paving Block

Untuk memasang paving block pada jalan perumahan, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Persiapkan area jalan yang akan dibentuk dengan paving block. Pastikan bahwa lokasi sudah dikosongkan dari tanaman atau benda lainnya yang dapat menghalangi pemasangan.
  2. Buatlah garis pembatas untuk membuat batas jalan yang diinginkan.
  3. Siapkan bahan yang dibutuhkan, seperti pasir, kerikil, semen, dan paving block.
  4. Buat fondasi dasar dengan mencampur pasir dan kerikil dalam perbandingan yang sesuai. Letakkan campuran ini di area yang telah ditentukan sebagai jalan dan ratakan dengan peralatan yang sesuai.
  5. Buat kerangka dari semen untuk menahan paving block.
  6. Pasang paving block di atas kerangka semen dengan mengikuti desain yang diinginkan. Pastikan paving block terpasang rapat dan rata.
  7. Isi celah-celah di antara paving block dengan pasir dan kerikil yang telah dicampur.
  8. Ratakan permukaan jalan dengan menggunakan peralatan yang sesuai.
  9. Bersihkan area jalan dari sisa-sisa bahan dan kerikil.

Perlu diingat, bahwa pemasangan paving block harus dilakukan dengan benar dan tepat agar dapat digunakan dengan lancar dan lama. Sebaiknya jika memungkinkan dilakukan oleh tenaga yang berpengalaman dalam hal ini sehingga mendapatkan keuntungan yang optimal.

You May Also Like