Bikin Udara Lebih Segar, Ini 8 Manfaat Menanam Pohon di Sekitar Rumah

Bikin Udara Lebih Segar, Ini 8 Manfaat Menanam Pohon di Sekitar Rumah!

Menurut data yang didapatkan dari Forest Watch Indonesia (FWI), angka deforestasi di Indonesia mengalami kenaikan dari sebelumnya 1,1 juta hektar per tahun pada tahun 2008—2013 menjadi 1,47 juta hektar per tahun pada periode 2013—2017. Angka tersebut memang angka deforestasi di hutan tropis milik Indonesia. Meski begitu, kita pun bisa melakukan upaya kecil guna meningkatkan kualitas udara yang dimiliki di sekitar rumah dengan cara menanam pohon. 

8 Manfaat Menanam Pohon di Sekitar Rumah

1. Membuat udara lebih segar

Menanam pohon di sekitar rumah kita mampu membuat udara di sekitar rumah lebih segar lantaran pohon tersebut mampu menyerap gas gas beracun dan polusi di sekitar rumah. 

2. Menaikkan harga properti

Siapa yang menyangka jika rumah yang memiliki pohon di halamannya, dapat meningkatkan harga taksir hingga 15 persen. Angka ini bukan angka sembarangan, melainkan angka studi yang sudah dihimpun dari berbagai macam sumber.

3. Memberi nilai estetik

Menanam pohon di sekitar rumah memberi nilai estetik

Kehadiran pohon mampu membuat rumah tersebut bernilai lebih indah, rimbun, dan estetik. Apalagi jika menanam pohon tertentu yang memiliki nilai keindahan lebih seperti cemara, palem, kembang sepatu, kemboja, hingga pinus.

4. Mampu menyerap air hujan sekitar rumah

Pohon yang ditanam di halaman rumah memiliki kemampuan menyerap air hujan dan mengikat air melalui akarnya. Fungsinya mengikat air ini adalah mencegah banjir di sekitar lingkungan rumah.

5. Mampu menekan pengeluaran listrik

Berdasarkan hasil studi yang dihasilkan oleh Arbor Day Foundation, pohon di sekitar rumah mampu mengurangi penggunaan AC sampai 30 persen loh! Tentu saja angka ini bisa menghemat konsumsi listrik di rumahmu yang sebagian besar karena penggunaan AC. Adanya pohon membuat rumah lebih sejuk, teduh, dan rimbun sehingga tidak terlalu panas.

Baca Juga : 17 Olahraga Ringan di Rumah, Wajib Coba Biar Badan Sehat

6. Mengurangi paparan sinar matahari

Indonesia sebagai negara khatulistiwa selalu diguyur sinar matahari sepanjang tahun sehingga meningkatkan risiko kanker kulit. Adanya pohon di sekitar rumah bisa mengurangi paparan sinar matahari (UV) sampai 50 persen sehingga risiko terkena kanker kulit pun berkurang.

7. Mencegah erosi

Adanya pohon di sekitar rumah selain mengikat air dan mencegah banjir adalah menahan tekanan air saat hujan lebat. Kemampuan pohon menahan tekanan air ini bisa meminimalisasi kemungkinan erosi atau longsor, apalagi jika rumah kamu berada di pinggir kali.

8. Menghasilkan oksigen

Pohon mampu menghasilkan oksigen senilai 1.174.000 rupiah per hari loh. Menguntungkan sekali bukan mampu menghirup oksigen yang mahal tersebut melalui menanam pohon di rumah?

You May Also Like