Aggregator Adalah: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Aggregator Adalah: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Aggregator adalah istilah yang jarang berdiri sendiri karena pengertiannya dapat berubah sesuai dengan konteksnya. Secara luas, jasa atau layanan ini merupakan pendukung pengguna atau bisnis lain yang memakai jasanya. Ingin tahu lebih lanjut? Baca artikel ini sekarang juga! 

Apa itu Aggregator?

Pada umumnya, aggregator adalah pengepul yang bertugas untuk mengumpulkan berbagai sistem, konten, atau pihak yang kemudian digunakan untuk mendukung bisnis jasa yang ditawarkan.

Penyedia jasa ini mengumpulkan informasi, menyaring, dan membandingkan layanan untuk dianalisis sesuai dengan karakteristik bisnisnya. Maka dari itu, perusahaan ini sebagai penyedia layanan akan dipakai oleh berbagai bisnis yang membutuhkan.

Jenis-jenis Aggregator

Terdapat berbagai macam jenis layanan ini tergantung fungsi dan tujuannya. Berikut ini 4 jenis beserta penjelasannya.

1. Brand Aggregator

Brand aggregator adalah perusahaan yang bertujuan untuk mengakuisisi suatu brand dengan tujuan untuk dikembangkan lebih lanjut. Tugas utamanya yaitu berburu merek-merek yang memiliki potensi untuk proses akuisisi dan dapat dikembangkan dengan optimal.

Kemudian, berbagai merek yang telah melalui proses akuisisi akan mendapat dorongan melalui suntikan modal, marketing, operasional, infrastruktur, dukungan teknis, dan ekosistem bisnis. Salah satu contohnya adalah Hypefast.

Pada tahun 2021, Hypefast yang didirikan oleh mantan CMO Lazada, Achmad Alkatiri ini telah menambah 5 brand baru. Bagusnya, setelah melakukan akuisisi, Hypefast tetap mempertahan jajaran pendiri guna mendukung pertumbuhan maksimal dari brand tersebut.

2. Market Aggregator

Market aggregator merupakan layanan untuk membantu konsumen memperoleh informasi produk dan mengambil keputusan sebelum membeli atau memakai produk tertentu.

Layanan ini menyediakan perbandingan terkait produk atau layanan yang berbagai perusahaan tawarkan. Setelah itu, konsumen dapat memilih sesuai dengan kebutuhan maupun kehendak.

Beberapa contoh dari fintech aggregator yang merupakan bagian dari layanan ini, antara lain Cekaja.com, Lifepal, Cekpremi.com, Cermati.com, dan DuitPintar.com.

3. Payment Aggregator

Payment aggregator adalah perantara penyedia transaksi jual dan beli. Dengan menggunakan layanan ini, memungkinkan pemilik bisnis untuk menerima berbagai macam bentuk pembayaran dari pelanggan.

Penyedia jasa ini berperan sebagai pihak ketiga untuk mengumpulkan semua jenis transaksi dalam satu rekening. Kehadiran layanan ini memudahkan pemilik bisnis dan pelanggan untuk sistem pembayaran non-tunai menjadi lebih praktis dan efektif. Oleh karena itu, makin banyak bisnis yang beralih menggunakan jasa ini.

4. Aggregator Logistik

Aggregator logistik merupakan penghubung berbagai perusahaan jasa pengiriman dalam satu platform. Layanan utamanya adalah menawarkan platform yang seragam, sederhana, dan efisien agar mudah dalam melakukan monitor.

Ketika bekerja sama dengan penyedia jasa ini, seluruh proses pengiriman dari berbagai perusahaan dapat dilacak dan dipantau dalam platform tersebut. Pemilik bisnis juga bisa berkomunikasi dengan banyak rekan ekspedisi secara bersamaan.

Fungsi Umum Aggregator 

Secara umum, terdapat 3 fungsi dari layanan ini, penjelasannya adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Penjualan

Dengan menggunakan jasa ini, penjualan akan meningkat secara tidak langsung. Mengapa? Karena bisnis akan lebih terhubung dengan pelanggan dan pebisnis lainnya. Bisnis yang dijalankan juga akan menjadi lebih produktif diikuti dengan meningkatnya jumlah transaksi.

2. Memperluas Jangkauan Pasar

Kedua, layanan ini akan membantu memperluas jangkauan pasar dengan menghubungkan pemilik bisnis ke beberapa pihak. Peluang ini bermanfaat untuk mempromosikan bisnis dan membangun relasi. Pemilik bisnis juga bisa menjangkau banyak pelanggan, sehingga jenis pelanggan yang dituju lebih beragam.

3. Memudahkan Pengelolaan Bisnis

Pemilik bisnis sering menggunakan layanan ini karena telah terbukti dapat membantu dalam pengelolaan bisnis. Pemilik bisnis memiliki banyak kewajiban dari mengelola sampai memastikan keberlangsungan bisnis.

Oleh karena itu, jasa ini dapat menjadi solusi untuk mengurus bagian tertentu dalam bisnis sehingga pemilik bisnis tidak kewalahan dalam menangani kewajiban lainnya.

Aggregator adalah Pendukung Bisnis yang Berguna!

Secara keseluruhan, aggregator adalah layanan yang dapat membantu berbagai aspek dalam pengelolaan bisnis. Anda dapat memanfaatkan fungsi dan jenisnya untuk mencapai tujuan tertentu. Kendati demikian, jangan lupa untuk memilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan bisnis untuk memaksimalkan potensinya.

Baca Selengkapnya: 10 Istilah dalam Bisnis Properti yang Wajib Anda Tahu

You May Also Like