Mana yang Harus Dipilih; Beli Rumah Baru atau Bekas?

Mana yang Harus Dipilih; Beli Rumah Baru atau Bekas?

Saat membeli rumah, kita dihadapkan dengan berbagai pertanyaan dan pertimbangan. Bahkan tidak jarang, demi menghemat budget, rumah bekas menjadi salah satu pilihan yang menggiurkan. Sesungguhnya, mana yang harus dipilih, apakah beli rumah baru atau bekas?

Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut, kamu harus bisa mem-breakdown kelebihan dan kekurangan dari beli rumah baru atau bekas. Kalau kamu sudah melakukannya, kamu akan mendapatkan kesimpulan yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kamu dalam membeli rumah.

Kelebihan beli rumah bekas

Tentu saja yang paling disukai dari pembelian rumah bekas adalah harganya yang lebih murah dibanding rumah baru. Bahkan kamu bisa menawar harga kepada pemilik rumah sebelumnya loh! Keuntungan lainnya adalah lingkungan yang sudah terbentuk, siap ditinggali jika tidak ada kerusakan yang berarti, dan nilai pajak yang tidak sebesar rumah baru. 

Kekurangan beli rumah bekas

Membeli rumah bekas berarti kita harus menerima rumah tersebut apa adanya, yang tidak jarang membutuhkan biaya renovasi atau perbaikan yang terkadang juga tidak sedikit. Belum lagi kalau arsitektur rumah yang tidak cocok dengan selera, kamu harus menerima rumah tersebut apa adanya. 

Kelebihan beli rumah baru

Belu Rumah Baru

Saat membeli rumah baru, biasanya developer akan menawarkan rumah dengan design arsitektur yang paling update atau tren di masanya. Membeli rumah baru juga membuat kamu tidak perlu mengalokasikan dana untuk renovasi. Bahkan beberapa pengembang menawarkan jaminan garansi jika terjadi kerusakan yang bisa kamu klaim. 

Baca Juga : 10 Perbedaan Developer Besar dan Developer Kecil

Kelebihan lain yang didapatkan saat membeli rumah baru adalah fasilitas umum yang biasanya sudah dilengkapi developer, mulai dari fasilitas keamanan, fasilitas ibadah, juga fasilitas olahraga. Pembelian rumah baru juga biasanya diikuti dengan kemudahan KPR dan promo serta keringanan uang muka yang ditawarkan oleh developer. 

Kekurangan beli rumah baru

Ada beberapa kekurangan yang harus kamu perhatikan saat membeli rumah baru. Biasanya rumah baru dibangun di area pemukiman yang belum dihuni banyak orang alias masih sepi atau bahkan lingkungannya belum terbentuk. 

Kekurangan lainnya adalah bentuk rumah yang sama di semua kompleks dan kamu tidak boleh mengubah bentuk rumah tersebut jika melakukan renovasi. Kekurangan lainnya adalah proses balik nama yang cukup lama lantaran sertifikat tanah masih berupa sertifikat tanah induk atas nama pengembang. 

Tapi jangan khawatir, melalui Gethome kamu bisa mendapatkan rumah di lokasi potensial seperti Marbella Premiere Indah yang berada di daerah Tanggerang dan Casablanca Premiere Depok di pusat Kota Depok.

Setelah mempertimbangkan poin-poin di atas, tentukan pembelian rumah sesuai dengan preferensi, kondisi, dan kebutuhan kamu ya!

You May Also Like