10 Bank dengan Bunga KPR Terendah! Ada yang di Bawah 2%

10 Bank dengan Bunga KPR Terendah! Ada yang di Bawah 2%

Banyak orang yang bermimpi memiliki rumah idaman, namun harga rumah yang tinggi seringkali jadi hambatan. Membeli rumah dengan bunga KPR terendah bisa jadi solusi mewujudkan mimpi tersebut.

Saat ini sudah cukup banyak bank yang menawarkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan bunga cukup rendah. Berdasarkan data dari OJK bahwa suku bunga dasar kredit (SBDK) rata-rata yang diberikan perbankan pada Oktober 2022 mencapai 8,66%.

Bank Indonesia (BI) juga memperkirakan bahwa dunia perbankan akan memberikan beberapa kelonggaran untuk standar penyaluran KPR pada tahun ini. Jadi bila kamu termasuk salah satu yang sedang berupaya memiliki rumah impian, daftar beberapa bank dengan bunga KPR di bawah rata-rata SBDK ini sangat layak menjadi pertimbangan.

Bank Umum dengan Bunga KPR Terendah

Bank umum merupakan lembaga perbankan berskala nasional yang dapat dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Berikut ini adalah 5 bank umum yang menawarkan KPR dengan bunga terendah:

Bank Central Asia (BCA)

Suku bunga KPR Bank Central Asia (BCA) ditawarkan secara bertingkat, dengan masa cicilan hingga mencapai 10 tahun. BCA menawarkan suku bunga sangat rendah, yaitu cicilan tetap hanya 2,66 persen saja selama masa cicilan 1 tahun. Selain itu, ada juga suku bunga KPR yang ditawarkan fix mulai dari 3,66 persen selama masa cicilan 2 tahun dan Cap 3 tahun.

Bank Negara Indonesia (BNI)

Salah satu lembaga perbankan milik pemerintah ini memberikan penawaran yang sangat menarik, yaitu masa cicilan mencapai 30 tahun dengan suku bunga rendah. Suku bunga KPR BNI bervariasi mulai dari 2,76 persen saja, sedangkan suku bunga dasar kreditnya (SBDK) adalah 7,25 persen.

Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Sebagai bank umum pemerintah yang bisa mencapai pelosok daerah, BRI juga menawarkan suku bunga KPR kompetitif. Di antaranya adalah bunga 1,27 persen selama 1 tahun masa cicilan, juga tawaran promo cicilan tetap dengan skema seperti di bawah ini:

Sebesar 2,77 persen selama 2 tahun
Sebesar 3,1 persen selama 3 tahun
Sebesar 4,57 persen selama 5 tahun

Bank Multiarta Sentosa (MAS)

MAS, bank yang sudah berdiri sejak tahun 1992 ini menjadi salah satu bank yang menawarkan KPR dengan suku bunga rendah. Bank ini memberikan kamu bunga KPR hanya 4,9 persen saja.

Bank IBK Indonesia

Sebelumnya, bank IBK Indonesia bernama Bank Agris ini telah diakuisisi oleh Industrial Bank of Korea (IBK) dan digabungkan dengan Bank Mitraniaga pada tahun 2019. Kini Bank IBK Indonesia menjadi salah satu yang menawarkan suku bunga KPR rendah, sebesar 5,5 persen saja.

Bank Pembangunan Daerah (BPD) dengan Bunga KPR Terendah

Data OJK per Oktober 2022 menyebutkan bahwa suku bunga terendah KPR justru lebih banyak diberikan oleh Bank Pembangunan Daerah (BPD) dibandingkan dengan bank umum. Jika lokasi kamu berada di daerah berikut ini, kamu dapat mencoba untuk mengajukan persyaratan untuk memiliki rumah idaman:

  1. BPD D.I. Yogyakarta dengan suku bunga KPR sebesar 5,18 persen
  2. BPD Bengkulu menawarkan suku bunga KPR senilai 5,48 persen
  3. BPD Jambi dengan suku bunga KPR yang ditawarkan hanya 5,71 persen
  4. BPD Sulawesi Tengah yang memiliki suku bunga KPR sebesar 5,93 persen
  5. BPD Sulawesi Tenggara memiliki suku bunga KPR di angka 6,22 persen

Sudah Tau Bank dengan Bunga KPR Terendah?

Walau standar penyaluran diperkirakan melonggar, namun di sisi lain persyaratan administrasi dan batas maksimal kredit diprediksi akan semakin ketat. Bila kamu ingin memiliki rumah impian, sisi kelonggaran dan bunga KPR terendah yang ditawarkan oleh bank-bank di atas, jangan sampai dilewatkan.

Baca selengkapnya: Mending Beli Rumah Secara Cash atau KPR?

You May Also Like